Aplikasi PKG Guru

Share
Comment 0 reply
Aplikasi PKG Guru

Aplikasi PKG adalah suatu aplikasi berbasis excel yang memiliki fungsi untuk membantu asesor di dalam mengerjakan evaluasi kinerja guru.

Pada aplikasi satu ini sangat mudah untuk diedit serta dapat digunakan untuk seluruh tingkat sekolah, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

Selain memudahkan pekerjaan asesor, bapak atau ibu guru yang menggunakan PKG juga dapat mengedit datanya eksklusif di dalam aplikasinya. Dengan demikian, data guru di dalam aplikasi tersebut benar – benar valid serta mampu untuk dipertanggung jawabkan.

Penilaian Kompetensi

download aplikasi pkg guru 2020

Di dalam penilaian PKG terdapat beberapa aspek yang akan dinilai, diantaranya yakni tugas utama guru yang diantaranya meliputi aspek kepribadian, aspek pedagogik, aspek sosial, serta aspek professional.

Tak hanya itu saja, di dalam masing – masing aspek itu juga bisa memiliki beberapa indikator kompetensi yang nantinya akan diberikan penilaian sesuai dengan kinerja guru pada setiap kompetensi.

Lebih lengkapnya terdapat 14 nilai kompetensi yang akan didapatkan oleh guru, antara lain:

  1. Penguasaan struktur, materi, konsep, pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  2. Komunikasi bersama sesama guru, orang tua, tenaga kependidikan, peserta didik, serta masyarakat.
  3. Bertindak sesuai dengan norma agama, sosial, hukum, serta kebudayaan nasional.
  4. Menguasai teori belajar serta berbagai prinsip pembelajaran yang mendidik.
  5. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi seorang guru.
  6. Mengembangkan keprofesionalan lewat tindakan yang reflektif.
  7. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan juga teladan.
  8. Bertindak obyektif, inklusif, dan tidak diskriminatif.
  9. Mengenal karakteristik dari peserta didik.
  10. Aktivitas pembelajaran yang mendidik.
  11. Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
  12. Komunikasi bersama peserta didik.
  13. Pengembangan dari kurikulum.
  14. Penilaian serta evaluasi.

Dari semua nilai tersebut maka nantinya masing – masing guru kelas / guru mata pelajaran akan memperoleh hasil akhir yang diberikan di dalam bentuk format penilaian PKG seperti yang dapat kalian di dalam suatu aplikasi.

Cara Penilaian Kinerja Guru

download aplikasi pkg guru 2021

Berikut ini akan kami berikan cara untuk penilaian kinerja guru kelas serta guru mata pelajaran terbaru tahun 2019/2020.

Kompetensi 1: Mengenal Karakteristik Peserta Didik

Pernyataan

Seorang guru akan mencatat serta memakai informasi mengenai karakteristik peserta didik guna membantu proses pembelajaran.

Karakteristik tersebut berhubungan dengan aspek fisik intelektual, emosional, sosial, moral, serta latar belakang sosial budaya.

Cara Penilaian: Pengamatan dan Pemantauan

Sebelum pengamatan:

1. Mintalah daftar nama dari peserta didik

Pilihlah 4 (empat) nama dari peserta didik dengan acak. Lalu tanyakan bagaimana kemampuan belajar dari keempat peserta didik itu. Minta pula bukti hasil ulangan terakhir dari keempat peserta didik tersebut.

Kemudian pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain yang berbeda. Tanyakan bagaimana ciri atau karakteristik dari keempat peserta didik itu, apakah mereka pendiam, aktif, pemalu, ceria, atau yang lainnya.

Mintalah guru guna memilih satu nama peserta didik dengan ciri atau karakteristik tertentu (contohnya aspek intelektual). Lalu tanyakan bagaimana cara untuk memperoleh mengembangkan potensinya itu.

2. Mintalah guru guna memilih satu nama peserta didik

Pilihlah peserta didik yang mempunyai kekurangan tertentu (contohnya aspek sosial). Tanyakan bagaimana cara yang dapat dikerjakan guna membantu peserta didik itu untuk mengatasi kelemahannya.

3. Bertanya kepada guru

Bertanyalah kepada guru, apakah di dalam kelas terdapat peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu. Jika ada, bagaimana cara untuk bisa memastikan jika peserta didik itu dapat belajar dengan baik.

Tanyakan juga pada guru, apakah waktu belakangan ini terdapat kejadian luar biasa di dalam keluarga peserta didik (kematian, kelahiran, tengah dalam keadaan sakit, atau lainnya). Tanyakan apakah peristiwa itu memiliki dampak pada pembelajaran peserta didik yang bersangkutan serta bagaimana cara dalam mengatasinya.

Selanjutnya tanya juga apakah terdapat peserta didik di dalam kelas yang kerap kali mengganggu peserta didik yang lainnya. Apabila ada, bagaimana usaha untuk bisa mencegahnya agar perilaku itu tidak merugikan peserta didik yang lain.

4. Menerangkan karakteristik umum kelas

Mintalah kepada guru untuk menerangkan karakteristik umum kelas yang selalu diajarnya (kelas yang rata -rata memiliki peserta didik yang kreatif, cerdas, serta rata – rata baik dalam mapel tertentu, dan yang lainnya).

Selama pengamatan:

  1. Lakukan pengamatan apakah guru telah mengatur posisi tempat duduk peserta didik yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang diterapkan.
  2. Kerjakan pengamatan apakah guru hanya diam di depan kelas / berkeliling guna mensupervisi seluruh peserta didik.
  3. Lakukan pengamatan apakah selama waktu proses pembelajaran guru mengerjakan pengecekan dengan rutin melalui tanya jawab kepada peserta didik terkait keterbacaan media belajar yang dipakai (termasuk penjelasan yang ditulis di papan tulis).
  4. Kerjakan pengamatan apakah selama proses pembelajaran mengerjakan pengecekan secara rutin jika seluruh peserta didik aktif di dalam mengerjakan berbagai tugas yang sudah diberikan oleh guru.
  5. Lakukan pengamatan apakah terdapat peserta didik yang mengerjakan aktivitas lain di luar kegiatan yang semestinya dikerjakan serta bagaimana guru mengambil sikap pada peserta didik yang demikian.

Setelah pengamatan:

  1. Tanyakan pada guru apakah terdapat alasan tersendiri dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas (karena pendengaran / penglihatan yang tak begitu jelas, sebab memerlukan konsentrasi, atau yang lainnya).
  2. Mintalah kepada guru untuk menerangkan persepsinya terkait hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah terdapat anak yang tak ikut berpartisipasi, dan yang lainnya).

Pemantauan:

Periksa di awal dan pertengahan semester, apakah guru membuat catatan mengenai kemajuan serta perkembangan peserta didik.

Aplikasi PKG

penilaian kinerja guru

1. Pengenalan

Sesuai dengan Permendikbud No. 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah.

Guru, Kepala Sekolah, beserta Pengawas Sekolah mengerjakan beban kerja selama 40 (empat puluh) jam di dalam 1 (satu) minggu dengan satuan administrasi pangkal.

Beban kerja selama waktu 40 (empat puluh) jam di dalam 1 (satu) minggu terdiri dari 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam kerja efektif serta 2,5 (dua koma lima) jam istirahat. Dalam hal dibutuhkan, sekolah bisa menambah jam istirahat dimana tidak mengurangi jam kerja efektif. Lihat Pasal 2.

Pelaksanaan beban kerja dalam waktu 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam kerja efektif untuk Guru meliputi beberapa kegiatan pokok:

a. Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan;
b. Melaksanakan pembelajaran maupun pembimbingan (dikerjakan di dalam aktivitas intrakurikuler, kokurikuler, serta ekstrakurikuler.);
c. Menilai hasil pembelajaran / pembimbingan;
d. Membimbing & melatih peserta didik; serta
e. Mengerjakan tugas tambahan yang melekat di dalam pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan Beban Kerja Guru.
Lihat Pasal 3.

Guru, Kepala Sekolah, beserta Pengawas Sekolah wajib untuk melaksanakan kegiatan PKB guna pengembangan kapasitas sebagai Guru, Kepala Sekolah, atau Pengawas Sekolah.

Kegiatan PKB dikerjakan sebagai pemenuhan beban kerja selama 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam kerja efektif.

Aktivitas tersebut bisa dikerjakan di dalam sekolah / di luar sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang -undangan. Lihat Pasal 11.

Untuk memudahkan pelaksanaan penilaian kinerja guru yang ada di atas, aplikasi PKG 2020 satu ini dapat digunakan di sekolah kalian.

Berikut adalah beberapa isi konten di dalam aplikasi PKG, antara lain:

  • Data guru dinilai
  • Penilaian Kinerja Guru → Form PKG → AK-Guru → AK-Guru Pro → Chek AK-Guru → AK-Guru+TT, AK-Guru Pro+TT → Chek AK-Guru & TT
  • Penilaian Kinerja Guru BK → Form PKG BK → AK-Guru-BK → Chek AK-Guru BK → AK-Guru BK+TT → Chek AK BK+TT
  • Penilaian Tugas Tambahan
  • Penilaian Sejawat atau Guru → Form Perilaku dari Teman Sejawat
  • Penilaian Siswa → Form Perilaku dari Peserta Didik atau Siswa
  • Penilaian Orang Tua → Form Perilaku dari Orang Tua atau Komite
  • Penilaian DuDi → Form Perilaku dari DuDi
  • Lembar identitas Guru
  • Indeks Kehadiran
  • Laporan dan Evaluasi
  • Form Instrumen Tugas Tambahan (Waka, Kaperpus, Kalab, Kaprog, Kabeng)

2. Tahap Penggunaan Aplikasi

  • Klik isian data guru yang akan dinilai.
  • Pilih tombol PK Guru Mata Pelajaran atau PK Guru BK
  • Mengisi instrumen Tugas Tambahan (jika terdapat tugas tambahan atau yang bersifat umum).
  • Lalu mengisi Penilaian Perilaku oleh teman sejawat, siswa, serta orang tua sesuai dengan rekaman sebelumnya.
  • Mengisi data kehadiran selama 1 tahun.

3. Cetak Lembar yang Dibutuhkan

  • 1,2,3,4,5 (jika guru tidak memiliki tugas tambahan).
  • 1,2,3,4,6,7 (jika guru dengan tugas tambahan dari Waka, Kalab, Kaperpus, Kaprog, Kabeng)
  • Bagi guru BK lakukan dengan alur yang sama.

Download Aplikasi PKG Guru

aplikasi pkg guru kelas 2022

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi PKG terdiri dari beberapa aspek evaluasi yang berhubungan dengan kinerja guru dalam format yang sesuai dengan juknis yang berlaku.

Tak hanya itu saja, cara untuk pengeoperasiannya juga sangat mudah tanpa penguasaan komputer yang mumpuni. Hal tersebut disebabkan aplikasi ini yang berbasis excel dan sangat familiar dengan pekerjaan para guru.

Berikut ini akan kami berikan link download Aplikasi Kinerja Guru 2020 Lengkap Format Penilaian yang dapat kalian gunakan, yaitu:

1. Download Aplikasi PKG 2020

2. Download Instrumen PKG 2020

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.