Apa itu Tiktok

Share
Comment 0 reply
Apa itu Tiktok

X

Advertisements

Loading...

Bagi generasi milenial dan z mungkin tidak akan asing dengan platform TikTok. Tetapi berbeda dengan generasi X ke bawah, mungkin akan kebingungan dan bertanya apa itu TikTok?

Aplikasi TikTok menjadi platform sosial media terpopuler di dunia saat ini. Di dalam aplikasi Tik Tok, pengguna dapat membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung.

Sehingga pengguna bisa membuat video pendek yang menarik dengan cepat. Dan bisa langsung dilihat orang orang di seluruh dunia.

Sekarang durasi TikTok yang panjang yaitu sekitar 1 menit atau 60 detik.

Sejarah Tik Tok

TikTok diluncurkan pada bulan September tahun 2016 oleh perusahaan Zhang Yiming yang juga merupakan pendiri ByteDance.

Awalnya aplikasi TikTok terkenal dengan nama Douyin di negara asalnya. Dimana pengguna menggunakan aplikasi ini untuk membagikan video pendek dengan durasi 15 detik ke pada seluruh pengguna lainnya.

Karena mendapat respon positif dari pengguna di negara aslnya, akhirnya ByteDance memutuskan untuk memperkenalkan Douyin ke dunia dan mengganti nama menjadi TikTok.

Di tahun 2018, Tik Tok menjadi salah satu aplikasi yang viral di Indonesia karena pada tanggal 3 Juli 2018, KOMINFO memblokir aplikasi ini karena dianggap tidak memberikan konten yang mendidik.

Tetapi berselang sebulan kemudian tepatnya di bulan Agustus 2018, aplikasi Tik Tok dapat didownload kembali. Kendati memiliki history yang kurang mengenakan, pengguna Tik Tok di Indonesia mencapai angka 30,7 Juta yang tercatat pada bulan Juli tahun 2020.

Dan sekarang Tik Tok sudah digunakan lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Wow banget..

Advertisement

Agar bisa mencapai status sebagai salah satu platform yang populer sekarang ini tentu bukanlah hal yang mudah. Tik Tok sempat mengalami beberapa hambatan. Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Dalam perjalanannya, Tik Tok juga pernah menghadapi persaingan dengan salah satu platform serupa yang dikenal dengan Musical.ly. Karena merasa terancam, akhirnya TikTok mengakuisisi Musical.ly sebesar Rp13,6 miliar pada November 2017.

Fitur TikTok

1. Penambahan music

Kamu bisa menambahkan beragam jenis musik yang sesuai dengan konten video yang ingin dibuat.

Semua musik yang ada di TikTok juga sudah dengan seizin pemiliknya, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena tidak akan dikenakan copyright.

2. Filter video

Sangat banyak filter menarik yang bisa digunakan dengan mudah di aplikasi TikTok. Pengguna bisa menambahkan filter pada video untuk mengubah tune warna pada video. Selain itu, kita juga dapat menyesuaikan tone dan rona sesuai dengan objek video.

3. Filter stiker dan efek video

Ada 5 kategori efek yang bisa dicoba, diantaranya yaitu  efek visual, efek sticker, efek transition, efek split dan juga waktu.

Contohnya di efek stiker, kita bisa memilih pilihan seperti hot, selfie, hair, funny, interactive,  classic, heart, vlog, animal dan glasses. Filter ini membuat video terkesan lebih kreatif.

4. Filter pengubah suara

Advertisement

Ketika kamu tidak percaya diri dengan suara sendiri, maka tenanglah karena di TikTok pengguna bisa mengubah suaranya.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan keseruan dan kreativitas ke dalam video mereka dengan mudah.

5. Fitur Download Video

Didalam aplikasi tiktok, kamu juga bisa download video tiktok tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi sayangnya jika download video TikTok langsung dari aplikasi maka akan ada watermark. Jika ingin download tanpa watermark, maka bisa menggunakan aplikasi seperti SnapTik

6. Filter Beautify

Filter ini membuat penggunanya cantik atau ganteng seketika. Bahkan terlihat lebih keren dan unik. Fitur ini juga bisa mengatur bentuk wajah, warna mata, dan memperhalus wajah.

7. Filter auto captions

Advertisement

Fitur ini memungkinkan kreator Tik Tok memberi subtitle yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi.

Caranya juga muda, kamu hanya perlu mengklik fitur “Caption” pada laman editing sebelum mengunggah video.

8. Fitur hapus komen dan blokir pengguna secara massal

Untuk menghindari bullying, TikTok menambahkan fitur hapus komen dan blokir pengguna secara massal.

Cara mengaturnya yaitu pengguna bisa menekan agak lama pada sebuah komentar / mengetuk ikon pensil yang ada di sudut kiri atas untuk membuka pilihan.

Kreator bisa memilih 100 komentar atau akun untuk dihapus atau diblock tanpa perlu memilih satu per satu.

9. Fitur live

Tik Tok juga mempunyai fitur live. Tetapi minimal kamu harus punya 1000 followers untuk bisa melakukan live di Tik Tok.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.