Surat Pribadi

8 min read

Surat Pribadi

Pada jaman dahulu teks surat pribadi sering digunakan untuk memberikan suatu kabar ke orang lain seperti teman, sahabat ataupun keluarga.

Hampir semua orang menggunakan surat karena pada zaman dahulu belum adanya era yang lebih canggih dibandingkan dengan sekarang.

Pada zaman sekarang sudah tidak perlu bersusah payah untuk menilis surat lalu pergi ke tukang pos agar bisa terkirim ke orang yang kita tuju.

Karena sekarang sudah ada sosial media yang bisa digunakan untuk saling memberikan kabar dan informasi kepada orang lain.

Walaupun seperti itu tetapi surat masih sering digunakan pada zaman sekarang. Contohnya saja saat membuat surat dinas, surat kuasa, surat lamaran kerja dan surat-surat lainya.

Bahkan ada juga yang sampe sekarang masih menulis surat untuk saudara, kekasih ataupun keluarga.

Karena saat menggunakan surat pada zaman sekarang atau memberi kabar melalui surat maka akan berasa seseorang itu dihargai. 3

Surat juga bisa untuk memberi bentuk rasa empati kepada orang-orang terdekat atau orang-orang tersayang.

Surat juga bisa digunakan atau dikirmkan kepada seseorang yang tinggal didaerah yang belum terakses oleh internet.

Oleh karena itu pada zaman sekarang surat juga bisa membantu memberikan suatu kabar atau informasi yang bisa sampai ke tangan seseorang yang dituju atau ke tangan sang pembaca.

Pengertian Surat Pribadi

Pengertian Teks Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat atau tulisan yang dibuat oleh seseorang kepada orang lain yang bertujuan untuk memberikan kabar atau informasi kepada orang lain.

Teks surat pribadi mempunyai jumlah kata yang tidak terbatas. Dan bisa ditulis sampai beberapa halaman yang kamu butuhkan atau yang kamu suka.

Tetapi surat jenis pribadi mempunyai beberapa hal yang harus ditulis seperti dari alamat yang dituju dan tanggal, kata sapaan, pembukaan, isi dan penutup.

Lalu pada bagian akhir bisa diberi nama pengirim surat dan juga tanda tanganya sekalian. Pada surat pribadi tidak memiliki aturan yang baku seperti surat-surat lainya seperti surat yang resmi.

Walaupun demikian saat menulis surat pribadi harus memakai bahasa yang yang mudah sopan dan mudah untuk dipahami oleh seorang penerima atau pembaca.

Bahasa yang digunakan dalam teks surat pribadi juga harus komunikatif. Surat pribadi merupakan surat yang bersifat privasi atau rahasia yang diketahui oleh dua orang saja.

Pada teks surat pribadi tidak hanya memberikan informasi atau kabar saja. Kadang ada juga yang membuat teks surat pribadi untuk menceritakan isi hati dan perasaannya kepada seseorang.

Tujuan hal tersebut adalah untuk orang yang menerima surat tersebut juga bisa mengerti atau ikut merasakan apa yang dirsakan oleh pengirim surat.

Tetapi pada saat ini surat sudah tidak digunakan seperti hal tersebut karena pada zaman sekarang orang-orang kebanyakan menggunakan media sosial.

Media sosial berguna untuk memberikan suatu informasi atau kabar kepada orang lain dan sudah tidak menggunakan teks surat pribadi.

Ada beberapa alasan untuk dari sebagian besar orang yang sudah tidak memakai surat pribadi. Contohnya saja seperti surat yang sampai kepada orang yang dituju tidak tepat waktu atau sampainya kepada pembaca dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbeda pada zaman sekarang yang menggunakan sosial media untuk mengirimkan suatu kabar atau informasi dalam jangka waktu hitungan detik.

Hal tersebut dikarenakan jarak, semakin jauh jarak yang dituju maka semakin lama juga surat sampai kepada seorang pembaca.

Oleh karena hal tersebut pada zaman sekarang orang-orang lebih banyak menggunakan media sosial.

Seperti WhatsApp, Telegram, Facebook, SMS, SMS dan masih banyak yang lainya untuk memberikan suatu kabar atau informasi.

Dari kebanyakan aplikasi tersebut memang tidak sama dengan surat pribadi. Tetapi sudah sangat membantu untuk memberikan kabar atau informasi dengan cepat dan tidak menunggu dalam jangka waktu yang cukup lama.

Surat pribadi yang ditulis manual dan yang diketik dengan sosial media aplikasi tersebut sebenarnya sama saja. Yaitu sama-sama untuk memberikan suatu informasi atau kabar kepada orang orang lain.

Baca selengkapnya tentang Contoh Surat Resign yang pernah kami bahas secara lengkap di Yuksinau

Ciri Ciri Surat Pribadi

Ciri-Ciri Teks Surat Pribadi

Agar bisa memahami apa itu teks surat pribadi mengerti tentang ciri-ciri surat pribadi juga penting.

Pada umumnya ada beberapa dari ciri-ciri surat teks pribadi yang wajib untuk diketahui saat akan membuat teks surat pribadi.

Ciri ciri surat pribadi:

  1. Pada umumnya menggunakan bentuk kata sapaan pada dalam surat tersebut. Kata sapaan pada surat pribadi biasanya berbentuk rahasia atau privasi. Pada umumnya kata sapaan diletakan pada surat bagian atas.
  2. Selanjutnya yaitu bahsa yang digunakan dalam teks surat pribadi tidak formal atau terlalu resmi. Bahkan kebanyakan menggunakan bahasa yang digunakan dalam sehari-hari. Tetapi bahasa yang digunakan harus sopan, snatundan juga mudah dimengerti oleh sang pembaca.
  3. Sering menggunakan berbagai jenis bahasa di dalam tulisannya. Hal tersebut juga harus disesuaikan dengan penerima dari surat tersebut.
  4. Walaupun berbentuk surat tetapi menggunakan kata sapaan yang sama seperti bertemu secara langsung dengan penerima surat tersebut.
  5. Pada umumnya sang penulis surat akan memakai kata ganti dari orang kedua. Begitu juga sebaliknya dari sang pembaca surat juga menggunakan kata ganti dari orang kedua.
  6. Dalam salam pembuka, isi dan juga penutupnya baiknya tidak memakai bahasa yang terlalu formal. Atau juga tidak menggunakan bahasa yang terlalu resmi
  7. Memiliki format yang bebasdan tidak terikat. Segala hal dari isi surat tersebut tergantung dari minat dan keinginan penulisnya.
  8. Pada bagian dari surat tidak memiliki nomor surat atau kop seperti surat resmi yang lainnya.
  9. Pada bagian isi surat biasanya ditulis karena membutuhkan suatu komunikasi dalam surat tersebut dengan orang-orang yang dekat tetapi dengan jarak yang saling berjauhan.

Tujuan Surat Pribadi

Tujuan Teks Surat Pribadi

Tujuan dari teks surat pribadi tersebut tidaklah sedikit. Oleh karen aitu tujuanya juga ditentukan oleh tujuan dan niat dari sang penulis yang bersangkutan.

Sebagian besar orang membuat teks surat pribadi yaitu untuk memberikan suatu kabar atau informasi dari penulis ke pembaca surat.

Bisa saja kedua orang tersebut adalah satu keluarga, teman, sahabat atau juga kekasih dan lain sebagainya.

Dibuatnya surat tersebut karena kedua orang tersebut tidak berada pada satu tempat yang dekat dan juga membutuhkan suatu komunikasi.

Karena kedua orang tersebut sudah lama tidak bertemu atau apada satu tempat yang sama.

Selain hal tersebut surat pribadi juga bisa memberikan atau menunjukan suatu ekspresi dari penulis surat ke pembaca surat.

Perasaan yang dimaksud merupakan persaan adri berbagai kondisi baik itu sedih, senang, bahagia, bangga, terharu dan masih banyak yang lainnya.

Kebanyakan dari sang pembuat teks surat pribadi dengan tujuan tersebut adalah perempuan.

Struktur Surat Pribadi

Bagian-Bagian Teks Surat Pribadi

Di atas sudah dijelaskan bahwa teks surat pribadi tidak mempunyai standar resmi atau acuan didalam pembuatanya. Dalam penulisan surat pribadi bebas akan menulis apa sesuka dengan sang penulis.

Tetapi dalam teks surat pribadi juga harus memperhatikan beberapa bagian penting hal tersebut bertujuan untuk menghundari beberapa kesalahan.

Oleh karena itu kamu akan menjerlaskan secara lengkap tentang bagian-bagian dari surat pribadi yang wajib diketahui.

Struktur surat pribadi:

  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
  2. Alamat Penerima
  3. Mencantumkan Kata Sapaan
  4. Paragraf Pembuka
  5. Bagian Isi Surat
  6. Bagian Penutup
  7. Nama Penulis dan Tanda Tangan

Penjelasannya:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat merupakan bagian dari surat pribadi yang sangat penting karena sama dengan beberapa surat lainnya yang ditemui.

Hal tersebut sangat penting karena tidak boleh dilewatkan untuk bagian tempaty dan tanggal pembuatan surat walaupun yang dibuat adalah surat pribadi.

Tempat dari penulisan tempat dan tanggal tersebut pada umumnnya terletak pada bagian sebelah atas kanan atau kiri surat.

Pada bagian bulanya lebih baik ditulis dengan huruf kapital. Pada bagian dari pemisah tempat dan tanggal biasanya menggunakan tanda komadan diakhiri dengan tanda titik.

Saat surat tersebut dibuat dengan cara diketik lebih baik tempat dan tanggal tulisan dicetak tebal.

Contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Semarang, 14 Februari 2019.
  • Semarang, 14-02-2019.
  • Semarang, 14/02/2019

2. Alamat Penerima

Selain dari tempat dan tanggal pembuatan surat sang penulis surat juga harus menyertakan alamat untuk penerimaseperti yang ada pada surat resmi pada umumnya.

Pada bagian tersebut juga harus menulis juga sang penerima surat tersebut, dalam hal tersebut biasanya diawali dengan menulis namanya terlebih dahulu.

Disamping hal tersebut juga kata sapaan penting untuk dicantumkan didalam surat tersebut. Sebagai contoh dari kata sapaan tersebut adalah seperti temanku, sahabatku,kekasihku dan masih banyak yang lainnya.

Selanjutnya adlah menulis nama kota surat pribadi. Penulis tidak harus menuliskan nama asli dari kota tersebut bisa saja dengan menggunakan julukan dari kota tersebut.

Contohnya saja yogyakarta kota pelajar, Malang kota pelajar, Dieng negeri atas awan.

Berikut dari contoh penulisan alamat pada jenis surat pribadi.

Kepada Sahabatku Terbaikku, Daniel saputra

Di Bandung

Untuk Teman Terbaikku,

Di Aceh

Dari beberapa contoh tersebut kamu bisa memberikan beberapa kreasi atau variasi sesuai dengan minat masing-masing.

Yang paling penting alamatnya dan juga bahasanya juga haris jelas dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

3. Mencantumkan Kata Sapaan

Bagian penting yang tidak boleh terlewatkan sleanjutnya adalah mencantumkan kata sapaan. Sifat dari kata sapaan ini tidak resmi atau non-formal.

Sang penulis dan pembaca surat bisa menggunakan bahasa yang pada umumnya digunakan dalam waktu sehari-hari.

Tujuan dari penggunaan kata sapaan tersebut adalah untuk mempererat suatu hubungan dari sang penulis dan juga pembaca surat.

Walaupun menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam sehari-hari tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar tidak melukai atau menyinggung sang pembaca surta.

Kami akan memberikan beberapa contoh dari penulisan sapaan surat pribadi yang bisa dijadikan sebagai referensi atau rujukan saat anda ingin membuat teks surat pribadi:

  • Assalamuallaikum
  • Halo temanku
  • Salam kangen
  • Salam manis
  • Hay cantik
  • Kakaku yang baik
  • Dan masih banyak lainnya

4. Paragraf Pembuka

Pada bagian paragraf pembuka dalam surat pribadi masih sama dengan surat-surat pada umumnya, yaitu menggunakan paragraf pembuka.

Tetapi penting juga bahwa dari penulisan pembuka surat tersebut berbeda dengan paragraf pembuka surat lainnya. P

ada umumnya pada bagian pembuka biasanya meluapkan isi hati baik itu meluapkan suatu kerinduan atau ungkapan atau yang lainnya.

Didalam penulisan pembukan tidak diwajibkan untuk menggunakan bahasa yang formal. Sang openulis bisa menggunkan bahasa yang dipakai sehari-hari agar terkesan lebih santai.

Sang penulis biasanya juga memasukan kalimat basa-basi pada bagian pembuka agar terlihat lebih akrab karena sudah lama tidak saling menyapa.

Tentu saja sang penerima surat atau sang pembaca juga akan merasa semakin dekat dengan sang pengirim surat walaupun sudah lama tidak bertemu.

5. Bagian Isi Surat

Dari beberapa bagian yang sudah dijelaskan selanjutnya adalahinti atau isi dari surat pribadi. pokok dari dibuatnya surat pribadi adalah pada bagian ini.

Pada umumnya yang dituliskan pada bagian tersebut adalahg maksud atau tujuan dari dibuatnya surat pribadi tersebut.

Contohnya saja seperti mengungkapkan rasa yang ada didalam hatinya atau bisa saja unek-unek yang sedang terjadi pada sang penulis surat.

Bisa juga dengan menyertakan rasa kangen yang sedang dirasa atau meberikan kabar baik atau kabar buruk dan masih banyak lainnya.

Selain hal tersebut sang penulis juga bisa mengisi bagian surat pribadi dengan pengalam yang berkesan atau penting yang dilaluinya baik itu bahagia ataupun sedih.

Pada penulisan bagian isi surat juga tidak harus terlalu formal.

Tulis saja dengan bahasa yang sopan dan mudah untuk dimengerti sang pembaca surat dan usahakan tidak berbelit-belit agar sang pembaca tidak kesulitan untuk memahami isi surat tersebut.

6. Bagian Penutup

Bagian selanjutnya yang tidak boleh untuk terlewatkan adalah bagian penutup. Pada umumnya yang ditulis dalam bagian penutup adalah mengatakan permohonan maaf kepada sang pembaca surat.

Selain hal tersebut juga bisa untuk memberikan berbagai ucapan terima kasih dan harapan agar lebih akrab. Dalam bagian penutupp surat sebaiknya ditulis jangan terlalu banyak.

Penulisan penutup yang baik yaitu sekitar 2-3 kalimat saja dan mudah untuk dipahami. Saat menulis bagian penutup dengan cara yang bertele-tele maka akan merusak kerapian dari teks surat pribadi.

7. Nama Penulis dan Tanda Tangan

Pada bagian akhir dari tejks surat pribadi yaitu menulisakan nama terang dan tanda tangan si penulis atau si pengirim. Bagian tersebut biasanya di tulisakn pada bagian bawah pojok kanan atau kiri dari surat.

Nama dan juga tanda tangan yang dicantumkan biasanya ditulis dengan cara singkat dan jelas.

Dan jangan lupa juga dengan memberikan tanda tangan pada bagian bagian tersebut karena kebanyakan lupa untuk memberikan tanda tangan.

Walaupun itu surat pribadi yang termasuk bukan surat resmi atau formal tetapi sangat penting untuk memberikan tanda tangan.

Selain kelengkapan dari surat tersebut tanda tangan juga berfungsi untuk menyakinkan kepada sang pembaca surat kalau surat tersebut benar-benar dari sang penulis.

Beberapa dari bagian yang harus ada dalam surat pribadi tersebut harus benar-benar untuk dipahami satu sama yang lainnya.

Jangan sampai ada yang tidak ditulis atau terlewatkan dalam surat tersebut atau memberikan efek yang kurang enak untuk dibaca atau kurang sempurna.

Contoh Surat Pribadi

Kami akan memberikan beberapa contoh agar kamu tidak bingung dengan penjelasan yang sudah kami berikan diatas.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Bandung, 24 Maret 2019

Kepada Sahabat terbaikku

Di Sulawesi

Assalamuallaikum

Hay Tik, syukur Alhamdulillah sekarang saya dalam keadaan yang sehat wal alfiat tanpa suatu halangan apapun.

Saya juga sangat berharap dan bersyukur kepada Allah SWT karena kabar kamu disana baik-baik saja. Sudah lama kita tidak berjumpa, saya sudah tidak sabar untuk kembali bertemu dengan dirimu seperti biasa yag sekedar bercerita tentang pengalaman kita berdua.

Pasti kamu sekarang sudah tambah manis dan cantik ya.

Oh iya tentang kehidupanku sekarang saya sangat senang tinggal ditempat ini walaupun pada awalnya selalu susah untuk beradaptasi. maklumlah karena udara yang ada di kota itu sangat panas.

saya sangat merindukan dirimu tika. Rindu dengan keseharian kita yang dulu didesa. Tak lupa juga rindu dengan teman-teman yang berada didesa sana.

Kebetulan ada baik yang bisa saya sampaikan kepadamu. Sekarang Saya sudah diterima di UGM jurusan Agama Islam.

Saya berhasil dengan bersaing ribuan pendaftar lainnya. Aku belajar siang malah tanpa henti dan akhirnya bisa diterima di Universitas Gajah Mada yang dulu pernah kamu bilang bahwa salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

Tik, kamu juga harus rajin belajar agarjalan hidupmu diberi dengan kemudahan. Jangan lupa juga untuk Sholat dan juga berdoa agar semua yang kamu inginkan dan cita-citakan bisa terkabul.

Dan yakinlah bahwa diriku selalu mendoakanmu dari sini walaupun tidak berada disampingmu. Saya akan selalu menunggu dan kamu juga harus semangat ya.

Saya kira sudah cukup untuk kali ini harapan dan kabar dariku. Semoga sehat dan sukses selalu dalam lindungan Allah.

Wassalamuallaikum

Sahabat baikmu

ttd

Fitri

2. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Surabaya, 25 Mei 2019

Untuk kakak tersayang Nia

Di Bandung

Assalamuallikum

halo kakak, bagaimana kabaarnya? tetntu saja baik-baik semuanya. Semoga saja kakaku tersayang ini tidak ada kekuarangan suatu apapun dan disini aku juga kabarnya baik-baik saja seperti yang sudah diharapkan oleh kakak.

Sudah 5 tahun lebih aku dan kakak tidak bertemu dari sini aku sangat merindukan dirimu.

Aku sangat paham bahwa kakak sangan sibuk sekali dengan pekerjaannya dan diriku juga disibukan dengan tugas-tugas kuliah yang tiada hentinya dan pada bulan ini aku sedang mengerjakan skripsi.

Doakan ya kakak semoga saja bisa lulus dengan nilai yang baik agar aku bisa berlibur dan pergi ke Bandung.

Bapak dan Ibu dan adik-adikmu yang lain titip salam untuk kakak. Salam dan rindu semoga selalu sehat disana. Jangan lupa memberikan kabar kalau ada masalah disana karena ada kedua orang tuamu disi yang selalu mengkhawatirkanmu.

Bapak dan Ibu juga juga sangan merindukan cucunya yang berada di Bandung. Dan saat aku berlibur ke Malang Kakak harus mengajaku pergi jalan-jalan. Sampai jumpa di waktu liburan nanti.

Wassalamualaikum

Salam Rindu

Adikmu

Erna

Sekian penjelasan lengkap tentang teks surat pribadi yang sudah kami jelaskan secara lengkap di atas. Semoga bisa menambah ilmu dan bisa dijadikan untuk referensi untuk kamu.

Teks Pidato

Luqi Afika
4 min read

Contoh Teks Eksposisi

Ahmad
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *