7 Contoh Teks Ceramah Singkat berbagai Tema

Share
Comment 0 reply
7 Contoh Teks Ceramah Singkat berbagai Tema
Loading...

Ceramah merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menyampaikan pesan yang bermanfaat bagi orang banyak dalam berbagai acara tertentu. Teks ceramah singkat dapat dijadikan referensi dalam melakukan ceramah dan tentu isi dari ceramah tersebut bisa bermanfaat dan memberikan solusi bagi banyak orang.

Teks Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Teks Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

 

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan berkah pada hidup kita semua. Shalawat serta salam juga tersampaikan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW sehingga kita semua bisa hidup dengan pedoman dan petunjuk dalam agama Islam sampai saat ini.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Ikhlas menjadi suatu sikap berlepas diri dari amalan yang kita lakukan. Setiap amalan tanpa rasa ikhlas ibarat musafir yang membawa perbekalan seperti pasir. Artinya, bekal tersebut tidak ada gunanya dan hanya memberatkan.

Ikhlas dapat dianalogikan seperti bekerja tanpa meminta upah. Tingginya amalan ini membuat ibadah yang mengharapkan surga belum terhitung sebagai ikhlas karena masih terdapat harapan. Namun, tingkatan itu sudah sangat tinggi dibandingkan beberapa orang awam.

Bukan berarti mengharap surga dan takut neraka merupakan hal yang tidak baik. Imam Ghazali menjelaskan bahwa beramal mengharapkan surga sah-sah saja serta bisa membuat diterimanya suatu amal. Beliau juga menyebutkan, ikhlas merupakan kemurnian niat dari hal yang dapat mengotorinya.

Terdapat banyak bentuk ikhlas dalam kehidupan kita seperti ikhlas dalam bekerja, ikhlas beribadah, ikhlas dalam bersedekah dan lainnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baniyah: “Tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan agama untuk-Nya.”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa seorang Muslim harus ikhlas dalam beragama serta menjalankan ibadah bukan hanya karena membutuhkannya melainkan karena kewajiban dalam melaksanakannya

Kalau kita beribadah karena membutuhkannya, maka kita benar-benar mengerjakannya dengan sepenuh hati. Lain halnya jika beribadah karena kewajiban, kita belum tentu bisa melakukannya dengan sepenuh hati. Maka dari itu, mari refleksikan ibadah kita selama ini.

Sikap ikhlas pastinya penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat mendapatkan musibah. Dengan ikhlas, tentu kita tidak akan mudah mengeluh juga protes kepada Allah SWT. Akhir kata, semoga kita termasuk orang-orang yang diberikan hati yang ikhlas.

Sekian ceramah singkat hari ini semoga bisa memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Baca: Pengertian Dakwah

Teks Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Teks Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena kita semua dapat bersama-sama berkumpul tanpa kekurangan satu hal apa pun. Cuaca hari ini memang mendung, namun diharapkan tidak mengurangi kekhusyukan kita hari ini.

Tantangan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar di masa pandemi ini memang cukup sukar. Kita berusaha menyampaikan materi tanpa bertemu secara fisik. Jaringan internet yang mengganggu, murid yang ketiduran, sering juga terjadi miskomunikasi.

Tapi, percayalah semua pun merasa sulit di masa seperti ini. Tugas kita semua sebagai pengajar hanya mengajar sebisa kita. Seperti yang dikatakan oleh Ki Hadjar Dewantara, “Seorang anak tumbuh dan hidup sesuai dengan kodratnya. Pendidik hanya dapat menuntun dan merawat tumbuhnya kodrat tersebut”.

Kita, sebagai pendidik hanyalah seorang yang menuntun. Murid-murid kita memiliki kemampuan masing-masing untuk bertumbuh dan berkembang. Saya yakin, kebahagiaan guru salah satunya adalah melihat murid bisa berkembang.

Saya setuju dengan kata-kata yang disampaikan Ki Hadjar Dewantara. Indonesia sangat beragam mulai dari kebudayaan, adat dan kebiasaan masyarakat di setiap wilayah. Kita juga tidak bisa memaksakan standar pendidikan yang ada di ibu kota ke daerah-daerah yang belum siap.

Tentunya, setiap daerah pun memiliki potensinya tersendiri. Setiap pengajar yang ada di daerah tidak bisa sembarang dipaksakan dengan sistem yang biasanya kurang berpihak pada kebahagiaan batin juga keselamatan hidup mereka masing-masing.

Sekian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju sesuai dengan apa yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara.

Teks Ceramah Singkat Tentang Covid-19

Teks Ceramah Singkat Tentang Covid-19

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh..

 

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua. Mari kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat serta karunianya, kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan yang sehat walafiat.

Sampai hari ini kita masih berada dalam kondisi wabah Covid-19 sama seperti kemarin-kemarin. Sudah banyak pula korban akibat virus mematikan ini. Tak jarang korban tersebut keluarga kita sendiri, sahabat kita, atasan kita, atau tetangga kita.

Saat ini kita semua mungkin sudah bosan dengan kondisi yang seperti ini, bosan dengan berbagai persoalan pandemi, virus, corona, juga Covid-19. Tapi, senantiasa kita ingat bahwa pandemi Covid-19 hanya dapat berakhir jika kita tetap semangat, tangguh serta taat dengan protokol kesehatan.

Saat kita melihat orang yang ada di sekitar kita yang melanggar protokol kesehatan, maka kita wajib mengingatkan mereka. Jangan sampai kita segan dan takut dalam hal itu. Sebab melanggar protokol kesehatan justru bisa membuat kita akan semakin lama mengalami suasana pandemi.

Seperti yang kita tahu, sudah banyak rekan maupun petugas kesehatan yang merenggut nyawa akibat virus corona ini. Jadi, jangan membuat kepergian mereka sia-sia. Selalu terapkan protokol kesehatan sebaik mungkin agar tidak banyak korban lainnya.

Kita pasti bisa dan mampu untuk keluar dari masa pandemi ini. Tentunya, selama kita bekerjasama dengan baik, tidak meremehkan pandemi dan selalu menerapkan protokol kesehatan dimana pun dan kapan pun.

Akhir kata, sekian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan. Marilah kita kembali bekerja demi kemanusiaan khususnya saat ini. Terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca: Doa Pembuka dan Penutup Acara

Teks Ceramah Singkat Tentang Rendah Hati

Teks Ceramah Singkat Tentang Rendah Hati

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Sejatinya, kita telah mengaku sebagai muslim yang bertaqwa. Maka dari itu hendaknya setiap sikap dan perilaku merupakan cerminan akhlak mukmin. Adapun seorang akhlakul karimah yang beriman adalah mereka yang tidak sombong dan selalu rendah hati atau dalam bahasa Arab disebut Tawadlu.

Sifat tawadlu ini tentunya sangat mulia dan terpuji. Sifat tawadlu merupakan sarana dalam menemukan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Mereka yang selalu rendah hati dalam setiap pergaulan, maka akan selamat. Mereka akan disenangi oleh orang lain dan akan terbebas dari dosa jika selalu beriman.

Advertisement

Hadirin yang dirahmati Allah,

Orang dapat dikatakan memiliki sifat tawadlu dilihat dari tingkah laku serta ucapannya sehari-hari. Mereka selalu menjaga agar tidak sampai menyakiti hati orang lain. Maka dari itu mereka akan berusaha untuk tidak menyombongkan diri.

Lisan mereka selalu tertahan agar jangan sampai mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain. Walaupun mereka mendapatkan hinaan namun tetap memberi maaf dengan tulus dan memaklumi.

Pada hadis Qudsi menerangkan, Allah berfirman, “Sifat besar adalah pakaian-Ku dan sifat agung adalah pakaian-Ku, maka siapa memungut keduanya (sombong) akan dijerumuskan ke neraka dan tidak Kupedulikan.”

Orang yang memiliki sifat tawadlu, baik kepada Allah atau kepada sesama manusia, maka mereka akan merasakan kemuliaan yang datang dari Allah. Nabi SAW. bersabda, “Barangsiapa yang merendahkan hati yaitu bertawadlu, maka akan ditinggikan derajatnya oleh Allah dan sebaliknya.”

Bedakanlah orang yang sombong dengan orang yang rendah hati. Orang yang bersikap sombong meski hanya sedikit dalam hatinya, Allah tidak akan memasukkannya surga.

Rasulullah SAW. telah bersabda, “Tidaklah masuk surga orang yang dalam hatinya ada rasa sombong meskipun hanya sebesar biji bayam.”

Rendah hati merupakan salah satu ciri seorang muslim yang baik. Oleh karena itu dalam pergaulan kita dan terhadap orang-orang, hendaknya kita bersikap ramah juga tidak menyombongkan diri. Menyombongkan diri tidak ada artinya apalagi jika kita hanya mengharapkan pujian saja,

Kesombongan justru akan membuat banyak orang akan muak serta membencinya, sedangkan sifat rendah hati atau tawadlu tentunya akan membuat kita banyak mendapatkan sahabat dan kelak di akhirat pun Allah akan naikan derajat kemuliaan.

Saya akhiri ceramah singkat hari ini. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..

 

Alhamdulillahirabbilalamin, puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita semua rahmat serta rezeki juga kesehatan sehingga kita dapat berkumpul dan menyimak kultum singkat tentang sedekah di hari ini.

Sholawat serta salam juga tak lupa kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW serta kepada keluarga dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Di kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan ceramah singkat mengenai sedekah. Sedekah merupakan suatu bentuk rasa syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita semua. Semakin banyak rezeki yang kita sedekahkan maka akan semakin banyak keutamaan yang kita peroleh.

Anjuran sedekah berlaku untuk setiap umat muslim. Sedekah merupakan bentuk dari kepedulian terhadap orang-orang yang mengalami kesulitan. Perbuatan ini juga termasuk ke dalam wujud rasa syukur atas berbagai rezeki Allah SWT berikan kepada kita semua.

Sedekah dapat menjadikan upaya kita dalam mensucikan hati. Dalam QS. At Taubah ayat 103, Allah SWT berfirman: “Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka”

Selain itu, sedekah juga bisa membuka pintu rezeki, seperti menurut HR. Ahmad dan Tirmidzi:

“Sesungguhnya Abu Dzar bertanya: “Ya Rasulullah, apa itu sedekah?” Beliau menjawab: “sedekah adalah berlipat ganda dan pada sisi Allah terdapat tambahan.”

Kita mendapat banyak keutamaan dalam bersedekah, kita juga dapat menolong orang lain yang membutuhkan atau bahkan kesusahan dan juga mensucikan harta yang kita miliki. Maka dari itu, mulai dari sekarang, marilah kita sama-sama memperbanyak sedekah.

Sekian ceramah singkat hari ini semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Baca: Doa Sehari-hari

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Puji syukur tak lupa kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang tiada hentinya memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua sehingga kita semua dapat berkumpul di sore hari yang cerah ini dalam keadaan sehat dan bahagia.

Shalawat dan salam juga tak lupa kita panjatkan kepada Nabi kita Muhammad SAW yang telah menjauhkan umat muslim dari masa kebodohan dan mengikuti ajaran Islam yang penuh  kemakmuran. Semoga kita semua dapat dipersatukan oleh Nabi kita di surga kelak. Aamiin Ya Allah.

Di kesempatan hari ini, izinkan saya menyampaikan menyampaikan ceramah singkat tentang menjaga diri dari pergaulan bebas. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari apa yang saya sampaikan hari ini.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Pergaulan zaman sekarang ini sudah membuat kita prihatin karena melenceng dari nilai agama dan sosial yang ada pada masyarakat kita. Hingga sekarang, para remaja sudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas, seperti seks bebas, minuman keras, narkoba dan masih banyak lagi.

Akibatnya dari itu semua, banyak dari mereka yang kehilangan masa depannya. Seperti halnya narkoba, Banyak remaja yang terlanjur terjerumus menggunakannya dan akan menjadi kecanduan juga merusak otak. Akibatnya mereka menjadi sakau hingga akhirnya menuju kematian. Nauzubillahmindzalik.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan anak terjerumus pada pergaulan bebas dalam masyarakat, seperti perhatian dari orang tua yang kurang, tidak harmonisnya keluarga, buruknya lingkungan, bisa juga karena memilih teman yang salah.

Keluarga merupakan pihak yang berpengaruh terhadap psikis anak karena akan membangun sikap dan perilaku remaja tersebut. Jika keadaan mereka sedang tidak baik, maka psikis anak juga bisa saja terganggu.

Akibat dari itu, anak akan menjadi pribadi yang kurang kasih sayang, keras kepala saat dinasihati dan tertutup sehingga berupaya mencari perhatian di luar keluarga. Selain itu, lingkungan tempat tinggal juga bisa mengakibatkan pergaulan bebas pada remaja.

Namun jika keadaan di dalam keluarga sudah membaik, tetapi lingkungan sekitar tempat tinggal yang buruk, maka remaja tetap akan mengalami pergaulan bebas.

Hal ini dapat disebabkan oleh tingkat interaksi akan memegang porsi lebih banyak karena mereka akan menemukan banyak orang yang berbeda. Jika memilih teman yang salah juga menjadi penyebab terjerumus ke pergaulan bebas.

Walaupun wajar memiliki teman, namun kita harus tetap waspada karena teman juga dapat membawa pengaruh buruk terhadap kita. Selain dampak positif, mereka juga bisa membawa dan membawa kita ke banyak hal yang negatif.

Cukup sekian ceramah singkat hari ini. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk menjaga diri kita dari pergaulan bebas. Terima kasih sudah mendengarkan dengan baik dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaiannya. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Sholawat

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Sholawat

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

 

Hadirin semua yang dirahmati Allah,

Marilah kita tak lupa untuk memanjatkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita sehingga kita semua dapat diberikan kesempatan untuk hadir mendengarkan ceramah ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Seperti yang kita tahu, banyak sekali manfaat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam ceramah singkat saya ini akan dijelaskan manfaat kita dalam membaca sholawat.

Seseorang yang gemar bersholawat kepada Nabi maka dalam hidupnya akan diutamakan dalam darul abadi saat nanti. Sesuai dengan hadist yang berisi: “Sesungguhnya lebih utama bagiku insan besok pada hari kiamat ialah mereka yang lebih banyak membaca Shalawat kepadaku.“

Manfaat selanjutnya dari bersholawat adalah kita akan diangkat derajatnya sepuluh kali lipat oleh Allah SWT serta akan dihapus keburukannya sepuluh kali lipat pula. Membaca sholawat setiap harinya tentu kita akan mendapatkan kemuliaan dan menjadikan kita orang yang beriman.

Maka bagi umat muslim yang ingin diangkat derajatnya sepuluh kali lipat maka bersholawatlah kepada Nabi Muhammad SAW. Sekian ceramah singkat tentang shalawat ini saya sampaikan. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Nah di atas ini merupakan beberapa teks ceramah singkat yang bisa menjadi referensi dalam menyampaikan ceramah di sekolah, di masjid, di kampus, atau dimana pun. Semoga bermanfaat.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.