Contoh Makalah

2 min read

Contoh Makalah

Contoh makalah adalah sebuah karya yang ditulis dan memiliki sifat ilmiah dan didalamnya berisikan pembahasan mengenai sesuatu topik tertentu.

Untuk sebagian orang khususnya pelajar sekolah menengah atas dan mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan contoh Makalah.

Makalah mempunyai aturan-aturan tertentu yang dilandasi suatu teori atau penelitian yang telah dilakukan dilapangan. Sebelum itu, tidak ada salahnya jika kita harus mengetahui apa itu pengertian dari makalah.

Makalah terdiri dari apa saja, cover makalah yang baik dan benar bagaimana, kata pengantar itu apa, bagaimana cara membuat daftar isi, dan lain sebagainya akan dibahas dibawah ini.

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah

 

Makalah yaitu karya tulis resmi yang mengenai suatu pokok bahasan yang telas disusun untuk dibacakan si suatu persidangan atau dimuka umum.

Makalah merupakan karya tulis atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas seklah atau perguruan tinggi.

Menurut para ahli Makalah mempunyai banyak definisi. W.J.S Poerwadarminta mengartikan makalah sebagai uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang dikemukakan untuk mendapat pembahasan yang lebih lanjut.

Pengertian atau definisi Makalah menurut KBBI makalah diartikan dalam 2 hal.

Yang pertama yaitu Makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan dihadapan umum, disuatu persidangan dan sering disusun untuk diterbitkan

Ciri-ciri Makalah
1. Isinya menjabarkan tentang seberapa besar pemahaman siswa mengenai suatu permasalahan
2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal dan sesuai Ejaan yang disempurnakan (EYD)
3. Makalah umumnya dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi.
4. Bagian pokok yang harus ada pada makalah adalah pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
5. Berisikan tentang gabungan dari beberapa referensi yang telah difilter sesuai topik bahasaan.
6. bersisikan sebuah kajian literatur atau suatu kegiatan dilapangan yang sesuai dengan pokok bahasaan suatu mata pelajaran atau mata kuliah tertentu
7. Dapat menggambarkan kemampuan seorang pemakalah dalam meramu berbagai teori dan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh.
8. Suatu makalah harus mempunyai sistematika yang paten.

Baca juga selengkapnya tentang Contoh Kata Pengantar  Pengantar

Susunan Kerangka Makalah

1. Cover

contoh makalah cover

Cover/Sampul atau juga halaman paling depan makalah memuat judul makalah serta nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit atau tahun pembelajaran. Dalam penulisannya nama penulis ditulis dengan jelas, nama asli dan nama lengkap tanpa disingkat serta tanpa menyebutkan gelar dan juga mengunakan huruf kapital.

2. Daftar Isi

Contoh Makalah Daftar Isi

Daftar isi adalah memuat informasi halaman isi makalah. Tujuan dari ini adalah bahwa setiap bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang akan dibaca. Daftar isi juga memuat daftar gambar, daftar table,daftar lampiran (jika ada).

Biasanya dalam pembuatan daftar isi harus mengedit headingnya dulu, agar nanti saat membuat daftar isi bisa dengan otomatis. Dioffice word juga sudah ada dan bisa menggunakan cara dimenu references dan table of content. Dengan ini bisa menjadi makalah yang baik dan mungkin bisa dijadikan contoh makalah yang benar.

3. Kata Pengantar

Kata Pengantar

Isi dari kata pengantar yaitu mencakup isi dari keseluruhan esensi makalah. Atau kata pengantar bisa diartikan membahas isi makalah secara menyeluruh namun umum. Hal ini perlu dilakukan agar pembaca mempunyai pandangan atau arah dari penulisan dalam makalah itu.

4. Pendahuluan

Pendahuluan

Pendahuluan adalah bahasan awal topik penelitian atau observasi didalam makalah yang disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan tidak ditulis secara luas, namun cukup cakupan dari luarnya saja asalkan sudah mencakup esensi umum dari makalahnya.Pendahuluan juga dapat menjelaskan tentang pokok dari permasalahan awal yang ditemui.

5. Latar Belakang

Latar Belakang

Untuk lebih jelasnya disini akan dibahas lagi tentang latar belakang. Latar belakang adalah suatu hal untuk menjelaskan secara umum permasalahan yang ditemukan, serta mengapa masalah tersebut perlu untuk diteliti kemudian dianalisa dalam sebuah makalah

6. Rumusan Masalah

Rumusan masalah
Untuk rumusan masalah isinya adalah pokok dari suatu masalah yang ditemukanya. biasanya rumusan masalah sangat singkat dan padat, tidak lebih dari satu paragraf beserta dengan poin pertanyaan. biasanya terdapat 2 sampai 3 pertanyaan. Untuk menjadi contoh makalah yang baik maka harus sesuai antara rumusan masalah, isi dan juga kesimpulan.

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan
Sub-bab masih dalam bab pendahuluan dan bisa dijadikan contoh Makalah yang baik dan benar tujuan dari pembahasan ini bersisi dari jawaban rumusan masalah. Misalnya masalahnya apa saja dalam penulisan kata, terus isinya yaitu bertujuan mengetahui macam dari penulisan kata.

8. Isi

Isi
Dalam bab 2 hanya berisikan beberapa sub-bab berisi dari pembahasan. Dalam hal tersebut menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat dilakukanya penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran dari hasil data yang diperoleh dari lapangan
Dalam bab ini agar menjadi Makalah yang baik dan benar adalah penulisan yang benar yaitu penulisan dengan spasi atau paragraph yang menjorok.

9. Bab Penutupan

Bab Penutupan
dalam hal ini terdapat sub-bab berupa kesimpulan dan saran. Agar menjadi contoh Makalah yang benar maka bab ini bersisi tentang harapan penulis kepada pembaca, bertujuan penelitiannya bermanfaat bagi pembaca.

10. Kesimpulan

Kesimpulan
Kesimpulan merupakan penjabaran dari hasil penelitian yang diperoleh dari penelitianya. Dengan kata lain jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian didapatkan dari analisa rumusan maslaah yang ditemukan, selanjutnya dianalisis menggunakan hasil kesimpulan tersebut.

11. Daftar Pusaka

Daftar pusaka
Halaman akhir adalah daftar pusaka mesti masih ada tambahan halaman jika menggunakan lampiran (jika ada). Daftar pustaka berisikan tentang daftar referensi yang dicantumkan atau dipergunakan dalam menyusun makalah tersebut. dalam daftar pustaka biasanya paling sedikit adalah 25 referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *