Budaya Hidup Sehat

5 min read

Budaya Hidup Sehat

Semua orang pasti menginginkan dalam hidupnya memiliki budaya hidup sehat dan tidak memiliki suatu penyakit dari fisik dan juga jiwanya.

Dalam memelihara kesehatan pepeatah mengatakan bahwa “mencegah lebih baik dari pada mengobati”.

Yang berarti kita lebih baik memelihara kesehatan dan mencegah datangnya penyakit yang menimbulkan masalah kesehatan dal lebih murah dibandingkan dengan sudah masuk ke dalam fase pengobatan.

Jika penyakitnya ringan mungkin tidak masalah tetapi kalau serius seperti sakit jantung, diabetes, koroner, kanker, obesitas dan lain-lain pasti akan jadi masalah dan merepotkan orang lain.

Dan penyakit seperti itu pasti dalam fase penyembuhanya akan tidak mudah.
Budaya hidup sehat adalah gidup tanpa ada gangguan masalah fisik ataupun non fisik.

Ganguan fisik yaitu penyakit-penyakityang menyerang tubuh seperti luka atau penyakit dalam seperti kanker atau jantung.

Non fisik yaitu penyakit yang mengenai kesehatan jiwa, pikiran dan hati seseorang yang berarti kesehatan jasmani dan rohani.

Banyak dari sekian banyak orang mempunyai tubuh yang baik dan sehat, tetapi kondisi rohaninya sangat memprihatinkan.

Orang-orang yang pintar, sukses, kaya rayayang mempunyai kesehatan jasmani yang sehat belum pasti kondisi rohaninya sehat.

Definisi Gaya Hidup Sehat

Definisi Budaya Gaya Hidup Sehat

  1. Menurut Departemen kesehatan RI tahun 1997 gaya hidup sehat adalah upaya untuk menerapkan kebiasaan baik didalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan yang burukyang mengganggu kesehatan. Menurut departemen kesehatan RI tahun 2002 indikator gaya hidup sehat antara lain: pola makan sehat dan seimbang, perilaku tidak merokok, dan melakukan aktifitas fisik yang teratur.
  2. Gaya hidup sehat merupakan gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan seperti makanan dan olahraga. Selain itu gaya pada kehidupan seseorang juga mempengaruhi kesehatanya seperti pecandu rokok dan minum minuman keras atau beralkohol bukanlah budaya hidup sehat.
  3. Dalam ilmu fisologi atau fall sehat itu ada 2 yaitu sehat statis dan sehat dinamis:
  • Sehat statis yaitu normalnya fungsi dari alat-alat tubuh saat beristirahat.
  • Sehat dinamais yaitu normalnya alat-alat tubuh saat sedang berolahraga atau bekerja.
  • Sehat dinamis merupak tujuan yang dicapai melalui kegiatan berolahraga.
  • Olahraga adalah melatih tubuh supaya berfungsi normal saat berolahraga atau sedang bekerja dan menyehatkan tubuh.
Baca selengkapnya tentang Kebugaran Jasmani yang sudah kami bahas secara lengkap

Cara Budaya Hidup Sehat

Rajin melakukan Cek Kesehatan

Budaya Hidup Sehat Rajin melakukan Cek Kesehatan

Tidak sedikit dari orang yang mengubah gaya hidupnya karena sudah pernah mengidap suatu penyakit.

Karena kebanyakan terlambat dan tidak peka untuk memperhatikan kesehatanya sendiri pada waktu sebelumnya.

Memang yang terbaik adalah melakukan tes kesehatan dalam jangka waktu dua bulan sekali yang berguna untuk mengontrol tingkat kesehatan.

Kalu memang sudah terkena suatu penyakit maka secepatnya langsung untuk mengobatinya sehingga kesempatan untuk sembuh bisa lebighbesar dibandingkan dengan melakukan pengobatan setelah penyakitnya sudah parah.

Dengan melalui tes kesehatan juga sangat berguna untuk mengetahui bagaimana cara yang pas untuk gaya hidup yang sesuai dengan kondisi badan.

Kurangi Makanan Berlemak

Budaya Hidup Sehat Kurangi Makanan Berlemak

Makanan berlemak kebanyakan mempunyai cita rasa yang sangat enak dan mudah untuk kita memakanya.

Untuk menghindari makanan berlemak mungkin bisa dengan cara tidak mendatangi tempat-tempat yang menjual makanan berlemak yang bisa saja untuk menggoyahkan pendirian melakukan hidup sehat.

Memang lemak juga dibutuhkan oleh tubuh tetapi dengan jumlah dan batas tertentu.

