Pengertian Web Browser

7 min read

Pengertian Web Browser

Jumpa lagi bareng kita, yuksinau.id yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui.

Dan kali ini yuksinau.id berkesempatan untuk membahas informasi seputar web browser secara lengkap dan tuntas.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Web Browser

materi web browser

1. Secara Umum

Suatu program, aplikasi, atau software yang digunakan untuk menjelajahi atau mencari berbagai infromasi di jaringan internet.

2. Menurut Para Ahli

Wikipedia

“Suatu aplikasi atau perangkat lunak yang dipakai untuk mengambil, menyajikan, serta melintasi berbagai sumber informasi yang terdapat di dalam jaringan internet (world wide web)”.

Ali Zaki

“Web browser merupakan suatu program yang dipakai untuk mengakses website serta dijalankan pada sebuah komputer yang memiliki jaringan internet.”

Suwanto raharjo

“Web browser merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak dipakai daripada dengan layanan internet lainnya.”

Lia Kuswayatno

“Web browser merupakan perangkat lunak atau software yang dipakai untuk membuka suatu website dengan cara menuliskan alamat situs yang akan dituju pada kotak address.”

Yuhefizar

“Web browser merupakan metode atau cara untuk menampilkan informasi di internet, baik itu dalam wujud teks, gambar, suara, ataupun video yang mempunyai berbagai kelebihan untuk menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lainnya.”

Smitdev Community

“Web browser merupakan lawan kata dari server yang tugasnya sebagai media untuk menampilkan halaman dalam website.”

Gustav Pahala Frans

“Web browser merupakan aplikasi atau program atau perangkat yang dipakai sebagai media untuk mengoperasikan internet, surfing, browsing, serta menjelajahi dunia maya.”

Rachmad Hakim

“Web browser merupakan suatu aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di dalam internet. Fungsi dari web browser yaitu untuk menampilkan halaman dari suatu web atau melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.”

Sejarah

jenis-jenis web browser

Sebagai pengguna aktif web browser, namun kebanyak dari kita pasti tidak mengetahui bagaimana awal mula keberadaan browser itu sendiri, iyakan?. Hemm, kalo betul begitu, yuk simak ulasan di bawah..

Sebetulnya, browser web sendiri mulai dikembangkan oleh seorang ilmuwan bernama Tim Berners Lee (yang dijuluki Bapak Internet) pada tahun 80an, hanya saja pada saat itu belum terhubung ke jaringan seperti sekarang.

Barulah pada tahun 1991, im Bernes Lee meluncurkan browser pertamanya. Tim yang diketuai oleh Berners Lee itu menemukan browser pertama di dunia di awal tahun 1991 di CERN.

Pada saat itu, browser selain berfungsi untuk melihat website namun juga telah bisa digunakan sebagai editor (membuat website sendiri serta menyesuaikan website  yang diinginkan). Tim Berners Lee menemukan sebuah dunia internet yang interaktif.

Sasaran yang dituju pada waktu itu yaitu kalangan teknik dan informatika. Dan browser tool digunakan untuk memanajemen ilmu pengetahuan.

Kemunculan web 2.0  mengembalikan fungsi awal browser menjadi lebih interaktif. Dan inilah era dari beberapa situs seperti youtube, wikipedia, dan blog mulai bermunculan.

Selain beberapa contoh di atas, tidak ada penemuan lain seperti online shoping, email, atau bahkan perbankan online.

Sehingga berbagai kelemahan pun masih melekat dalam browser sehingga memudahkan para hacker untuk merusak berbagai info ataupun program.

Pada waktu itu, perangkat pertama kali yang digunakan untuk menjelajah internet yang disebut “Archie” ciptaan Alan Emtage seorang siswa dari Universitas Mcgill di Montreal pada tahun 1990.

Progam tersebut berjalan dengan cara mendownload daftar direktori dari semua file serta menempatkannya di dalam alamt alamat FTP, sehingga menciptakan suatu filename database yang dapat dicari.

Pda tahun 1991 perangkat penjelajah internet juga muncul kembali dengan nama “Gopher” ciptaan Mark Mccahill di Universitas Minnesota.

Berbeda dengan archie, ghoper ini meng-index teks dokumen, sehingga hampir semua situs gopher berbentuk teks dan website setelah terciptanya World Wide Web.

Seiring berjalannya waktu, muncul lagi “Veronica” dan “Jughead” yang berfungsi untuk mencari file yang tersimpan di dalam sistem index Gopher.

Veronica merupakan singkatan dari “Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives” yang menyediakan pencarian dengan memanfaatkan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher.

Jughead merupakan singkatan dari “Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display “ yang berfungsi sebagai sebuah alat untuk mendapatkan menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.

Untuk pertama kalinya, browser web yang berbasis grafik diciptakan oleh seorang mahasiswa dari Universitas Illinois bernama Marc Andreessen dan diberi nama Mosaic pada tahun 1993.

Sesuai dengan klaimnya, browser ini dapat menampilkan dokumen grafis dan memakai user interface (tampilan) grafis.

Penggunaan interface grafis ini mempermudah dalam penggunaan browser web sekaligus penampilan dalam file HTML menjadi lebih baik, yang di mana akan memberikan awal kontribusi yang besar pada perkembangan internet.

Kemudian, Marc Andreessen menjadi salah satu pendiri dari perusahaan Netscpae, yaitu perusahaan yang memproduksi web browser Netscape Navigator.

Hal itu pun menjadi motivasi yang lainnya untuk terus mengembangkan browser web, sehingga banyak search engine yang bermunculan serta saling berlomba untuk mendapatkan ketenaran.

Diantaranya seperti: Excite, Infosee, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Dalam beberapa hal, mereka bersaing dengan direktori terkenal seperti Yahoo!.

Sebelum kemunculan web, Archie telah digunakan untuk situs anonymous FTP serta Veronica untuk protokol Gopher.

Baru-baru ini juga muncul search engine online yang mengenakan XML atau RSS. Dengan adanya search engine ini menjadikan browser lebih efisien mengindex data dalam website tanpa dengan tuntutan yang rumit.

Sehingga website hanya perlu menyediakan suatu timbal balik XML dengan berbagai index pada search engine.

Timbal-balik XML secara meningkat telah disediakan otomatis oleh weblogs atau blogs. Contoh search engine ini yaitu feedster, seperti LjFind Search yang juga menyediakan jasa pencarian untuk Livejournal blogs.

Dan kita telalh melihat sendiri bagaimana pesatnya perkembangan tentang browser web. Sehingga tentu saja kita juga sudah tahu bahwa terdapat banyak ragam dari browser web yang digunakan.

Sampai sekarang, terdapat beberapa browser yang cukup banyak digunakan, diantaraya yaitu: Internet Explorer dari Microsoft, Netscape Navigator dari Netscape, Mozilla serta Opera.

Fungsi Web Browser

fungsi web browser

Diera modern seperti sekarang, hampir setiap orang menggunakan internet sebagai penunjang kegiatan sehari-hari, ntah itu mencari informasi terkini, cara membuat sesuatu, atau yang lainnya. Dan tentunya hal itu tak lepas dari keberadaan web browser.

Dan berikut merupakan beberapa fungsi dari web browser yang telah kami rangkum buat kalian semua..

1. Membuka laman website

Yang dimaksud berfungsi sebagai membuka laman ialah kemampuan browser dalam mengarahkan user kepada alamat website yang dituju.

Sementara jika kita menggunakan search engine, maka kita hanya akan memperoleh beberapa referensi halaman website yang  sesuai dengan kata kunci atau keyword yang kita ketikan.

2. Memastikan keamanan suatu web

Sebuah web browser akan memastikan bahwa laman yang akan dikunjungi tidak berbahaya untuk perangkat, sebagai contoh untuk menghindarkan gadget atau perangkat komputer dari bahaya virus yang dapat merusak sistem.

Dan proses ini biasanya berlangsung dalam proses authentication atau proses verifikasi dalam suatu website atau laman

3. Mendukung permintaan data

Mendukung permintaan data atau juga disebut dengan requesting supporting data item adalah salah satu fungsi dari web browser itu sendiri.

Hampir semua alamat web yang tersimpan di internet bisa diakses, serta user dapat menyimpan atau download data yang berupa foto atau media lainnya secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain memberikan akses ke dalam website, browser web juga berfungsi untuk mengumpulkan segala data terhadap sebuah website termasuk efek yang ada di dalam web tersebut.

Sehingga hal itu akan menyebabkan web dapat berjalan dan menampilkan segala informasi berupa teks, video, foto dan audio dengan maksimal.

5. Mendukung penggunaan search engine

Mesin pencari atau juga disebut search engine pada umumnya memiliki tugas untuk mempermudah user dalam mencari referensi halaman website sesuai dengan keyword yang dimasukan.

Sehingga dengan adanya mesin pencari ini, pengguna atau user tidak usah repot mengetik alamat pada address bar dalam menu browser.

Cukup ketikan keyword dalam search engine, lalu beberapa referensi website akan ditampilkan.

Cara Kerja Web Browser

macam macam web browser

Untuk menggunakan web browser, anda harus mengunduhnya terlebih dahulu (seperti google chrome dan mozilla) dan selanjutnya anda sudah bisa menggunakannya. (eits, harus diinstall dulu yaa)

Dan ketika anda berhasil menginstallnya, anda hanya perlu membuka aplikasi dan selanjutnya mengetikan alamat atau situs yang akan dituju.

Pada umumnya alamat dengan menggunakan format WWW (world wide web) atau dengan mengetikkan URL (Uniform Source Locator) pada address bar dilaman web browser.

Setelah itu, browser web akan mengambil data atau fetching yang ditulis dalam kode HTML.

Alamat atau url yang kita maukan tadi selanjutnya akan mengarahkan browser menuju halaman yang diinginkan.

Contohnya, saat kita memasukan alamat www.yuksinau.id/ maka browser pertama kali akan mengakses http atau hypertext transfer protocol, sehingga jika kita perhatikan akan breubah menjadi https://www.yuksinau.id//.

Selanjutnya, http yang sudah ada dalam alamat web tersebut akan mentransmisikan file dari web server menuju browser, dan yuksinau.id akan mengarahkan browser menuju laman yang dituju di mana data tersebut tersimpan dalam web server.

Manfaat Web Browser

download web browser

Dari ulasan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa terdapat banyak sekali manfaat yang diberikan oleh browser web ini.

Dan berikut beberapa manfaat yang telah kami rangkum buat anda semua..

  • Memudahkan user untuk mengakses berbagai informasi berupa teks, gambar, video, dan yang lainnya yang ada di internet.
  • Membantu user untuk menyimpan berbagai konten yang ada di internet ke dalam perangkat komputer.
  • Sebagai media untuk berjejaring sosial, diantarnya seperti: instagram, facebook, twitter, ask.fm, dan yang lainnya.
  • Mendukung penggunaan serach engine seperti Google atau lainnya untuk mencari berbagai informasi.
  • Memborkmark (menyimpan) situs-situs penting yang ada diinternet.
  • Membantu mempermudah pekerjaan.
  • Dan masih banyak lagi…

Contoh Web Browser

Nah, sekarang udah tau kan apa itu web browser? Kini saatnya kita kenalan dengan beberapa aplikasi browser yang tengah populer di masa ini.

Google Chrome

web browser apk

Sebanyak 63,2% pengguna internet atau netizen di dunia menggunakan google chrome sebagai browser web mereka, ntah itu dalam perangkat komputer ataupun smart phone.

Browser besutan Google ini hampir digunakan diseluruh negara khususnya di negara yang berada dibenua Asia, Amerika dan Eropa.

Mozilla Firefox

web browser gambar

Menyusul google chrome, mozilla menjadi browser web yang paling banyak digunakan kedua di dunia. Tak kurang dari 1/6 jumlah pengguna internet menggunakan mozilla firefox sebagai browser web mereka, dan Indonesia merupakan negara pengguna firefox terbanyak yang ada di dunia.

Safari

Safari

Pengguna safari hingga sekarang hampir mencapai 16%, sehingga tak elak jika safari menjadi salah satu browser web yang populer.

Apliksai besutan Apple Inc ini pertama kali dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan baru pada tahun 2007 dibuat untuk perangkat mobilenya.

iCab

iCab

iCab juga salah satu browser besutan Apple Inc yang memiliki rlogo mobil ngebut. Berbeda dengan browser mac lainnya, browser iCab mempunyai banyak fitur dibangdingkan browser mac yang lain.

iCab ini cocok buat anda pengguna browser yang menginginkan kinerja lebih baik di dalam Mac OS.

Opera

Opera

Pengguna Opera pada tahun ini memiliki pengguna sekitar 6% dari seluruh dunia serta 11% untuk netizen yang menggunakannya dalam mobile phone mereka.

Apakah anda salah satu dari mereka?

Vivaldi

Vivaldi

Browser ini ditujukan bagi kalian para pengguna Opera yang tidak menyukai transisi dari Presto ke Blink, yang menyebabkan hilangnya fitur populer dalam Opera.

Vivaldi ini dibuat untuk menghidupkan kembali fitur populer Opera 12 serta memperkenalkan fitur inovatif yang terbaru.

Tertarik mencoba?

Internet Explorer

Internet Explorer

Meski sudah jarang yang menggunakan browser yang satu ini, tapi taukah kamu? Browser ini pernah digunakan 95% netizen di dunia pada tahun 2002 – 2003 lho.

Netscape Navigator

Netscape Navigator

Sebelum internet explorer (IE) lahir, Netscape Navigator adalah browser web paling terkenal di era 90-an. Web browser ini dikembangkan oleh Netscape Communication Corporation serta dipelopori oleh mahasiswa lulusan NCSA (National Center of Supercomputer Application di University of Illionis) serta beberapa programer yang bekerja paruh waktu.

Browser ini dibikin dengan menggunakan basis ode sumber Mosaic browser web dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), sebab seperit yang kita tahu, pembuat NCSA yaitu Marc Andressen yang merupakan pendiri dari Netscape Corporation.

Dan dalam catatan sejarah, browser ini menjadi salah satu browser tertua dengan semakin maraknya perkembangan teknologi dari waktu ke waktu.

Netscape navigator merupakan web browser gagasan mozilla firefox. Namun sayangnya netscape navigator ini sudah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukungnya, yakni  AOL, serta memberikannya kepada mozilla foundation. -sc: wikipedia

Flock

Flock

Web browser satu ini merupakan browser yang memiliki fitur khusus berupa fitur penyedia jejaring sosial serta browser sosial perama di dunia yang berbasis pada firefox.

Dengan berbagai fitur menarik di dalamnya, anda dapat menikmati pengalaman unik berkomunitas sosial di internet sembari melakukan browsing.

Flock ini sangat cocok buat anda yang suka membuka mySpace, friendster, facebook atau komunitas lainnya. Dapat digunakan diberbagai platform dan gratis lho.

Maxthon Browser

Maxthon Browser

Browser satu ini memanfaatkan IE sebagai dasar, tetapi jangan salah, Maxthon Browser memilik fungsi yang memumpuni untuk memberikan kenyaman anda dalam menjelajah di internet.

Browser ini juga telah dilengkapi dengan fitur Magic fill yang berfungsi untuk memasuki situs member. Fitur di mana akan memberikan kemudahan buat kamu ketika menggunakan Maxthon, sebab Maxthon akan menyimpan identitas anda.

Maxthon ini juga memiliki banyak tools yang dapat menerjemahkan halaman dalam sebuah situs ke berbagai bahasa lain.

Keunggulan lainnya, tampilan yang ada pada browser ini juga lebih user friendly dan enak dilihat.

Selain tampilannya yang enak dilihat, browser ini juga menjadi salah satu browser terbaik karena mempunyai kecepatan yang mumpuni serta memiliki beberapa fitur yang tidak ada pada browser lainnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai web browser, semoga dapat membantu kegiatan belajar kalian ya. Terima kasih telah berkunjung :)).

Pengertian Sistem Informasi

Ahmad
2 min read

Pengertian Internet

Ahmad
4 min read

Contoh Hardware

Luqi Afika
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *