Pengertian Search Engine

Share
Comment 0 reply
Pengertian Search Engine

Saat ini rasa-rasanya internet memang menjadi kebutuhan utama untuk berbagai hal. Mau mencari informasi, langsung buka browser.

Mau beli produk, bisa melalui browser. Dimana semua itu dibantu oleh yang namanya mesin pencarian alias search engine. Lantas apa sih pengertian search engine itu sendiri?

Apa itu Search Engine

Sebetulnya untuk memahami pengertian search engine tidaklah sulit. Seperti maknanya dalam bahasa Indonesia, search engine adalah mesin pencari.

Dimana ini merupakan program yang didesain untuk menemukan berbagai informasi lewat sebuah kata kunci spesifik.

Misalkan saja Anda ingin tahu tempat wisata murah di Indonesia, tuliskan topik tersebut yang merupakan kata kunci di kolom search engine, lalu tekan enter dan biarkan mesin pencari mengumpulkan informasi yang kita butuhkan.

Terdengar seperti sesuatu yang dilakukan oleh Google? Benar sekali! Karena Google adalah search engine terpopuler di dunia.

Selain Google, ada beberapa mesin pencarian lain seperti Yahoo dan juga Bing. Hanya saja popularitas Google akhirnya membuat pengertian search engine sangat identik dengan raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu.

Hampir setiap detik atau menitnya, jutaan orang di seluruh dunia mencari informasi di Google. Menjadikan mesin pencarian ini seperti ensiklopedia global.

Manfaat Search Engine Untuk Bisnis Online

Manfaat Search Engine

Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan search engine memang sangat membantu siapapun memperoleh informasi apapun, di manapun dan kapanpun.

Nah, setelah Anda memahami apa itu pengertian search engine, berikut ini akan kami bahas beberapa manfaatnya baik baik pengguna internet dan kalangan pebisnis online:

  • Memberikan informasi dari berbagai hal, termasuk sumber-sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Menghemat waktu pengumpulan data-data yang akurat, karena search engine melakukan pencarian dari miliaran data di internet dalam hitungan detik hingga menit saja
  • Sebagai sarana mendapatkan informasi secara gratis dan efisien karena Anda bisa bebas mencari sesuatu yang diinginkan kapanpun tak peduli siang atau dini hari lantaran mesin pencari tidak pernah berhenti beroperasi
  • Membantu melakukan indexing pada alamat dan konten situs website di internet, sehingga para blogger atau pengelola website bisa dengan mudah mengenalkan konten mereka
  • Bagi pelaku bisnis online, search engine bisa jadi media pemasaran yang ampuh karena ketika konten promosi dipasang kata kunci yang relevan dan dicari banyak orang, informasi tersebut bakal muncul di posisi teratas pada SERP (Search Engine Result Pages)

Berkaitan dengan manfaat yang terakhir, tentu saja bagi pebisnis akan sangat berdampak pada omzet dan penghasilan usaha.

Semakin banyak konten yang Anda unggah di media sosial atau website muncul di posisi utama SERP, brand bisnis bakal makin dikenal.

Selain itu, konten yang menjadi high rank di SERP jelas lebih dipercaya oleh calon konsumen.

Hanya saja untuk bisa meraih posisi terbaik di SERP, bukanlah sesuatu yang mudah. Anda entah pelaku bisnis online atau seseorang yang ingin dikenal sebagai content creator internet, haruslah paham betul mengenai SEO (Search Engine Optimization).

Seperti namanya, SEO adalah salah satu teknik digital marketing ampuh untuk mencapai posisi tertas dalam SERP.

Pelaku bisnis online yang sudah mempelajari SEO dan memahami betul pengertian serta manfaat search engine, tentu akan bisa memaksimalkan bisnisnya.

Seperti mulai dari penempatan kata kunci, pemilihan foto dan video yang menarik hingga merilis konten viral.

Bukan tak mungkin bisnis yang digeluti dengan memanfaatkan keberadaan SERP, akan memberikan hasil optimal untuk penghasilan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.