Contoh Teks Deskripsi

Share
Comment 9 reply
Contoh Teks Deskripsi
Loading...

Sebelumnya telah Yuksinau bahas pada materi teks deskripsi, secara lengkap tentang informasi teks ini. Dan kali ini akan Yuksinau perjelas lagi dengan memberikan beberapa contoh teks deskripsi yang baik dan benar, diantaranya ialah sebagai berikut:

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Danau

contoh teks deskripsi tentang alam

Advertisement

Danau merupakan sebuah tempat yang berbentuk lembah yang berada di daratan. Lembah tersebut dipenuhi oleh air. Keadaan airnya sangat jernih serta menyegarkan.

Air yang berada di dalam danau tak pernah habis. Ketika musim penghujan air yang ada di dalam danau akan melimpah. Sementara ketika musim kemarau, air danau akan nampak surut.

Kejernihan yang ada di air danau membuatnya kerap kali dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai irigasi pertanian. Dan juga dimanfaatkan sebagai sumber mata air di seluruh kawasan sekitarnya. Oleh sebab itulah, danau ini menjadi sumber untuk kehidupan seluruh mahluk.

Di tepian danau tumbuh beberapa tumbuhan air contohnya bunga teratai. Dengan kehadiran dari bunga teratai itu membuat danau akan lebih indah. Tepat di bawah teratai, pada umumnya akan ditemukan berbagai spesies ikan. Mulai dari ikan koi, ikan mas dan yang lainnya.

Namun kadang kali tepat di atas danau nampak beberapa spesies burung seperti angsa. Para angsa juga seakan tengah menikmati suasana alam danau yang amat menyejukan dengan berenang berkeliling danau. Kadang para angsa tersebut juga memburu ikan disana.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Kucing bernama Milo

contoh teks deskripsi tentang hewan

Di dalam rumah ada seekor kucing jenis Persia yang bernama Milo. Milo merupakan satu – satunya kucing kesayanganku.

Milo memiliki sifat yang aktif dan cukup manja. Ia suka sekali dibelai dengan lembut sembari tidur di pangkuanku.

Salah satu kebiasaan Milo yakni selalu menyambutku ketika pulang ke rumah. Ia bahkan selalu stay di depan pintu ketika aku membuka pintu. Lalu ia pun akan segera mengikutiku menuju kamar serta meletakkan tas di meja.

Sebab setiap hari aku harus belajar, aku pun langsung berbaring di tempat tidur selepas pulang.

Milo sekali menemaniku ketika tiduran. Aku pun tak pernah lupa untuk mengelus – elus kepalanya. Kadang kali kita berdua tak sengaja tertidur sampai larut malam.

Tak hanya suka berada di dekatku, Milo juga memiliki hobi makan. Porsi makanan Milo bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan porsi makananku. Ia sangat gemar dengan keju cheddar. Namun Milo juga suka sekali dengan susu.

Namun aku lebih sering memberinya berupa makanan kemasan. Hal tersebut aku lakukan guna menekan biaya pengeluaran. Karena harga keju itu lebih mahal dibandingkan dengan harga makanan kucing kemasan.

Sehingga hanya sesekali aku akan memberinya makanan berupa keju. Ketika Milo memakan keju, ia akan memakannya dengan sangat lahap hingga menghabiskan hampir 500 gr keju untuk sekali makan. Sementara untuk susu, memang aku berikan dengan rutin.

Milo memiliki bulu yang cukup panjang dan lebat. Warna bulu Milo adalah putih. Tubuh Milo juga sangat gemuk dan juga berisi. Hidung Milo sangat pesek, bahkan hampir tidak terlihat serta tersamarkan dengan wajahnya yang chubby.

Milo merupakan hadiah pemberian dari nenek pada ulang tahunku yang ke 10 tahun. Pada mulanya aku memang tak menyukai hadiah tersebut, namun selepas mengenal sifat Milo aku menjadi sangat sayang kepadanya.

Karakter Milo juga tidak terlalu liar. Ia justru termasuk ke dalam jenis kucing pendiam serta tidak banyak tingkah. Itulah mengapa aku sangat menyukai Milo.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Rumahku yang Nyaman

contoh teks deskripsi beserta strukturnya

Rumahku mempunyai ukuran yang tak terlalu besar namun juga tak terlalu kecil. Rumah satu ini merupakan milik keluargaku yang sudah dibeli jauh sebelum ayah menikah bersama ibu.

Rumah sederhana ini berada di depan mushola di blok pertama dari arah depan gerbang kompleks perumahan Citra Kirana.

Rumah kami mempunyai luas 50 meter persegi. Terdiri atas 3 kamar serta 2 kamar mandi. Rumah ini juga tidak mempunyai memiliki lantai atas, hanya terdapat halaman yang cukup guna dijadikan sebagai kebun sederhana

Pada saat pertama kali kita masuk ke bagian depan, maka akan disambut dengan ruang tamu yang dilanjutkan dengan kamar pribadi lalu terdapat satu dapur serta satu ruang santai.

Untuk bagian ruang keluarga sendiri berada di jalan ke arah kamar yang ada TV serta tempat duduk bersantai.

Di ruang tamu juga hanya berisikan alas karpet serta tempat duduk dan juga rak buku yang di tempel di dinding. Seluruh barang yang berada di rumah selalu tertata dengan rapi.

Rumah kami diwarnai dengan cat berwarna hijau muda, sehingga membuatnya nampak sejuk dipandang mata. Halamannya terletak di depan penuh dengan tanaman yang telah ditanam memakai sistem hidroponik.

Beragam jenis tanaman yang di tanam pada kebun mini ini diantaranya seperti sayur kangkung, cabe, sawi dan bawang merah serta putih.

Seluruh jenis tanaman tersebut sudah berbuah banyak. Aku sangat nyaman sekali dengan rumahku.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Jam Tangan

contoh teks deskripsi bagian

Jam tangan merupakan suatu aksesoris yang dipakai pada pergelangan tangan, sama halnya seperti memakai gelang tangan. Namun aksesoris jam tangan satu ini jauh lebih efektif serta fungsional. Tak hanya itu saja, jam tangan juga bisa dipakai sebagai alat pendukung penampilan.

Pada jam tangan terdiri atas 2 bagian berbeda, yakni bagian kepala dan pengikat. Seluruh bagian pada jam tangan memiliki peran penting sendiri – sendiri. Meskipun sebetulnya bagian paling utama berupa bagian kepala jam itu sendiri.

Di bagian kepala jam, secara garis besar terdiri atas 2 jenis tampilan. Tampilan pertama berupa tampilan klasis yang memiliki jarum analog.

Advertisement

Sementara tampilan yang kedua berupa tampilan digital. Dimana tampilan digital ini telah dilengkapi dengan menggunakan layar LCD. Kadang juga ada yang memakai looks analog serta look jam digital.

Baik jam analog maupun digital, kadang juga telah dilengkapi dengan kalender serta hari. Pada bagian samping, ada sebuah tombol guna mengatur waktu.

Sementara dibagian pengikat memiliki design yang variatif. Ada yang memakai pita, karet, magnet, kulit, dan yang lainnya.

Sebagai aksesoris yang fungsional, sekarang jam juga sudah menjadi salah satu benda yang inovatif. Bahkan sudah terdapat smartphone yang memiliki ukuran sebesar jam tangan. Cara memakainya pun sama dengan memakai jam tangan.

Lalu pada jam tangan juga sudah dilengkapi dengan fitur waterproof. Sehingga tak mudah mati walaupun terkena air serta sangat aman untuk dipakai ketika hujan ataupun berenang.

Oleh sebab itu, fitur waterproof dalam jam ini menjadi fitur favorit. Bahkan juga menjadi fitur utama yang harus ada pada setiap jam tangan.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Pantai

Pemandangan Pantai Mojopahit

contoh teks deskripsi tentang pantai singkat

Kota Mojokerto memang sangatlah mempesona. Di bagian sebelah kiri nampak tebing yang sangat tinggi serta di sisi kanannya kita dapat menjumpai batu karang yang sangat besar seolah – olah siap untuk menjaga gempuran ombak yang datang setiap waktu.

Banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke Pantai Mojopahit setiap hari membuat pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Mojopahit satu ini kita juga dapat bermain pasir serta merasakan hembusan segarnya angin laut dengan deburan ombak yang lembut.

Bahkan, disini juga tersedia naik kuda serta angkutan sejenis andong yang dapat membawa kalian menuju area karang laut yang sangat indah.

Di waktu sore hari, kita dapat melihat matahari terbenam yang menjadi momen istimewa pada saat matahari yang seolah – olah masuk ke dalam hamparan air laut.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Lingkungan Sekitar

Keindahan Sekolahku

contoh teks deskripsi tentang sekolah beserta strukturnya

Sekolahku mempunyai lingkungan yang sangat bersih dan indah, serta mempunyai suasana dengan udara segar nan sejuk. Sebab sekolahku terletak tepat di bawah lereng Gunung Merapi.

Di bagian depan sekolah terdapat halaman parkir dan juga lapangan bola voli yang luas. Kemudian di bagian samping kiri sekolah telah ditumbuhi dengan beragam macam tumbuhan yang turut melengkapi keindahan sekolahku.

Sebab sekolahku masuk ke dalam sekolah favorit, seluruh lantai di dalam ruangan sudah menggunakan keramik. Sekolah ini mempunyai sekitar 30 ruang kelas, sehingga sekolahku nampak sangat luas. Sebab seluruh ruang kelasnya terletak tepat di atas tanah atau tidak bertingkat.

Sekolahku mempunyai satu buah masjid yang biasa dipakai untuk sholat oleh guru dan juga siswa. Tak hanya itu, masjid yang ada di sekolahku juga biasa dipakai untuk penyelenggaraan kegiatan sekolah. Seperti pondok ramadhan, presentasi dan untuk pelajaran agama.

Sebab termasuk sebagai salah satu sekolah yang maju, sekolahku mempunyai 4 laboratorium yang berbeda. Warna seragam olahraga merah hitam menjadi karakteristik yang khas dari sekolahku. Tak hanya itu, waktu masuk yang cepat juga menjadi salah satu keunikan sekolahku ini.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa

Museum Angkut

Museum Angkut

Museum Angkut minangka salah sawijining obyek wisata ing wilayah Kota Batu sing dadi pusat turis ing Jawa Timur.

Papan wisata ing Jawa Timur nawakake macem-macem koleksi kendaraan kanggo transportasi wiwit jaman kuna nganti modern.

Ana macem-macem sepeda motor, motor, mobil, lan malah pesawat miniatur kanggo nampilake turis.

Saliyane nawakake macem-macem koleksi kendaraan, museum, sing duwe area hektar, uga duwe bagean bertema.

Bagean musium kasebut dirancang banget kaya wilayah Hollywood ing Eropa Kuno. Kadhangkala, ana parade sing padha karo karnaval.

Kanthi koleksi luwih saka 300 kendaraan, area Museum Angkut cocog kanggo papan foto.

Saben dina ana atusan wong sing mburu gambar ing titik sing menarik utawa njupuk selfie karo kanca-kanca.

Terjemahan:

Museum Angkut

Museum Angkut merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan Kota Batu yang juga menjadi pusat wisata di Jawa Timur.

Tempat wisata yang berada di Jawa Timur satu ini menawarkan beraneka ragam koleksi kendaraan yang didijadikan sebagai angkutan pada zaman kuno sampai modern.

Beberapa koleksi disana ada motor, sepeda, mobil, sampai miniatur pesawat terbang yang dipajang guna menarik para wisatawan.

Tak hanya menawarkan beraneka ragam koleksi kendaraan, museum ini juga mempunyai luas sampai berhektar-hektar yang dibagi berdasarkan tema.

Bagian dari museum satu ini dirancang sangat mirip dengan area Hollywood sampai Eropa Kuno. Pada beberapa kesempatan juga terdapat parade yang mirip seperti karnaval.

Dengan koleksi kendaraan yang lebih dari 300 buah, area Museum Angkut ini sangat pas dijadikan tempat destinasi berfoto.

Setiap hari terdapat ratusan orang berburu gambar pada spot – spot menarik atau melakukan swafoto bersama teman – teman.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Orang

Yuniar Dwi Anggita

Advertisement

contoh teks deskripsi orang

Yuniar Dwi Anggita mempunyai nama panggilan Yuniar merupakan sahabatku sedari kecil. Ia mempunyai tubuh kecil serta lumayan langsing. Ia mempunyai wajah berbentuk oval dengan mata cokelat cerah serta bibir yang tipis.

Yuniar dwi anggita mempunyai rambut yang bergelombang panjang berwarna coklat namun biasanya ia menggunakan kuncir kuda. Ia sangat cantik, terlebih lagi pada saat ia tersenyum.

Dia selalu ceria serta nampak suasana hati yang sangat baik darinya. Kami mempunyai hobi yang hampir sama yakni menari.

Kadang kali kita juga berpendapat pada suatu hal yang sama. Pembawaan yang selalu energik sehingga dia selalu memberikan energi positif untuk lingkungan sekitarnya.

Ia sudah seperti bagian dari keluarga saya. Saya yakini kepada sama seperti saya mempercayai anggota keluarga dekat saya.

Yuniar merupakan tipe teman yang sangat jujur. Ia selalu berbicara apa adanya walaupun hal itu buruk untuk dikatakan.

Yuniar dwi anggita selalu menyebutkan apa yang ia sedang pikirkan. Kami sangat akrab satu sama lain. Bahkan ia dapat mengetahui jika aku sedang berbohong atau tidak.

Aku sangat beruntung mempunyai teman seperti dia.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Produk

Tas Birkin

Tas Birkin

Tas Birkin atau juga sering disebut sebagai Tas Birkin Hermes adalah salah satu jenis tas yang paling fenomenal di kalangan wanita.

Arti dari tas Birkin adalah aksesori pribadi Hermes yang terbuat dari bahan kulit serta diberi nama sesuai aktris serta penyanyi Jane Birkin.

Tas itu menjadi mode sebagai simbol kekayaan sebab memiliki harga yang sangat tinggi serta banyak dipakai oleh para selebriti.

Untuk tas satu ini juga amat populer di kalangan para kolektor tas.

Jenis tas ini tersedia dalam beragam bahan kulit seperti kulit kadal, lembu hingga burung unta. Di antara yang paling mahal yang dipakai adalah kulit buaya air asin. Tas yang menggunakan skala kulit buaya yang lebih kecil harganya akan lebih mahal daripada tas dengan ukuran yang lebih besar.

Setiap tas juga telah dilapisi dengan kulit kambing. Pilihan warna interior juga sangat pas digunakan pada eksterior.

Harga untuk tas Birkin sendiri juga tergantung dengan jenis kulit, warna, serta aksesoris kelengkapannya.

Ukurannya mulai dari 25, 30, 35, sampai 40 sentimeter. Sedangkan untuk tas bepergian memiliki ukuran sekitar 50 dan 55 sentimeter.

Tas Birkin pun turut hadir dalam berbagai pilihan warna seperti coklat, hitam, biru laut, emas, oranye, hijau zaitun, biru, merah muda, merah dan putih.

Tas ini juga telah dilengkapi dengan kunci serta diapit dengan tali dari kulit lalu dililitkan dengan pegangan.

Penutup kunci memakai satu atau dua nomor yang ada di bawah kunci. Tas ini sangat dikagumi oleh banyak wanita.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Blacky

contoh teks deskripsi brainly

Aku mempunyai kucing yang dinamakan Blacky, sesuai dengan namanya ia berwarna hitam pekat dengan mata yang berwarna putih terang. Ia memiliki ekor panjang dengan bulu yang sangat halus.

Advertisement

Blacky sangat gemar bermain bola serta memakan ikan dan juga nasi. Blacky sangat suka menjaga kebersihan dengan pipis pada tempat yang telah disediakan. Itulah Blacky si kucing kesayanganku.

Contoh Teks Deskripsi Panjang

Kekayaan Hutan Mangrove di Papua

Hutan Mangrove di Papua

Pulau Ajkwa yang terletak di muara Sungai Ajkwa, Mimika, Papua, adalah salah satu dari beberapa gugusan pulau hutan mangrove yang ada di dalamnya.

Hutan satu ini belum terjamah oleh keserakahan industri yang tengah dialami berbagai hutan mangrove di kawasan yang lain.

Pulau satu ini sudah mulai terbentuk di awal tahun 1990 yang mempunyai kekayaan flora serta fauna yang dapat menambah wawasan untuk setiap pengunjung lewat wisata sembari belajar.

Terciptanya Pulau Ajkwa ini dimulai dari adanya peningkatan sedimentasi tinggi di muara Sungai Ajkwa. Pengendapan yang intensif tersebut lalu mengakibatkan aliran tailing lolos dari kawasan pengendapan Ajkwa serta membentuk beberapa daratan baru di muara Sungai Ajkwa. Sebagian besar dari daratan ini sudah ditumbuhi dengan tanaman mangrove.

Berdasarkan pada data satelit, pulau satu ini mulai ditumbuhi tanaman mangrove sejak tahun 1997 serta baru menjadi pulau yang cukup stabil di tahun 2000.

Tercatat ada dua spesies mangrove kategori pohon, enam spesies mangrove kategori belta, seerta nam spesies mangrove kategori anakan.

Dimana total keseluruhan spesies mangrove yang ada di dalam pulau ini yaitu empat belas spesies.

Adapun kepadatan dari mangrove yaitu sebanyak 126 pohon/ hektare, 1.051 belta/ hektare, serta 643 anakan/ hektare.

Selain tumbuhan, di pulau ini ternyata juga dihuni dengan beberapa hewan air seperti crustasea (kepiting & udang), molusca (keong) dan cacing.

Tak hanya itu, tercatat ada sebanyak 30 spesies crustasea, 4 spesies molusca, serta 7 keluarga cacing, yang beranak -pinak di wilayah pulau ini.

Hal itu menunjukkan jika beberapa hewan itu bisa hidup dan tumbuh di daerah yang mengandung tailing. Hewan -hewan itu tidak mempunyai tulang rangka tubuh sehingga tidak bisa menyelamatkan diri apabila terdapat ancaman lingkungan di areanya.

Itu berarti, lingkungan yang ada di pulau sekitar Sungai Ajkwa tidak tercemari limbah seperti pada kawasan yang lain.

Bahkan, komunitas hewan ini juga turut bertambah setiap waktu.

Hutan mangrove yang ada di Pulau Ajkwa sudah membentuk suatu ekosistem kehidupan. Berbagai biota laut yang hidup disana juga turut memancing kedatangan beragam jenis burung.

Beberapa burung yang hidup disana juga berwarna indah. Oleh sebab itu, apabila kalian ke sana, jangan lupa untuk membawa teropong.

Dari lensa teropong ini nantinya kalian bisa mengamati indahnya bentuk serta warna burung yang tengah bertengger di dahan pohon.

Kicauan burung juga terdengar nyaring bersahut – sahutan layaknya ingin meramaikan pulau yang tak dihuni oleh manusia ini.

Burung disana ada yang bentuknya aneh macam great-billed heron bertubuh kecil tetapi berparuh serta berleher panjang.

Ada juga red-headed myzomela dengan bulu kepala sampai buntutnya yang berwarna merah serta sayapnya yang  berwarna hitam.

Serta ada juga seluruh anggota tubuhnya yang berwarna – warni pada burung rufous-night heron. Burung jenis ini mempunyai bulu kepala yang berwarna hitam dengan jambul yang berwarna putih. Di bagian leher sampai perut memiliki warna putih tetapi sepasang sayapnya berwarna cokelat. Kedua kakinya berwarna kuning.

Menariknya lagi, di Pulau Ajkwa mungkin akan menjadi pulau mati apabila tidak dihuni oleh burung nuri serta mangrove golden whistler.

Kicauannya yang nyaring inilah yang berhasil memecah kesunyian di pulau.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.