Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Share
Comment 1 reply
Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan akan sangat sering kalian dengar dalam kehidupan sehari – hari. Namun masih banyak orang yang tidak sadar bahwa sebenarnya kedua kata tersebut memiliki perbedaan.

Nah, apa sih perbedaan pertumbuhan dan perkembangan ?

Dapat dikatakan dari penulisannya saja bahwa antara kedua kata tersebut sudah jelas berbeda. Dan jika di telaah lebih dalam makna dari pertumbuhan dan perkembangan pun berbeda satu sama lainnya.

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua kata yang dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti kedokteran, ekonomi, industri, dan masih banyak bidang lainnya.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

1. Pertumbuhan

Pertumbuhan

Pertumbuhan dapat terlihat dengan jelas. Contohnya ketika anda mempunyai seorang bayi, maka anda akan melihat perubahan bentuk pada tubuh dan fisiknya. Mulai dari tubuh yang semakin memanjang dan membesar serta masih banyak lagi yang dapat diamati.

Pertumbuhan memiliki waktu yang terbatas atau jangka pendek. Biasanya waktu tersebut dipengaruhi oleh usia atau kemampuan objek tersebut untuk dapat tumbuh.

Hal ini sangat jelas terlihat pada manusia, dimana jika ia sudah berusia 21 – 25 tahun maka ia sudah sulit untuk tumbuh, tapi masih ada sedikit kemungkinan untuk dapat tumbuh.

Pertumbuhan mempunyai ukuran yang jelas dan pasti serta dapat terlihat. Anda pun dapat mengukur pertumbuhan tersebut dan menemukan sampai titik mana anda tumbuh. Misalnya tinggi manusia atau tinggi pohon yang dapat diukur.

Karena pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor dari dalam, maka semua perubahan yang terjadi berasal dari dalam objek tersebut.

Contoh manusia yang pertumbuhannya berasal dari regenerasi sel dan pertumbuhan yang dipengaruhi oleh tubuh manusia tersebut.

2. Perkembangan

Perkembangan

Perkembangan bersifat kualitatif artinya semua aspek yang berubah dalam satu objek atau subjek tersebut dapat dikatakan sebagai perkembangan. Pertumbuhan juga termasuk ke dalam perkembangan.

Contohnya ketika anda mempunyai seorang bayi pasti dari hanya dapat tidur telentang kemudian dapat berbalik dapat merangkak hingga dapat berjalan, itu merupakan perkembangan.

Seiring perkembangan terjadi, terjadi pula pertumbuhan yang menambah tinggi dan besar pada bayi tersebut.

Lain halnya dengan pertumbuhan, perkembangan berjangka panjang atau tidak berbatas waktu atau selamanya. Satu objek dapat berkembang terus menerus tanpa adanya batas waktu tertentu.

Mengapa demikian ? Karena perkembangan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor luar dan hal inilah yang membuat perkembangan akan terus menerus terjadi. Seperti kemampuan manusia yang akan terus bertambah. Perkembangan pasti adanya dan dapat terlihat namun tidak jelas.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Sudah kami rangkumkan dalam tabel di bawah ini agar pembaca lebih jelas.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan
PembedaPertumbuhanPerkembangan
PengertianPertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan adanya pertambahan ukuran, bentuk, berat, dan tinggi.Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis, dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan lebih dewasa.
Sifat1.       Irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk aslinya).

2.       Kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.

1.       Kualitatif, dimana suatu organisme yang tadinya belum matang dalam sistem reproduksinya, maka sekarang menjadi lebih matang (dewasa).
WaktuJangka pendek atau berhenti di satu waktu.Jangka panjang atau akan terus terjadi.
BentukTerlihat seperti fisik.Kualitatif
UkuranTerukur atau pasti.Tidak terukur atau tidak pasti.
Cara MengukurDapat dengan bilangan.Tidak dapat dengan bilangan.
Faktor PemicuDari dalam, dapat juga faktor luar namun sedikit.Dari dalam dan luar.
Contoh1.       Bayi yang tadinya memiliki berat badan 2,5 kg sekarang menjadi 5 kg.

2.       Bayi yang tadinya memiliki panjang 59 cm sekarang menjadi 87 cm.

3.       Batang tumbuhan yang tadinya hanya 2 cm sekarang menjadi 7 cm, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

1.       Pematangan hormon – hhormon dalam tubuh.

2.       Pematangan sel ovum dan sperma.

Faktor Pertumbuhan dan Perkembangan

Mengapa pertumbuhan dan perkembangan masing – masing organisme itu berbeda ? Karena ada faktor yang mempengaruhi terjadinya pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan suatu individu adalah

  1. Makanan, nutrisi dan kandungan gizi dari makanan dapat mempengaruhinya. Jika gizinya baik, maka pertubuhan dan perkembangan akan semakin cepat. Namun sebaliknya jika gizinya kurang baik atau lebih sedikit maka pertumbuhan dan perkembangan pun kurang cepat.
  2. Kondisi psikologis setiap organisme, jika kondisi psikologisnya baik, maka akan tumbuh menjadi organisme yang kuat dan sehat, begitu pun sebaliknya. Jika konsisi psikologisnya buruk, maka akan tumbuuh menjadi organisme yang lemah dan kurang sehat bahkan tidak sehat.
  3. Lingkungan, lingkungan yang baik dapat membuat tumbuh kembang ikut baik pula.
  4. Biologis, jika seseorang berasal dari keturunan dengan genetika yang baik, maka dia akan baik pula. Namun tidak menutup kemungkinan dia akan buruk karena faktor – faktor yang lainnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.