Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Diposting pada

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi – Setelah pada kesempatan terdahulu kita pernah mengulas tentang prinsip seni rupa dan gambarnya, kali ini giliran contoh seni rupa yang akan kami sajikan. Kami tidak hanya menyajikan contoh seni rupa 2 dimensi melainkan juga dengan contoh seni rupa 3 dimensi.

Ketika kamu pernah mengunjungi sebuah pameran seni rupa, tentunya akan banyak sekali karya yang terpampang disana. Karya yang mungkin dapat membuat mata kita terbuka lebih lebar dan membuat mulut kita berkata “Waaaah”.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni rupa yang hanya mempunyai 2 sisi saja yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.

Dengan memahami pengertian seni rupa 2 dimensi diatas, kamu bisa menambah sendiri contoh seni rupa dua dimensi karena dalam kehidupan ini sangatlah banyak.
Beberapa contohnya:


1. Lukisan (di atas kertas atau kanvas)

Lukisan adalah karya seni yang proses membuatnya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain.

contoh lukisan 2 dimensi

Kamu mungkin telah melihat banyak lukisan sebelumnya. Lukisan masuk kedalam contoh seni rupa 2 dimensi karena tidak mempunyai ruang.

2. Fotografi

Fotografi adalah adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film.

Kamu mungkin salah satu orang yang hobi sekali mengambil gambar dengan menggunakan kamera dan membagikannya di media sosial.

3. Batik

Batik merupakan seni melukis yang dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin/malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.

Salah satu ciri khas dari Negeri kita adalah batik, banyak sekali motif batik khas dari berbagai daerah. Batik juga merupakan contoh seni rupa 2 dimensi.

4. Lukisan dinding

contoh seni rupa 2 dimensi

Lukisan bukan hanya bisa dibuat diatas kain, sekarang sudah banyak kreasi dari para seniman yang membuat lukisan di dinding.

5. Poster
Kita sering kali melihat di jalan berbagai macam poster dengan bentuk gambar atau tulisan yang ditempel di dinding maupun di tembok. Nah poster ini juga termasuk ke dalam contoh seni rupa 2 dimensi.

Artikel penunjang: Unsur-Unsur Seni Rupa

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang bukan hanya ada sisi panjang dan lebarnya, tetapi juga mempunyai ruang atau volume.

1. Patung/arca

contoh patung 3 dimensi

Patung merupakan benda 3 dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Ketika kamu mengunjungi sebuah kota, misalnya jakarta. Kamu akan menemui patung pancoran disana.

2. Vas Bunga
Benda 3 dimensi ini sering dijadikan sebagai hiasan di rumah diisi dengan berbagai macam bunga yang indah.

3. Mebel (meja, kursi, dan lainnya)

Mebel atau furniture adalah perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lemari.

Karena tidak hanya mempunyai sisi panjang dan lebar saja, tentunya berbagai macam mebel ini bisa kamu sebutkan di tugas yang diberikan oleh guru.

4. Topeng

contoh seni rupa 3 dimensi

Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Bahkan di jaman sekarang sudah menjadi trend fashion.

5. Gantungan Kunci
Kamu mempunyai kunci? kemungkinan besar saya yakin setidaknya kamu mempunyai minimal 1 gantungan kunci dengan fungsi agar kunci mudah untuk ditemukan.

Contoh karya seni yang disebutkan diatas tentunya dibuat tidak lepas dari konsep berkarya seni rupa yang menjadi paduan dalam membuat suatu kerajinan.

Semoga membantu kamu memahami 10 contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi beserta penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *