Tipografi

Share
Comment 1 reply
Tipografi

Tipografi merupakan salah satu kesenia dan teknik untuk menata huruf dengan pengaturan penyebaranya dalam ruang yang sudah tersedia.

Tipografi bisa menciptakan suatu kesan tertentu yang membuat kenyamanan saat membaca dengan maksimal.

Pengertian Tipografi

Pengertian Tipografi

Tipografi atau dalam bahasa Inggrisnya typografy adalah salah satu ilmu menata dan memilih huruf dengan pengaturan penyebaranya didalam ruang yang sudah tersedia.

Tipografi bisa menciptakan kesan yang khusus dan tertentu sehingga bisa membuat seorang pembaca merasakan kenyamanan yang maksimal.

Peran dari tipografi tersebut adalah untuk menyampaikan informasi atau ide dari suatu halam ke pengamat.

Secara tidak sadar kita semua selalu terhubung dengan tipografi di setiap saat. Seperti saat kita bermain media sosial yang dibaca, atau koran yang kita baca disetiap pagi dan masih banyak contoh lainnya.

Tipografi dikenal dengan seni adalah desain atau karya yang menggunakan huruf didalam elemen utama dan pengertian dari huruf yang digunakan untuk lambang bunyi yang bisa diabaikan.

Sejarah Tipografi

Sejarah Tipografi

Sejarah dari tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa tersebut digunakan Viking Norwegia Indian Sioux.

Dahulu kala dalam negara mesir berkembang jenis huruf Hieratia atau yang disebut dengan Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM.

Bentuk dari tipografi tersebut adalah suatu akar dari bentuk Demotia yang pada zaman dahulu kala ditulis menggunakan pena yang khusus.

Bentuk dari tipografi tersebut bisa berkembang ke Kreta, lalu sampai ke Yunani dan akhirnya bisa sampai menyebar diseluruh Eropa.

Puncak perkembangab dari tipografi tersebut terjadi kurang lebih pada 8 sebelum masehi di Roma pada saat orang Romawi mulai membentuk daerah kekuasaanya.

Karena pada dahulu kala Romawi tidak mempunyai sistem penulisanya sendiri mereka lalu mempelajari tentang sistem tulisan (Etruska) dan disempurnakan oleh penduduk asli dari Italia lalu terbentuklah huruf-huruf Romawi.

Pada saat ni tipografi mengalami perkembangan yang sangat besar dari penciptaan manual atau dengan tangan sampai ke fase modern yaitu dengan komputer.

Fase komputerisasi tersebut menggunakan tipografi yang lebih mudah dan juga membuat waktu yang digunakan bisa lebih cepat dengan jumlah pilihan huruf yang sangat banyak.

Pengertian Tipografi Menurut Para Ahli

1. Sudiana

Tipografi mempunyai arti yang sangat luas yang juga meliputi tentang pola halaman dan penataan atau juga setiap barang yang dicetak.

Pengertian yang lebih sempit adalah penataan, pemilihan dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan baris-baris susunan huruf atau typeset.

2. Danton Sihombing

Tipografi adalah representasi visual dalam bentuk komunikasi verbal dan tipogravi merupakan visual pokok dan efektif.

Bahwa pengetahuan tentang huruf bisa dipelajari oleh setiap orang dalam sebuah seni yang disebut dengan tipografi.

3. Roy Brewer

Tipografi mempunyai arti yang sangat luas tentang sebuah pola halaman dan pola atau setiap barang cetak.

Arti yang lebih sempit yang di maksud adalah pemilihan, penataan dan berbagai hal yang berkaitan dengan baris-baris susunan huruf.

Tidak termasuk dengan ilustrasi dan unsur-unsur lain bukan susun huruf dalam halaman cetak.

4. Idarmadi

Tipografi merupakan karya seni pada penggunaan jenis huruf yang dimaksud dengan karya seni yang sangat rumit.

Ditambah dengan medium design web yang saat ini terbatas dan salah satu elemen yang sangat penting didalam komunikasi dengan pengunjung.

Prinsip Tipografi

Prinsip Tipografi

1. Legibility

Legibility merupakan pengenalan huruf dan untuk membedakan dai masing-masing karakter dan huruf.

Legibility wajib dimiliki oleh huruf yang berguna untuk terhindar dari kesalahan dalam pengenalan huruf.

Suatu jenis huruf bisa dikatakan legible jika karakter dan huruf mudah untuk dimengerti oleh satu sama lain.

Dalam suatu karya tipografi jika memiliki legibility yang kurang atau tidak baik, Walaupun huruf tersebut masih bisa untuk dikenali tetapi distorsi huruf tersebut masih sulit untuk dimengerti.

Sehingga membutuhkan waktu yang sedikit lamauntuk mengenali huruf tersebut walaupun ukuran dari hurufnya besar.

Namun saat karya anda digunakan dalam ukuran yang kecil maka sang pembaca akan kesulitan bahkan tidak membaca huruf tersebut.

2. Readability

Readability adalah tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang dimaksud dengan dengan Readabile adalah yang keseluruhanya mudah untuk dibaca. Readability biasanya dipengaruhi oleh jarak dan hurufnya.

3. Visibility

Visibility adalah jarak pandang dar seoang opembaca dengan suatu objek. Semakin jauh jarak pandangnya maka visibilitynya tentu akan berkurang.

Tetapi, jika tingkat dari readability dan legibilitinya sudah sangat baik, maka saat membaca dari jarak yang cukup jauhpun akan tetap visible.

Fungsi Tipografi

Fungsi Tipografi

Sekarang semakin banyak tipografi karena penggunanya sudah bisa mengoptimalkan fungsi dari tipografi dengan baik. Fungsi dari tipografi adalah sebagai berikut:

1. kemudahan Membaca

Fungsi yang pertama dari tipografi adalah kemudahan untuk membaca. Hal tersebut disebabkan olehjenis dari font dan ukuranya.

Pemilihan dari jenis font dan ukuranya adalah tujuan yang paling utama untuk memudahkan seseorang untuk membaca.

2. Menarik Perhatian

Fungsi Tipografi yang kedua adalah bisa menarik perhatian dari sang pembaca. Dari komponen huruf yang digunakan dan tertata dengan sangat baik dan didukung dengan warna-warna yang menarik.

Hal tersebut bertujuan untuk menimbulkan kesan yang dalam oleh penikmat tipografi.

3. Menciptakan keindahan

Fungsi Tipografi selanjutnya adalah menimbulkan kesan keindahan didalam huruf yang dirangkai dengan apik.

Hal tersebut bertujuan untuk bisa menambahkan suasana yang indah untuk mendukung suatu bisnis.

4. Menghasilkan Uang

Penggunaan tipografi dalam hal bisnis juga memanfaatkan fungsi tipografi yang mempunyai nilai jual berdasarkan dari seni grafis yang tinggi.

Elemen Tipografi

Elemen Tipografi

Elemen dalam tipigrafi ada dua yaitu:

1. Huruf Teks

Huruf teks merupakan huruf yang tersaji untuk naskah, Pilihan pada huruf teks unsur keterbacaanya sangat mudah dan nyaman.

Jangan menggunakan font tipografi yang terlalu banyak lengkungan dan berbody tebal sehingga sulit untuk dibaca.

2. Huruf Judul

Pada penggunaan huruf judul tersebut biasanya menggunakan huruf yang lebih fleksibel. Asalkan saat dibaca unsurnya bisa efektif dan bisa penyampaianya bisa dikemas dengan nyaman dan apik.

Maka didalam suatu unsur penerapan didalam desain grafis sudah terpenuhi.

Jenis Tipografi

Jenis Tipografi

1. Egyptian

Egyptian adalah tipografi font jenis huruf yang memiliki ciri sirip, kaki atau serif dengan bentuk persegi panjang seperti papan yang mempunyai ketebalan yang sama atau hampir sama ukuranya.

Kesan dari bentuk tulisan tersebut adalah kuat, kokoh dan stabil.

2. Roman

Roman adalah jenis huruf yang memiliki ciri kaki, sirip atau serif yang bentuknya lancip pada ujungnya.

Desain tipografi huruf Roman mempunyai sebuah ketebalan dan ketipisan huruf kontras didalam garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan oleh gaya tulisan tersebut adalah klasik, anggun dan feminim.

3. Sans Serif

Sans Serif adalah jenis huruf tanpa sirip atau serif. Jadi huruf tersebut tidak mempunyai sirip dalam ujung hurufnya hanya mempunyai ketebalan huruf yang sama atau yang hampir sama.

Kesan yang ditimbulkan oleh jenis huruf tersebut adalah modern kontemporer dan efisien.

4. Script

Script adalah jenis huruf yang mirip dengan goresan tangan yang dilakukan dengan pena, pensil tajam atau kuas yang seringnya miring kekanan.

Kesan yang ditimbulkan oleh jenis huruf script adalah akrab atau yang bersifat pribadi.

5. Miscellaneous

Miscellaneous adalah jenis huruf yang merupakan perkembangan dari bentuk-bentuk huruf yang sudah ada.

Seperti ditambah hiasan dan ornamen atau dengan garis-garis yang unik dan dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah kesan ornamental dan dekoratif.

Contoh Tipografi

1. Tipografi Keren

tipografi keren

2. Tipografi Puisi

Tipografi Puisi

3. Tipografi Nama

Nama

4. Logo Tipografi

Tipografi

5. Tipografi Quotes

Quotes

6. Tipografi Islami

Islami

7. Tipografi Tulisan Tangan

Tulisan Tangan

itulah pengertian lengkap tentang tipografi yang sudah kami bahas secara lengkap agar kita bisa belajar menulis tipografi dengan benar dan indah

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.