Discussion Text

Share
Comment 0 reply
Discussion Text

Sesuai dengan namanya, discussion text dalam pelajaran bahasa inggris berisikan teks diskusi yang dilakukan oleh beberapa orang atas suatu topik.

Pada umumnya, diskusi ini diikuti dengan cara pendapat pro serta kontra dan berbagai alasan logis yang dikemukakan oleh kedua pendapat yang berbeda.

Begitu pula pada teks diskusi. Secara singkatnya, discussion text adalah suatu teks yang memiliki dua kategori pemikiran yakni pro (sependapat) serta kontra (berlawanan).

Kedua sudut pandang itu dibahas lalu dicari bagaimana hasil kesimpulan yang terbaik.

Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Discussion Text

social function discussion text

Menurut penuturan para ahli, pengertian dari teks diskusi dalam Bahasa Inggris adalah:

Discussion Text is ‘a text which present a problematic discourse. This problem will be discussed from different viewpoints. Discussion is commonly found in philosophical, historic, and social text.”

Sehingga dari pengertian di atas dapat kita pahami jika teks diskusi merupakan suatu teks yang isinya berupa diskusi maupun perdebatan (wacana) pada skala besar hingga menimbulkan Pro serta kontra di masyarakat serta khalayak orang banyak.

Fungsi discussion text adalah untuk menunjukan isu yang problematik dengan tidak memihak kepada salah satu pendapat ataupun pandangan saja.

Tujuan Discussion Text

discussion text bahasa inggris

Teks diskusi memiliki tujuan guna menyajikan suatu isu ataupun informasi dengan cara memaparkan berbagai pendapat para ahli di dalam bidangnya yang pada umumnya pendapat yang dipaparkan itu bertentangan (pro & kontra).

Sehingga dapat disimpulkan jika penulis membuat teks itu didasarkan pada wacana yang ada pada masyarakat.

Language Feature of Discussion Text

fungsi discussion text

Dalam pembuatan teks diskusi terdapat beberapa unsur kebahasaan atau ciri – ciri dari discussion text itu sendiri yang harus kalian perhatikan seperti yang ada di bawah ini:

  • Memakai simple present tense
  • Memakai modal, seperti (should, must, may, would, etc).
  • Memakai contrastive, additive, serta casual connection / kata penghubung yang membedakan (similar, furthemore, however, moreover, on the other hand, but, in addition, nevertheless, etc).
  • Respected source atau memakai sumber yang terpercaya di dalam teks diskusi.

Struktur Discussion Text

struktur teks diskusi

Berikut merupakan struktur atau generic structure pada teks diskusi, antara lain:

1. Issue atau Isu

Bagian ini pada umumnya berada di awal paragraf yang isinya berupa penempatan masalah / isu yang nantinya akan didiskusikan atau diperdebatkan.

2. Supporting Points atau Poin Pendukung

Bagian ini si penulis akan memaparkan pendapat yang mendukung isu (pro).

Pada tiap – tiap paragraf supporting point terdiri atas dua komponen berbeda seperti: Ide pokok paragraf dan elaborasi / uraian yang berasal dari ide pokok paragraf itu sendiri.

3. Contrasting Points atau Poin Pembanding

Pada bagian ini si penulis memaparkan pendapatnya yang menentang isu maupun permasalahan (kontra).

Sama halnya pada paragraf supporting point, pada contrasting points pula terdapat dua komponen pembentuk yakni ide pokok paragraf serta elaborasi / uraian yang berasal dari ide pokok paragraf tersebut.

4. Conclusion or Recommendation atau Konklusi atau rekomendasi

Pada bagian ini, si penulis akan menunjukan kesimpulan atau juga bisa berupa rekomendasikan dari isu / wacana / permasalahan yang sudah didiskusikan.

Contoh Discussion Text

Untuk melihat contohnya, silahkan kunjungi halaman contoh discussion text untuk informasi selengkapnya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.