Seni Rupa Murni

Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni

Diposting pada

Seni Rupa Murni – Anugerah yang sangat besar diberikan Tuhan karena manusia lebih condong untuk menyukai hal-hal yang berhubungan dengan keindahan. Salah satu hasil dari imajinasi manusia ialah seni yang bisa dituangkan untuk menunjukan ekspresi diri. Bisa terlihat oleh mata dan dirasakan dengan kulit.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang dari seni yang membentuk karya seni berwujud media yang bisa dilihat oleh mata dan dirasakan oleh kulit. Konsep berkarya seni rupa dengan mengolah bentuk, bidang, garis, titik, volume, tektur, warna, serta pencahayaan.

Dari segi fungsi seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni lebih condong hanya kepada nilai estetika atau keindahan semata, misalnya karya seni lukis. Berbeda dengan seni rupa terapan yang mempunyai tujuan dan fungsi pakai, misalnya seni kriya.

Materi terkait: Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Sedangkan jika dilihat dari segi wujud dan bentuk, seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi hanya mempunyai panjang dan lebar, sedangkan seni rupa 3 dimensi mempunyai panjang, lebar, dan ruang.

Contoh Seni Rupa Murni dan Gambarnya

Seni lukis

seni lukis
Seni lukis merupakan seni yang cara pembuatan lukisan nya dengan menggunakan cat dan kuas atau dengan alat-alat lain yang di tuangkan kedalam kanvas, papan, kertas, dan lainnya sebagai media. Mengolah medium 2 dimensi atau permukaan 3 dimensi untuk menciptakan kesan.

Seni grafis

seni grafis

Seni rupa murni ini merupakan seni yang dalam proses pembuatan karya nya melalui teknik cetak dan biasanya diatas kertas. Dengan tujuan untuk membuat salinan karya dalam jumlah banyak atau disebut proses cetak.

Disebut juga dengan teknik matrix karena cetakan dibuat dari permukaan sebuah bahan. Matrix yang biasanya digunakan adalah: plat logam, tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu untuk litografi; papan kayu untuk cukil kayu (woodcut).

Seni patung

seni patung

Seni patung merupakan seni yang dibuat dengan cara dipahat, dicetak, modeling (contoh dengan tanah liat), bisa berbentuk manusia, hewan, tumbuhan, atau bentuk lainnya. Intinya hasil karya akan berwujud 3 dimensi.

Seni instalasi

seni instalasi

Seni instalasi menggunakan cara menyatukan, memasang, mengkonstruksi benda-benda sehingga membentuk sesuatu yang bagus, cantik, keren. Biasanya berbentuk 3 dimensi yang memperhitungkan unsur ruang, suara, cahaya, waktu, gerak, dan interaksi para pengunjung sebagai konsep akhirnya.

Seni pertunjukan

seni pertunjukan

Karya seni ini melibatkan aksi kelompok atau individu di waktu dan tempat tertentu. Umumnya melibatkan 4 unsur yaitu waktu, tubuh seniman, hubungan dengan penonton, dan ruang.

Materi terkait: Prinsip Seni Rupa Prinsip Seni Rupa dan Gambarnya

Seni keramik

seni keramik

Seni rupa murni ini mengolah material keramik untuk menciptakan karya seni dari yang bersifat tradisional sampai yang bersifat kontemporer. Kriya keramik dibedakan pula berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya. Keramik tertua yang pernah ditemukan manusia yaitu Venus of Dolni Vestonice.

Seni film

seni film

Anda mungkin penggemar film, apa itu film? film merupakan gambar hidup, atau movie (plesetan moving picture ‘gambar bergerak’). Secara kolektif film disebut ‘sinema’, gambar hidup adalah bentuk seni. Film dihasilkan dari rekaman orang dan benda dengan kamera dan atau oleh animasi.

Seni koreografi

seni koreografi

Koreografi (rancangan tari) atau disebut juga komposisi tari adalah seni merancang struktur sehingga menjadi suatu pola gerakan-gerakan. Hasil dari pola gerakan yang ter-struktur disebut pula sebagai koreografi. Dan koreografer merupakan orang yang merancang koregrafi.

Seni fotografi

seni fotografi

Seni fotografi merupakan seni dengan cara prosesnya menggunakan media cahaya. Istilah umumnya yaitu metode untuk menciptakan, menghasilkan foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya pada media peka cahaya, alat paling populer yaitu kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto dapat yang dibuat.

Kesimpulannya bahwa karya seni rupa murni lebih mementingkan estetika atau keindahan daripada fungsinya, serta cabang-cabang seni rupa murni yang Yuksinau.id sertakan di bagian contoh beserta gambar semoga memudahkan Anda memahaminya.

Recent search terms:
  • contoh karya seni rupa 3 dimensi dan cara pembuatannya
  • definisi seni murni dan contohnya
  • proses pembuatan seni rupa murni
  • seni rupa murni contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *