Pengertian Whois

Share
Comment 0 reply
Pengertian Whois

Whois berasal dari perpaduan antara “who” dan “is” yang bisa diartikan sebagai “who is the owner” dan sebagainya.

Namun pengertian yang lebih jelas, whois merupakan layanan internet yang menyediakan informasi tentang suatu domain yang meliputi informasi kontak pemilik domain seperti nama dan alamat email, informasi registrar, kontak billing, status, tanggal penting, hingga nama server yang dapat dilihat oleh siapapun.

Manfaat Whois

Manfaat Whois

Whois ini berfungsi untuk menjaga kestabilan dan keamanan internet, terutama saat memberikan informasi tentang pemilik domain.

Selain fungsi tersebut, Whois juga memiliki manfaat lainnya yang akan sangat berguna untuk para penggunanya, diantaranya:

1. Mengetahui nama domain yang belum terdaftar

Hal ini akan sangat berguna untuk Anda yang ingin mendaftar domain namun masih bingung ingin menamakan domain Anda.

Karena melalui Whois ini anda bisa mendapatkan informasi pemilik suatu domain. Jadi Anda bisa mendapatkan informasi rinci tentang keberadaan suatu domain.

Jika sudah seperti ini, Anda akan mengetahui bahwa domain tersebut sudah digunakan sebelumnya atau tidak.

Sehingga Anda bisa memutuskan untuk tidak akan menggunakan domain tersebut dan selanjutnya Anda bisa mencoba mencari lagi nama domain lainnya untuk kebutuhan Anda.

2. Meningkatkan kepercayaan visitors/pengunjung website

Dengan adanya informasi pemilik domain ini, visitor akan bisa mendapatkan informasi mengenai kepemilikan situs e-commerce, perusahaan, lembaga dan sebagainya.

Perusahaan yang jelas asal usulnya, pastinya akan mendapatkan kepercayaan masyarakat yang lebih tinggi.

Jika masyarakat sudah percaya, tentunya mereka akan lebih sering mengunjungi website Anda dan pastinya akan berdampak pada produk yang Anda tawarkan.

3. Memberikan informasi data untuk hak cipta

Whois bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang technical contact hingga server billing yang akan sangat berguna untuk hak cipta sekaligus merk dagang Anda.

Cara Cek Whois

cara mengetahui domain milik siapa

Dalam mengakses layanan Whois ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan mulai dari menggunakan tool whois look up di website, command line, hingga Whois IP.

1. Tool whois look up

Ada banyak sekali website yang menyediakan layanan ini, salah satunya adalah Niagahoster.

Dalam penggunaannya pun cukup mudah yaitu Anda hanya perlu masuk ke laman layanan Whois di website Niagahoster dan pilih jenis pencarian Anda apakah Whois domain atau DNS Look Up.

Kemudian masukkan nama domain yang ingin Anda ketahui informasinya. Setelah itu klik ‘cek sekarang’ dan tidak perlu menunggu lama, Anda pun bisa mendapatkan informasi yang Anda inginkan.

2. Command line

Anda juga bisa memanfaatkan layanan Command line di komputer Anda sendiri. Contohnya, bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows di komputer Anda. Anda bisa memakai

Windows Command Prompt. Anda hanya perlu ketik whois -v diikuti nama domain yang ingin Anda cari.

Misalnya, whois -v niagahoster.co.id., selanjutnya Anda akan pun akan diarahkan ke domain yang Anda cari tersebut.

3. Whois IP

Cara ini berguna untuk mengetahui siapa yang mengontrol sebuah IP address. Namun cara ini tidak akan berguna jika pemiliknya menggunakan WhoisGuard.

Adapun caranya yaitu dengan menggunakan tool berbasis browser untuk menemukan data kontak dan lokasi IP pemilik, jadi Anda hanya perlu mengetik IP address ke dalam kotak pencarian di Lookup dan Anda pun langsung bisa mengeceknya.

Demikian tentang pengertian, manfaat dan cara menggunakan layanan Whois.

Semoga setelah ini pemahaman Anda tentang Whois semakin bertambah dan bisa Anda terapkan untuk bisnis dan memulai membangun website Anda. Anda bisa langsung mencoba layanan Whois di website Niagahoster. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.