Kebanyakan orang makan-makanan berlemak dan tidak sadar bahwa bisa mempengaruhi kondisi kesehatan pada tubuh mereka seperti jantung, kanker, hipertensi dan masih banyak lainya.

Oleh karena itu menerapkan budaya hidup sehat sangatlah penting.

Perbanyak Makan Sayuran

Budaya Hidup Sehat Perbanyak Makan Sayuran

Sayuran mempunyai serat yang tidak bisa larut didalam tubuh, tetapi kebanyakan sayur bisa memberikan beberapa vitamin dan nutrisi untuk tubuh.

Serat didalam sayuran yang berfungsi mencegah segala penyakit di usus yang mendorong segala kotoran untuk keluar dari tubuh.

Berusahalah untuk menambah sayur dalam makanan sehari-hari terutama pada waktu malam hari supaya tidak makan terlalu banyak.

Sayuran juga memberikan efek mengenyangkan karena sifat dari sayur yang sulit untuk dicerna oleh karena itu akan lebih lama didalam pencernaan.

Rajin Makan Buah

Budaya Hidup Sehat Rajin Makan Buah

Memakan buah-buahan juga mempunyai dampak yang besar bagi tubuh. Buah-buahan itu mengandung serat yang sama seperti sayur, oleh karena menambahkan buah dalam menu sehari-hari adalah budaya hidup sehat yang utama.

Buah-buahan memang tidak banyak memberikan energi tetapi bisa untuk memberikan nustrisi, vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan didalam dan luar tubuh.

Oleh karena itu buah-buahan sangat baik untuk menyehatkan sistem pencernaanmu supaya tetap lancar, oleh karena itu kita harus rutin memakan buah-buahan.

Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangatlah baik untuk menunjang kebugaran tubuh seperti berolah raga atau bekerja.

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga bisa membuat anggota tubuh bisa tahan dengan berbagai macam penyakit dan bisa untuk mempercepat metabolisme tubuh.

Olahraga minimal sekali dalam 2 minggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya, dan jika bisa melakukanya setiap hari makan akan lebih baik lagi.

Banyak aktifitas yang bisa untuk dilakukan seperti berenang, jogging senam, sepak bola, badminton, dan masih banyak lagi lainnya.

Dan sebelum melakukan olahraga yang berat maka sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak mengalami kram pada otot atau cidera.

Perbanyak Konsumsi Protein

Perbanyak Konsumsi Protein

Protein merupakan senyawa organik komplek yang banyak dibutuhkan oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak yang jika dikomsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh.

Protein berfungsi untuk memproduksi hormon didalam tubuh, berkontribusi dalam pembentukan tulang, otot dan saraf.

Selain itu protein juga berfungsi untuk memproduksi enzim dan berbagai jenis zat kimia yang dibutuhkan oleh tubuh dan efektif dalam aktivitas sehari-hari.

Protein bisa didaptkan dari mengkonsumsi makanan hewani dan juga sayuran.

Kurangi karbohidrat

Kurangi karbohidrat

Karbohidrat diperlukan oleh tubuh tetapi tidak baik juga jika mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak ata secara berlebihan yang bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Jika kelebihan karbohidrat biasanya akan disimpan sebagai lemak dan bisa menyebabkan obesitas bagi tubuh.

Walaupun karbohidrat baik dan bisa memberikan energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari tetaplah mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Beberapa dampak jika kelebihan mengkonsumsi makanan berkabohidrat yaitu seperti terkena penyakit diabetes, jantung, kanker, obesitas, kekurangan glukosa, kelebihan lemak dalam tubuh, marasmus dan masih banyak lainya.

Oleh karena itu maka sangat baik jika bisa mengontrol karbohidrat setiap harinya.

Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih

Budaya minum air putih kebanyakan disepelekan oleh banyak orang padahal dengan kurang meminum air putih bisa saja menyebabkan permasalahan tubuh dan sisitem kerja ditubuh menjadi terganggu.

Manusia diharuskan untuk minum air putih karena bisa memenuhi setiap kebutuhan air minum agatr tidak dehidrasi.

Meminum air putih juga berfungsi untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan juga mempercepat proses metabolisme tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi sehat.

Minimal dalam satu hari meminum air putih 8 sampai 10 gelas perhari agar tubuh sehat dan terhidrasi dengan baik.

Cukup Tidur

Cukup Tidur

Mempunyai waktu yang cukup pada setiap harinya adalah perilaku budaya hidup sehat yang terlihat sederhana.

Tetapi pada saat ini terasa sangat sulit untuk menerapkan hal tersebut karena sekian banyak orang akan menyelesaikan pekerjaanya terlebih dahulu lalu tidur.

Saat kurang tidur maka tubuh akan menurunkan efektivitas dalam bekerja dan mengganggu konsentrasi.

Usahakan untuk tidur minimal 6 sampai 8 jam sehari agar bisa menjalani hari dengan baik dan fress.

Cukup tidurbagus sekali untuk kesehatan karena beberapa anggota sistem tubuh yang bekerja pada waktu tubuh tidur saja.

Hindari Minuman Bersoda

Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah minuman yang memuaskan seseorang disaat meminumnya karena menyegarkan saat di minum.

Tetapi ternyata minuman bersoda banyak menyebabkan efek negatif yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa dampak dari sering meminum minuman bersoda yaitu bisa merusak ginjal, membuat gigi keropos dan membusuk, menyebabkan perut membuncit, menyebabkan kecanduan, tulang rapuh, gangguan kesehatan jantung dan lain-lain.

Oleh karena minum minuman bersoda secukupnya saja jangan terlalu banyak dan tetap menerapkan budaya hidup sehat.

Manfaat Budaya Hidup Sehat

Membuat Awet Muda

Membuat Awet Muda

Menjalani budaya hidup sehat makan akan membuat terlihat segar dan awet muda walaupun umurnya sudah lanjut sekalipun.

Awet muda adalah bonus bagi yang menjalankan budaya hidup sehat secara konsisten.

Kulit wajah biasanya menentukan wajah akan terlihat muda atau tidak. Menerapkan budaya hidup sehat dalam kehidupan akan memberikan kelebihan tersebut yaitu awet muda.

Konsumsi buah dan sayur secara rutin akan mendapatkan kesehatan yang tidakmudah untuk didapatkan jika sudah terlambat memutuskan jalan budaya hidup yang sehat.

Hidup Sehat adalah Pilihan

Hidup Sehat adalah Pilihan

Menjalani hidup sehat adalah suatu pilihan bagi kita semua, jika ingin merasakan kebahagiaan.

Kesehatan dan juga kenikmatan dalam hidup, gaya hidup yang sehat adalah pilihan yang tepat.

Gaya hidup sehat merupakan rasa bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan yang telah hidup didunia ini.

Menjaga kesehatan tubuh sendiri merupakan suatu kewajiban bagi kita semua. Budaya hidup sehat merupakan salah satu memberikan hak pada tubuh untuk menikmati istirahat dan makanan yang cukup.

Budaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk menikmati hidup dengan lebih bermakna dan bisa merasakan menakjubkan dalam janhgka pendek dan jangka panjang.

Membuat Hidup Lebih Panjang

Membuat Hidup Lebih Panjang

Tentu saja semua orang menginginkan hidup dan panjang umur dan bisa bahagia karen abisa melihat anak dan cucu-cucunya dimasa tua adalah kebahagiaan yang tidak bisa dibeli.

Jika menginginkan panjang umur yaitu dengan budaya hidup sehat adalah cara yang paling tepat.

Gaya hidup sehat bisa membuat seseorang panjang umur karena kalitas hidupnya yang membuat seperti itu.

Oleh karena itu kesehatan harus dipertahankan dengan menjalani hidup sehat secara konsisten.

Berat Badan Menjadi Ideal

Berat Badan Menjadi Ideal

Kebanyakan orang tidak menyukai dengan penaikan berat badan dengan cepat pada tubuhnya.

Bahkan tidak sedikit orang melakukan diet untuk mendapatkan badan yang diingingkanya.

Kebanyakan dari perempuan yang melakukan hal tersebut agar tubuh tidak terlihat gemuk karena pola gaya hidup yang salah saat ini.

Jika bisa konsisten dalam menjalani gaya hidup sehat, maka berat badan dan bentuk tubuh yang ideal bisa didapatkan tanpa harus untuk bersusah payah diet yang sangat ketat dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Gaya hidup sehat juga bisa untuk menurunkan berat badan sebagai salah satu bonus yang indah dan diinginkan.

Sehat dan Bahagia

Sehat dan Bahagia

Banyak masalah didalam tubuh atau mengidap suatu penyakit akan membuat seseorang menjadi stres dan membuat hidupnya menjadi tidak bahagia.

Oleh karena itu yang sehat harus bisa menjaga kesehatanya agar tidak terkena penyakit yang tidak diingkan.

Budaya hidup sehat bisa membuat bahagia karena ada pepatah yang mengatakan “Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang kuat”.

Oleh karena itu kesehatanlah yang menentukan pribadi dan bisa mengantarkan kita meraih impian dan menjadi sukses.

Hidup sehat sangat bermanfaat bagi kualitas hidup manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *