TEKNIK DASAR Bola Basket dan Penjelasannya

Share
Comment 0 reply
TEKNIK DASAR Bola Basket dan Penjelasannya
Loading...

Teknik dasar bola basket penting dipelajari agar bisa memainkannya dengan baik. Adapun berbagai teknik dasar dalam permainan ini terdiri dari beberapa jenis dan mempelajari serta menguasainya akan membantu pemain bermain maksimal dan memenangkan pertandingan.

Teknik dasar dalam permainan bola basket terdiri dari memegang bola, mengoper bola, menggiring bola, pivot, menembak bola, dan rebound.

1. Teknik Dasar Memegang Bola

Teknik Dasar Memegang Bola

Berikut adalah teknik memegang bola dengan benar pada permainan bola basket.

  • Bola basket dipegang dengan kedua tangan.
  • Buka lebar kedua telapak tangan hingga menyerupai mangkuk besar saat memegang bola.
  • Posisi tangan ketika memegang bola basket berada di sisi kanan dan kiri bola serta agak sedikit ke belakang.
  • Rentangkan jari-jari tangan dan lekatkan pada bagian tengah sisi kanan dan kiri bola basket.
  • Buka lebar kedua kaki dan posisikan salah satu kaki agak ke depan.
  • Condongkan badan sedikit ke depan agar lutut tidak terlalu kaku dan kaki lebih rileks.

Baca: Olahraga Basket

2. Teknik Dasar Mengoper atau Melempar Bola (Passing)

Teknik dasar bola basket passing adalah salah satu yang harus dikuasai jika ingin memenangkan pertandingan. Passing bisa diartikan sebagai mengoper, melempar, atau mengumpan dari satu pemain ke pemain lainnya dengan dua tangan maupun satu tangan.

Di bawah ini adalah beberapa jenis passing pada permainan bola basket.

a. Chest Pass (Operan Dada)

Chest Pass (Operan Dada)

Seperti namanya, chest pass merupakan cara mengoper bola kepada pemain lain dengan melemparkannya tepat ke arah depan dada. Jenis operan bola ini tak hanya akurat tetapi juga kuat dan lebih cepat sampai.

b. Overhead Pass (Operan di Atas Kepala)

Overhead Pass (Operan di Atas Kepala)

Overhead Pass adalah teknik mengoper bola kepada pemain lain dengan cara memegang bola di atas kepala. Setelah itu, bola dilempar kepada pemain yang menjadi target umpan. Overhead pass biasanya digunakan oleh pemain tengah dengan badan tinggi.

c. Behind The Back Pass (Operan di Belakang Punggung)

Behind The Back Pass (Operan di Belakang Punggung)

Behind The Back Pass adalah salah satu teknik dasar bola basket yang cukup sulit. Pasalnya, pemain harus mengoper bola lewat belakang tubuhnya. Bola dipegang dengan satu tangan dan dioper melewati belakang punggung. Lalu, bola dilemparkan sangat cepat dengan tangan itu.

Jenis operan ini perlu taktik dalam melakukannya. Selain tim harus memiliki koordinasi yang baik, pemberi umpan juga perlu memastikan kalau lawan sedang tidak terlalu fokus.

d. Baseball Pass (Operan Baseball)

Baseball Pass (Operan Baseball)

Baseball Pass adalah teknik mengoper bola dengan melemparkannya seperti memberi umpan dalam permainan bola baseball. Bola dilempar dengan mengayunkan tangan ke depan atas dan dilepaskan dengan posisi lurus ke depan.

e. Bounce Pass (Operan Memantul)

Bounce Pass (Operan Memantul)

Bounce Pass adalah teknik memberikan umpan bola kepada pemain lain dengan memantulkan bola ke lantai. Ketika melakukan teknik operan ini, pastikan titik pantul berada pada 2/3 jarak dengan pemain yang menjadi umpan target.

Baca: Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

3. Teknik Dribble (Menggiring Bola)

Teknik dasar bola basket lain yang harus dikuasai adakah teknik menggiring bola atau dribble. Dribble dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai secara kontinyu. Dribble berguna untuk mencari peluang memasukkan bola, menyerang, memasuki pertahanan lawan, dan memperlambar permainan.

Berikut beberapa jenis teknik dribble yang sering digunakan dalam permainan bola basket.

a. Crossover Move

Advertisement

Crossover Move

Crossover Move merupakan teknik menggiring bola dengan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain dengan cepat. Teknik dribble ini biasanya digunakan ketika pemain sedang tidak dihadang oleh lawan.

b. Behind The Back Dribble

Behind The Back Dribble

Behind The Back adalah teknik dribble yang dilakukan dengan cara memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lain melalui belakang punggung. Teknik ini digunakan untuk melindungi bola basket dari serangan lawan yang berada di depan pemain.

c. Between The Legs Dribble

Between The Legs Dribble

Between The Legs merupakan teknik menggiring bola dengan cara memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain melalui celah di antara kedua kaki. Maksud dari teknik dribble ini adalah menjauhkan bola dari tim lawan terutama mengecoh mereka ketika sedang menghadang.

d. High and Speed Dribble

High and Speed Dribble

High and speed dribble adalah menggiring bola dengan cara berlari kencang. Teknik dribble ini umumnya dilakukan saat serangan balik atau fastbreak. Bisa juga dipakai untuk menerobos pertahanan pemain belakang lawan sebelum menembak bola dengan lay up.

e. Reserve Dribble

Reserve Dribble

Reverse dribble merupakan cara menggiring bola secara memutar agar bisa memindahkan bola dari satu tempat ke tempat yang lain. Gerakan dribble memutar ini harus dilakukan dengan cepat agar bisa menghindari lawan yang sedang menghadang di depan.

Baca: Tes Kebugaran Jasmani

4. Teknik Pivot

Teknik Pivot

Teknik yang satu ini merupakan jenis gerakan yang dilakukan untuk menyelamatkan bola dari jangkauan lawan. Pivot dilakukan dengan berputar menggunakan satu kaki dimana kaki yang lain berfungsi sebagai poros. Pivot biasanya akan diikuti dengan dribble, passing, dan shooting,

5. Shooting (Teknik Menembak Bola)

Shooting atau menembak bola adalah gerakan inti dalam permainan bola basket dimana pemain memasukkan bola ke dalam ring tim lawan sehingga menghasilkan nilai. Berikut ini adalah beberapa teknik shooting dalam bola basket yang perlu dikuasai.

a. Set Shoot

Set Shoot

Set shoot adalah cara menembakkan bola ke ring menggunakan kedua tangan yang dilakukan tanpa lompatan. Teknik shooting ini biasanya digunakan ketika melakukan lemparan bebas atau ketika pemain sedang tidak dihadang oleh pemain lawan.

b. Lay Up Shoot

Lay Up Shoot

Lay Up shoot adalah teknik menembak bola ke dalam ring dengan gerakan lompatan dan melibatkan dua langkah sebelumnya. Teknik ini sangat populer dalam permainan basket karena cukup mudah sehingga menjadi salah satu teknik dasar bola basket yang harus dikuasai.

c. Jump Shoot

Jump Shoot

Jump shoot merupakan teknik menembak bola basket yang mengharuskan pemain untuk melakukan lompatan setinggi mungkin sehingga lemparan bisa akurat karena mendekati ring. Teknik shooting ini lumayan efektif ketika pemain dijaga dan mulai terdesak oleh tim lawan.

d. Slam Dunk

Slam Dunk

Slam dunk adalah teknik menembak bola dimana pemain melompat dan memasukkan bola basket secara langsung ke ring lawan. Ketika melakukan teknik ini, pemain terlihat seperti menggantung sementara di ring, Teknik ini cukup sulit sehingga perlu latihan yang konsisten agar bisa melakukannya.

Baca: Pola Hidup Sehat

6. Teknik Rebound

Teknik Rebound

Teknik rebound merupakan cara pemain untuk menangkap atau mendapatkan bola pantul karena bola yang ditembakkan oleh pemain lain gagal masuk ke dalam ring. Pemain yang biasa melakukan teknik rebound adalah mereka yang berada di posisi tengah atau power forward.

Karena pantulan bola ini harus diambil dengan cepat agar bisa mengambil alih kesempatan untuk mencetak poin, maka teknik rebound biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki tubuh tinggi dan kuat.

Teknik dasar bola basket sangatlah penting untuk dipelajari dan dikuasai terutama bagi kita yang ingin menjadi pemain basket. Teknik dasar ini akan membuat pemain mampu berkoordinasi dengan baik dengan rekan satu timnya serta mencari peluang untuk memenangkan pertandingan.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.