Ahmad Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

Doa Masuk dan Keluar Rumah

1 min read

Doa Masuk dan Keluar Rumah

Alangkah baiknya sebelum melangkahkan kaki sebelum atau hendak keluar rumah, disunnahkan untuk membaca doa masuk dan keluar rumah.

Dalam melakukan segala aktivitas, kita sebagai umat Ilam diwajibkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Telah kita ketahui, rumah merupakan tempat tinggal, tempat dimana kita beristirahat, tempat untuk berkumpul bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Doa sebelum masuk dan keluar rumah sebenarnya terdapat dua kategori, terdapat doa berbeda jika hendak masuk rumah yang berpenghuni dan rumah yang kosong. Berikut bahasan dari yuksinau.

Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah

 

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROL MAULIJI WA KHOIROL MAKHROJI BISMILLAAHI WA LAJNAA WA BISMILLAAHI KHOROJNAA WA ‘ALALLOHI ROBBINAA TAWAKKALNAA.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

ASSALAAMU’ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBAADILLAAHISH SHOOLIHIINA

Artinya:

“Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh”

Doa Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLOOHI LAA HAWLAA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”

Hadist Disunnahkan Membaca Doa Keluar Masuk Rumah

Secara umum disunnahkan untuk menyebut nama Allah saat masuk rumah. Rasulullah bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim 2018)

Selain itu disunnahkan juga untuk mengucapkan salam saat masuk rumah. Seperti firman Allah yang artinya, “Maka apabila kamu memasuki  salah satu rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS An Nur: 61)

Buah yang dapat dipetik dari pengamalan sunnah ketika keluar rumah:

  1. Seorang hamba mendapatkan kecukupan dari semua urusan dunia dan akhirat yang ia harapkan.
  2. Seorang hamba memperoleh perisai yang melindunginya dari segala kejahatan dan hal yang tidak disukaianya, baik berasal dari jin ataupun manusia.
  3. Seorang hamba menemukan sinar hidayah yang merupakan lawan dari kesesatan. Allah menunjukinya dalam seluruh urusannya, baik agama maupun dunianya.

SubhanAllah, berdoa sangat banyak sekali manfaat kepada kita.

Ahmad Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

Doa Pagi Hari

Ahmad
4 min read

Doa Untuk Orang Meninggal

Ahmad
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *