Contoh Teks Editorial

Share
Comment 0 reply
Contoh Teks Editorial

Di dalam artikel sebelumnya, kami telah membahas secara tuntas terkait teks editorial, sekarang saatnya untuk memberikan berbagai contoh teks editorial tersebut, antara lain:

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Gaya Hidup dan Kesehatan

contoh teks editorial tentang kesehatan

Tesis

Kesehatan tentu saja menjadi hal yang paling untuk setiap orang. Oleh karena itu butuh adanya gaya hidup yang sesuai guna menjaga kesehatan serta kekuatan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Pasalnya, penanganan penyakit menular belum sepenuhnya berhasil bahkan dapat memunculkan beban penyakit ganda. Adapun penyakit yang tidak menular / penyakit degeneratif dengan persoalan yang sama. Bahkan sejumlah individu yang terserang penyakit tidak menular juga meningkat secara pesat sampai menjadi pembunuh nomor satu, contohnya kanker, diabetes, jantung, hipertensi, stroke.

Argumentasi

Menurut catatan data dari Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, penyebaran penyakit relatif merata pada tiap – tiap kota besar dan juga kecil. Hal tersebut menandakan jika kondisi kesehatan dan penyakit masyarakat sudah bergeser sejak beberapa waktu

Sehingga dibutuhkan gaya hidup yang baik contohnya menjaga pola makan dan minum dan juga memperhatikan kandungan gizi yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi. Perubahan dalam pola hidup yang dilakukan juga dibarengi dengan demografi yang menyebutkan jika lebih besar jumlah penduduk usia produktif daripada jumlah penduduk tidak produktif. Hal itu diikuti dengan perilaku konsumtif daripada produktif yang masuk ke dalam pola makan & minum.

Negara Indonesia memang bukan satu – satunya negara yang mempunyai masalah penyakit ganda tetapi kita dapat belajar dari negara lain terkait pencegahan penyakit yang tidak menular. Prinsip dalam menangani penyakit yaitu dengan cara mencegahnya daripada mengobatinya. Sehingga pemerintah dapat membuat upaya dalam mewajibkan label informasi kandungan gizi di dalam setiap makanan maupun minuman kemasan.

Penegasan Ulang

Pencegahan penyakit ini lebih baik dari mengobati penyakit, oleh karena itu masyarakat harus lebih memperhatikan pola hidup sehat. Program yang diadakan juga butuh adanya dukungan dari kementerian maupun lembaga yang terkoordinasi yang juga melibatkan masyarakat guna hidup sehat.

Contoh Teks Editorial Tentang Politik

Contoh di bawah adalah editorial tentang politik yang diambil dari koran Media Indonesia edisi 09 September 2020.

Pilkada tanpa Politik Identitas

contoh teks editorial terbaru 2020

Tesis

Pemilihan kepala daerah atau pilkada tak pernah lepas dari adanya praktik politik uang, identitas, ujaran kebencian, penyebaran hoaks serta kampanye hitam. Meski kelima faktor tersebut tak muncul dalam kurun satu waktu pelaksanaan pesta demokrasi setidaknya ada dua yang tetap ada yaitu politik uang serta politik identitas selalu ada.

Argumentasi

Dalam praktik politik identitas nantinya bisa muncul hoaks, ujaran kebencian, lalu kampanye hitam sebagai turunannya. Politik identitas yang bersandar dengan SARA (suku, agama, ras, serta antargolongan). Berbagai atribut tersebut sesungguhnya tidak memiliki kaitan dengan kualitas si calon pemimpin. Tetapi, hal tersebut sangat mudah digunakan guna mengaburkan pemilih dari objektivitas.

Efek yang paling ekstrim dari politik identitas yaitu adanya perpecahan di masyarakat sampai muncul berbagai konflik sosial. Kohesi yang terbangun dari spirit Bhinneka Tunggal Ika akan rontok dan membutuhkan waktu lama untuk pulih.

Politik uang serta politik identitas tak ubahnya mental korup yang ada dalam berdemokrasi telah begitu mengakar sampai sulit dikikis. Namun, tak berarti kita lantas menyerah serta hanya membiarkannya.

Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2016 terkait Pilkada sudah mengatur larangan atas praktik politik identitas. Pasal 69 huruf (b) menyebutkan kampanye dilarang untuk menghina agama, seseorang, ras, suku, golongan calon gubernur atau partai politik.

Juga di dalam Pasal 69 huruf (c) mengatur larangan dalam mengadakan kampanye dengan memfitnah, mengadu domba partai politik, perseorangan atau kelompok masyarakat.

Sanksi tegas juga telah diatur di dalam Pasal 187 ayat (2). Setiap orang yang dengan sengaja melanggar ketentuan larangan penyelenggaraan kampanye sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 69 dan seterusnya akan dipidana dengan pidana penjara paling singkat tiga bulan atau yang paling lama 18 bulan dan atau dengan denda paling sedikit Rp600.000 atau maksimal Rp6.000.000.

Kemudian mengapa politik identitas masih tetap marak dan bahkan pernah brutal seperti yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 dan 2019? Tentu pembuatan aturan saja tak akan cukup. Butuh penegakan hukum guna meredam praktik yang mampu mencoreng demokrasi. Sanksi juga jangan sampai hanya menghiasi lembaran peraturan sampai irit dijatuhkan.

Hal ini semua adalah kerja yang berkelanjutan dari penyelenggara pemilu serta aparat penegak hukum. Hal itu juga memerlukan partisipasi masyarakat guna turut mengawasi dan juga wawas diri.

Pilkada 2020 dengan pemungutan suara yang jatuh pada tanggal 9 Desember mendatang bukan hanya akan menghadapi kerawanan politik uang serta politik identitas. Pandemi covid-19 yang terjadi juga menyeruak ke posisi paling atas kerawanan pilkada. Berarti kerja penyelenggaraan serta pengawasan pilkada akan semakin berat.

Di sisi lain, pemilih memperoleh momentum dalam memilih calon pemimpin daerah yang paling mumpuni dalam menghadapi krisis semacam wabah penyakit. Para pasangan calon juga harus tampil dengan menyiapkan gagasan inovatif, khususnya dalam menangani pandemi covid-19.

Tugas pemilih dalam mempelajari betul rekam jejak para pasangan calon serta menyimak beragam gagasan mereka. Bukannya malah menyibukkan diri larut pada hasutan berbasis SARA, atau yang lebih buruk adalah ikut menyebarkannya.

Penegasan Ulang

Pilkada tahun 2020 harus bebas dari adanya praktik politik identitas yang bisa membahayakan persatuan dan kesatuan. Oleh sebab itu, tidak boleh dibiarkan pemakain bahasa, narasi, atau simbol yang dapat membahayakan persatuan & kesatuan masyarakat.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Tesis

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang menjadi kunci dari kemajuan suatu bangsa. Seluruh orang pasti telah menyadari jika pendidikan yang berkualitas mampu meningkatkan peluang untuk membuat bangsa ini sejajar dengan berbagai negara maju. Namun dalam kenyataannya kualitas pendidikan yang ada di negara ini belum begitu bagus daripada negara lain.

Lembaga pendidikan telah mengusahakan beragam cara guna mencetak lulusan yang berkualitas untuk mengantisipasi adanya perubahan serta tantangan yang kian sulit. Tetapi keberhasilannya juga dipengaruhi oleh beberapa keadaan lain.

Guna meraih pada meningkatkan mutu pendidikan, butuh diadakan upaya yang bersungguh – sungguh. Serta mencari solusi permasalahan yang nantinya mungkin akan dihadapi.

Argumentasi 1

Usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan juga sangat penting guna menjawab berbagai tantangan globalisasi, kemajuan IPTEK, serta pergerakan masif dari tenaga ahli. Lembaga pendidikan juga telah dituntut untuk dapa menciptakan orang – orang terdidik dengan kualitas mumpuni sebab sengitnya persaingan antar bangsa. Sehingga mempunyai keahlian di dalam kompetensi profesional dan siap untuk menghadapi kompetisi global.

Argumentasi 2

Pada era teknologi sekarang ini, guru bukan menjadi satu – satunya sumber informasi serta ilmu pengetahuan. Peran guru sudah tergeser dengan adanya fasilitator, motivator, dan dinamisator. Keberadaan teknologi internet juga turut membuat banyak sumber yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran.

Kesimpulan

Dalam keadaan yang seperti ini, peran guru yang merupakan pendidik terasa sangat besar serta tidak tergantikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan peran secara lebih efektif, sehingga dibutuhkan peningkatan langkah serta upaya yang jelas dan tepat sasaran.

Beberapa usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan juga menjadi tantangan besar untuk pemerintah yang harus segera diselesaikan.

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

Contoh ini adalah editorial yang terbit pada Koran kompas edisi 13 juli 2020 dengan penyesuaian penulis.

Bola Panas Reklamasi Laut Ancol

contoh teks editorial tentang lingkungan

Tesis

Seharusnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan dapat memberikan argumentasi yang layak sebelum beliau memberikan izin reklamasi area rekreasi Ancol. Keputusan yang telah diterbitkan di akhir Februari lalu itu telah mengingkari janji politiknya ketika kampanye. Keputusan itu juga yang akan mengancam area reklamasi serta menabrak perda rencana tata ruang dan juga wilayah.

Anies telah memberikan putusan dalam memberikan izin perluasan Dufan serta Taman Impian Jaya Ancol di sisi bagian Timur, yang masing – masing selebar 35 & 120 hektare. Dalam waktu belakangan ini, setelah pro-kontra  yang muncul, Anies menyebutkan jika keputusan itu merupakan syarat legal guna memanfaatkan daratan sebab terjadinya penumpukan lumpur dari pengerukan sungai serta waduk di kota Jakarta yang mendangkal akibat sedimentasi.

Argumentasi

Alasan dalam memanfaatkan hasil penumpukan lumpur itu bisa dipahami serta cukup masuk akal. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa membiarkan 3,4 juta meter kubik lumpur yang sekarang telah berubah menjadi daratan seluas 20 hektare di area Ancol Timur. Membiarkan lahan yang telah setengah jadi karena pemadatan lumpur tentu hanya dapat memperburuk lingkungan kawasan pesisir utara Jakarta.

Hanya saja, pemanfaatan daratan itu harusnya tetaplah mengacu dalam rencana tata ruang serta wilayah DKI Jakarta. Rencananya, perluasan area Ancol sebanyak 72% saham perusahaannya dimiliki oleh pemerintah DKI tidak akan masuk ke dalam Perda Tata Ruang yang ada. Secara aturan, daratan yang telah terbentuk tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk memperluas area Ancol.

Anies berpendapat jika tujuan dari perluasan Ancol ini tidak sama dengan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Selain untuk memberikan akses pantai gratis untuk masyarakat, ia juga menyebutkan jika pihaknya tetap akan membangun Museum Rasulullah serta peradaban Islam di area yang akan direklamasi itu. Tetapi Gubernur tetap harus memberikan argumentasi terkait dampak reklamasi pada lingkungan.

Padahal jika kita tilik sebelumnya, Anies di dalam janji politiknya menyebutkan menolak reklamasi. Janji politik itu sekarang sudah ditinggalkannya dengan alasan “sudah terlanjut dibangun”.

Penegasan Ulang

Agar reklamasi Ancol tidak memicu persoalan di hari berikutnya, Anies sebaiknya mencabut keputusan gubernur yang sudah ia berikan. Kemudian, ajukan terlebih dulu rancangan peraturan daerah terkait rencana rinci tata ruang dan wilayah yang juga mengatur perluasan Ancol lengkap dengan usaha untuk menghindari dampak kerusakan lingkungannya. Pembahasan aturan itu juga harus transparan supaya tidak memicu gejolak baru.

Contoh Teks Editorial Tentang Sampah

Pentingnya Membuang Sampah Pada Tempatnya

contoh teks editorial tentang banjir

Tesis

Sejak kecil, masyarakat negara Indonesia kurang peduli dengan lingkungan serta sudah terbiasa dengan membuang sampah sembarangan. Hal tersebut disebabkan, secara tidak langsung setiap orang tua sudah mengajarkan pada anaknya guna membuang sampah sembarangan dengan memperlihatkan perilaku yang mereka terapkan.

Parahnya lagi jika kebiasaan itu telah menjadi sesuatu yang biasa serta menjadi suatu kebiasaan yang dianggap lazim oleh masyarakat Indonesia. Padahal sampah yang mereka buang sembarangan dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir. Sebab sungai akan tersumbat oleh sampah, sehingga aliran air tidak akan mengalir dengan lancar dengan cuaca kemarau yang berkepanjangan.

Argumentasi

Kebiasaan dalam membuang sampah sembarangan tersebut harus segera dihilangkan pada diri masing – masing masyarakat supaya dapat terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman. Kadang kali masyarakat yang tinggal di bantaran sungai akan lebih mudah untuk membuang sampah ke dalam sungai, sehingga membuat mereka malas untuk membuang sampah di tempatnya.

Penegasan Ulang

Masalah lingkungan yang bersih akan sampah adalah tugas setiap orang untuk menjaganya. Masyarakat dapat mengerjakan usaha dalam membayar iuran bersama, sehingga dapat menyediakan tong sampah yang cukup.

Contoh Teks Editorial Tentang Bencana Alam

Bencana Banjir Tahunan di Indonesia

contoh teks editorial tentang bencana alam

Tesis

Bencana banjir menjadi salah satu bencana yang kerap kali melanda di negara Indonesia. Banjir pada umumnya berlangsung pada musim hujan. Namun yang ditanyakan, apakah banjir ini murni dikarenakan adanya curah hujan tinggi atau sebab ulah manusia? Faktanya, mayoritas dari bencana banjir memiliki faktor utama yang disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri.

Argumentasi

Sebagai salah satu contoh yaitu kasus banjir yang kerap melanda wilayah DKI Jakarta. Jakarta mempunyai jumlah penduduk yang padat sehingga memiliki lahan serapan yang sangat sedikit. Tak hanya padatnya jumlah penduduk, masyarakatnya pun sangat teredukasi terkait masalah kesehatan lingkungan.

Banyak dari mereka juga terbiasa dalam membuang sampah sembarangan, seperti membuangnya di sungai. Alhasil, sampah tersebut akan menumpuk dan membuat aliran air menjadi terhambat. Baru pada saat curah hujan tinggi, sungai kemudian meluap dan menyebabkan banjir.

Penegasan Ulang

Tak hanya di kota Jakarta, banjir – banjir yang berada di daerah lain juga dikarenakan oleh faktor yang serupa. Maka dari situlah, perlu sekali adanya kesadaran masyarakat jika mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan kemudian pada saat telah terjadi banjir baru jera dan pada saat musim kemarau diulangi kembali.

Contoh Teks Editorial Tentang Ekonomi

Ganti Beberapa Kursi Kementrian, Ekonomi Ikut Terdampak

Kursi Kementrian, Ekonomi Ikut Terdampak

Tesis

Susunan tim ekonomi di dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau “Jokowi” dalam Kabinet baru beliau nampak kurang maksimal dari yang diperkirakan sehubung dengan adanya tuntutan persaingan yang tengah dihadapi oleh Presiden dari enam partai koalisinya.

Bahkan dengan cara pengangkatan Sri Mulyani Indrawati kembali sebagai menteri keuangan, stabilitas makroekonomi nampak tengah menjadi tema sentral pada tim ekonomi baru. Memang benar stabilitas makro ekonomi bukan hal segalanya. Namun dengan tidak adanya tingkat minimum dari stabilitas makro ekonomi tak ada hal lain pada ekonomi yang akan berlangsung sebab bisnis hampir mustahil dalam membuat perhitungan risiko yang masuk akal.

Banyak yang percaya jika Sri Mulyani yang menjadi manajer fiskal sera dewan gubernur Bank Indonesia waktu ini juga menjadi manajer moneter. Negara Indonesia akan mempunyai manajemen makroekonomi yang kuat serta kohesif. Khususnya di dalam hal menghadapi perlambatan ekonomi global, ketidakpastian serta meningkatnya proteksionisme perdagangan di kawasan Indonesia dan dapat menjangkau dunia.

Argumentasi

Tetapi, bahkan lebih menggembirakan lagi jika Jokowi tak mengalihkan pengelolaan perdagangan luar negeri ke Kementerian Luar Negeri, seperti berbagai spekulasi yang beredar. Beliau juga tak mendirikan kementerian investasi. Beliau mempertahankan Badan Koordinasi Penanaman Modal serta pemimpinnya yang dijadikan sebagai bagian dari kabinetnya.

Presiden tak memposisikan urusan investasi di bawah pengawasan menteri urusan kelautan yang juga nantinya akan mengawasi kementerian dengan tanggung jawab dalam energi serta sumber daya mineral, perikanan, pariwisata serta transportasi. Luhut Pandjaitan pun diangkat kembali menjadi menteri koordinator.

Sebagai menteri koordinator yang mengurus kelautan dalam waktu empat tahun terakhir, Pandjaitan merupakan seorang pensiunan jenderal Angkatan Darat yang juga dikenal dengan sebutan “Bpk. Doer “. Orang kepercayaan Jokowi yang tak masuk akal namun tidak ragu – ragu melibas kekakuan birokrasi guna menyelesaikan sesuatu.

Beralih di dalam catatan negatif, Presiden juga menunjuk Airlangga Hartanto yakni ketua Partai Golkar untuk dijadikan sebagai kepala menteri ekonomi tak mungkin berkontribusi banyak dalam mengkoordinasikan serta mempercepat reformasi struktural ekonomi. Terkecuali jika Jokowi memberikan portofolio ini mandat serta otoritas yang lebih kuat guna memastikan menteri lain dalam menangani ekonomi urusan yang sesuai dengan garis Presiden.

Kurangnya wewenang serta tumpang tindih hukum dan juga peraturan membuat Darmin Nasution yang menjawab sebagai kepala menteri ekonomi sebelumnya, hampir tak memiliki kuasa dalam mengelola menteri lain yang berada di bawah pengawasannya.

Penegasan Ulang

Walaupun menteri lain yang memiliki tanggung jawab di dalam bidang industri, perdagangan, tenaga kerja, perikanan, pertanian, serta perencanaan pembangunan nasional merupakan perwakilan dari berbagai partai koalisi akan memberi mereka keuntungan asal keraguan itu. Banyak yang berpikir Jokowi sudah mengambil pelajaran besar melihat pembentukan Kabinet yang pertama serta sudah memeriksa kepemimpinan anggota, kemampuan, dan juga pengalaman manajerial.

Namun pada akhirnya, aset fundamental asal tim ekonomi merupakan kepercayaan publik pada integritasnya. Membangun berdasarkan aset tersebut akan membuatnya sangat mudah guna menjual reformasi kebijakan ke pasar. Terutama dalam komunitas bisnis. Kurangnya keyakinan dalam tim ekonomi pada kalangan pebisnis akan menimbulkan masalah pada pembuatan kebijakan serta aimplementasi.

Keyakinan publik juga memiliki peran penting untuk para menteri dalam menangani urusan ekonomi guna memperoleh konsensus politik di DPR sebab banyak reformasi yang harus melewati badan legislatif.

Contoh Teks Editorial Tentang Sosial

Pelayanan Rumah Sakit

Pelayanan Rumah Sakit

Tesis

Beberapa waktu sebelumnya, masyarakat memberikan pengaduan terkait pelayanan kesehatan yang ada di negara Indonesia. Dari berbagai banyaknya pengaduan yang telah disampaikan, paling banyak pengaduan ini berhubungan dengan adanya pelayanan dokter untuk melayani pasien.

Argumentasi

Sehubung dengan permasalahan tersebut, pemerintah sebaiknya juga turut semakin mengutamakan dalam bidang kesehatan itu. Salah satu cara yang dapat dikerjakan yakni dengan cara memperbarui dan juga meningkatkan mutu dari semua dokter yang terdapat di Indonesia. Hal itu adalah salah satu wujud supaya pelayanan yang semakin meningkat serta turut memberikan kepuasan untuk seluruh kalangan masyarakat.

Total pengaduan yang telah disampaikan tercatat ada sekitar 268 kasus, dan semuanya dilaporkan ke kementerian kesehatan. Namun, masih banyak sekali laporan yang juga belum diterima. Inti dari pengaduan itu yakni masyarakat kurang puas pada sistem pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

Penegasan Ulang

Sampai waktu sekarang ini masyarakat akan terus berharap supaya dapat memperoleh pelayanan yang meningkat dari rumah sakit yang terdapat di negara Indonesia, hal itu supaya masyarakat akan semakin merasa nyaman.

Contoh Teks Editorial Tentang Korupsi

Korupsi di Indonesia

Korupsi di Indonesia

Tesis

Dari waktu ke waktu muncul sekali banyak hal yang kurang menyenangkan atau bahkan memalukan yang berlangsung di Negara tercinta ini. Mulai dari tindak korupsi, suap, sampai beragam permasalahan yang lainnya. Namun yang membuat permasalahan satu ini semakin marak dibicarakan yaitu sebab para pelaku adalah orang -orang terdidik yang berasal dari lulusan universitas ternama di Indonesia.

Melihat fenomena yang kurang menyenangkan seperti ini atau bahkan miris itu, tampak terdapat hal yang salah pada sistem pendidikan yang berada di negeri ini. Selama ini, pola pendidikan yang telah diberikan lebih menitikberatkan dengan ilmu duniawi saja. Maka benar saja, hal tersebut dapat menciptakan orang pandai akan ilmu namun belum tentu mempunyai etika yang baik.

Argumentasi

Sampai pada akhirnya orang pandai yang justru harus membangun negeri agar menjadi lebih baik palah sebaliknya, ia bersikap korupsi bahkan tidak segan menindas kaum yang lemah. Yang mana harusnya orang pintar itulah yang akan menjadi penolong dan juga memberikan manfaat untuk sesama.

Penegasan Ulang

Hal itu semakin membuat prihatin maraknya orang yang tertangkap basah melakukan tindakan tidak baik, seperti korupsi dan penyuapan. Yang lebih miris, pelaku itu adalah orang yang mempunyai gelar tinggi dan mengaku dirinya alim ulama.

Contoh Teks Editorial Tentang Teknologi

Computer Based Test, Pengembangan Teknologi Pendidikan Yang Ada di Indonesia

contoh teks editorial tentang teknologi

Tesis

Daripada negara maju, negara Indonesia masih kalah di dalam bidang pendidikannya. Maka dari itu, banyak sekali usaha yang sudah dikerjakan oleh pemerintah Indonesia guna meningkatkan serta memajukan mutu kualitas pendidikan.

Salah satu upaya yang sudah dikerjakan yaitu dengan cara meningkatkan pemakaian teknologi di dalam proses pendidikan. Sebab salah satu berkembangnya suatu negara dapat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

Argumentasi

Waktu sekarang ini semakin banyak orang yang tengah membicarakan ujian Nasional berbasis komputer. Sebab hal itu adalah salah satu usaha yang dikerjakan guna memajukan teknologi dalam pengembangan sistem pendidikan sekolah.

CBT atau Computer Based Test adalah tes yang memakai komputer. Hal itu seharusnya telah diadakan di negara Indonesia sejak lama.

Ada banyak sekali manfaat dengan menggunakan sistem Computer Based Test di dalam Ujian Nasional. Contohnya memudahkan siswa untuk mengerjakan soal atau lebih praktis dan juga mengurangi sampah kertas yang kerap kali dipakai untuk mengerjakan ulangan sehari – hari serta biaya untuk kertas itu sendiri.

Tetapi, masih terdapat kendala yang dirasakan yakni kurangnya sarana dan prasarana yang ada di masing – masing sekolah seperti tidak tersedia komputer. Adapun justru pemakain CBT menjadi beban untuk siswa yang belum mengerti cara memakai teknologi atau gaptek.

Penegasan Ulang

Suatu pendidikan di masing – masing negara haruslah mengalami peningkatan, salah satunya yaitu sistem teknologi yang dipakai. Sehingga Indonesia yang menjadi negara berkembang dapat berdiri sejajar dengan negara maju lainnya di dalam dunia pendidikan.

Contoh Teks Editorial Tentang Corona

Langkah Sigap Warga Sragen Menghadapi Pandemik Covid-19

contoh teks editorial tentang corona

Tesis

Permasalahan virus corona atau pandemik covid-19 ini memang semakin massif untuk dibicarakan. Hampir seluruh pelosok daerah mengerjakan usaha penanganan dalam menanggulangi penyebaran virus yang mematikan satu ini. Hal tersebut juga tak ketinggalan dengan daerah Sragen yang turut melakukan langkah sigap untuk menghadapi bencana pandemik satu ini.

Argumentasi

Beragam usaha terus dilakukan, mulai dari menegaskan peraturan isolasi untuk pemudik, penyemprotan desinfektan dengan rutin, sampai memberikan bantuan untuk beragam bentuk. Langkah itu memang dikerjakan oleh hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Akan tetapi berhubungan dengan langkah yang dikerjakan di wilayah Kabupaten Sragen ini dapat dikatakan sangat unik dan berhasil. Pemerintah mengeluarkan peraturan untuk pemudik yang bandel guna melakukan isolasi di rumah atau karantina mandiri akan diberikan sanksi yang berupa dikurung di rumah angker dan juga berhantu.

Penegasan Ulang

Di kota Sragen, terhitung sudah cukup banyak rumah angker yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Pemerintah disana memanfaatkan hal itu sebagai langkah strategis guna menghentikan sikap bandel dari masyarakat yang nekat. Langkah itupun cukup dibilang berhasil. Seluruh pemudik pada akhirnya mematuhi kebijakan isolasi mandiri di rumah.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.