Senam Ketangkasan

4 min read

Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan adalah senam yang pada prakteknya bisa menggunakan alat juga bisa tidak menggunakan alat.

Senam sendiri merupakan bentuk latihan fisik yang mempunyai tujuan untuk menambah daya tahan tubuh atau untuk menjaga tubuh.

Koordinasi tubuh, kelenturan tubuh dan juga untuk membentuk tubuh agar menjadi bentuk yang ideal dan memelihara kesehatan tubuh.

Senam Ketangkasan atau yang disebut dengan senam artistik karena bentuk-bentuk dari senam tersebut mempunyai aturan yang sesuai.

Senam ketangkasan tersebut juga juga dipertandingkan seperti olahraga yang lainya.

Hal yang dinilai dari senam ketangksan adalah saat melakukan gerakan, ketepatan, keindahan dan juga keseimbangan saat sikap akhir.

Senam ketangkasan bisa dilakukan dengan cara menggunakan beberapa metode. Seperti metode palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, kuda pelana dan gelang-gelang.

Gerakan dari senam ketangkasan yaitu seperti gerakan keharmonisan, gerakan keseimbangan, gerankan kelenturan dan keluesan, gerakan keindahan dan juga gerkan kelincahan.

Manfaat Senam Ketangkasan

1. Kebugaran Tubuh

Kebugaran tubuh pasti akan didapatkan saat setelah melakukan senam ketangkasan karena membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Saat tubuh bugar tubuh semakin segar dan tidak lemah dan lesu penampilanpun akan menjadi bagus. Saat seam ketangkasan dilakukan secara rutin maka otot yang ada ditubuh akan terbentuk dan semakin kencang.

Baca selengkapnya tentang Senam Lantai

2. Otot Menjadi Kencang

Otot menjadi kencang jika melakukan senam ketangkasan secara rutin dan tidak hanya dilakukan hanya sekali atau dua kali saja.

Senam ketangkasan bisa membentuk otot seperti melakukanya 3 kali dalam satu minggu atau lebih.

3. Menjadikan Tubuh Indah

Jika kamu sering melakukan senam maka tubuh akan menjadi ideal. Karena senam ketangkasan banyak memiliki suatu gerakan yang bisa untuk membakar lemak yang ada didalam tubuh.

Dalam senam ketangkasan bisa menggunakan alat untuk membantu membakar lemak dan juga bisa saja tidak menggunakan alat.

4. Tubuh Sehat

Saat kerigat keluar pada waktu olahraga tubuh juga mengalami peningkatan daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Dan kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik dengan cara olah raga secara rutin.

Dalam senam ketangkasan tersebut pada awal kita berlatih harus didampingi oleh pelatih yang berpengalam. Hal tersebut bertujuan untuk ada yang mengamati gerakannya sudah benar atau belum dan juga bisa untuk melatih.

Saat sudah benar melakukan senam ketangkasan maka sudah bisa melakukanya sendiri tanpa pelatih atau bantuan dari orang lain.

Senam Ketangkasan Tanpa Alat

1. Guling Depan

Guling Depan

Guling ke depan atau yang disebut dengan forward roll. Guling ke depan merupakan gerakan berguling dengan berbagai tahap yaitu dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang untuk gerakan akhirnya.

Cara guling yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Pada awalnya mengambil posisi jongkok, rapatkan kedua kaki, dan tangan diposisikan sejajar dengan bahu.
  2. kedua telapak tangan diletakan pada matras dengan ukuran selebar bahu.
  3. Siku dutekuk ke samping dan kepala dimasukan antara kedua tangan. Lalu tempelkan tengkuk ke matras lalu berguling ke depan untuk mendorong berat badan secara perlahan ke arah depan.
  4. Setelah itu kedua lutut dilipat, lutut dan dagu ditarik ke arah dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
  5. Posisi terakhir yaitu jongkok dengan posisi kaki rapat, dan gerakan akhir tersebut harus seimbang agar tidak roboh.

2. Guling ke Belakang

Guling ke Belakang

Guling ke belakang atau yang disebut denganback roll. Back roll merupakan gerakan yang mempunyai urutanya sendiri yang dimulai dari pinggul, pinggang belakang, punggung, kepala bagian belakang dan kaki sebagai bagian terakhir.

  1. Sikap awal dari back roll adalah mengambil posisi jongkok dengan posisi matras dibelakang, posisi lengan lurus ke depan.
  2. Badan dijatukan dengan cara menarik dagu ke dada lalu bengkokan lengan dan atur telapak tangan dengan posisi ke atas, Letakan ibu jari pada dekat telinga.
  3. Tolakan tangan sampai lurus dengan pantat hingga melewati titik tertinggi waktu menggulingkan badan ke belakang. PEndaratan dilakukan dengan cara kaki dan langan dilepaskan dari matras, pandangan tetap fokus ke depan dan tetap menjaga keseimbangan.

3. Meroda

Meroda

Meroda merupakan gerakan berguling ke samping yang sama seperti roda. Meroda pernah diajarkan waktu sekolah, gerakan meroda bisa dilakukan dengan tangan dan kaki secara bergantian.

Gerakan meroda yang benar yaitu dengan cara:

  • Pada awal sikap mengambil posisi berdiri dengan tegak di atas matras lalu kak dibuka selebar bahu dan tangan diangkat ke atas.
  • gerakan selanjutnya adalah gerakan ke samping kanan caranya yaitu tangan kanan diliukan atau ditempelkan ke matras sebagai tumpuan yang berada di samping kanan.
  • Kaki kiri diangkat bersama dengan meletakan tangan sebelah kiri disamping tangan kanan lalu posisi kaki berada di atas.
  • Lalu yang terakhir tangan kanan diangkatdan tangan kiri menyentuh matras sampai tubuh kembali berdiri dengan tegak.

Senam Ketangkasan Menggunakan Alat

Berikut merupakan beberapa dari senam ketangkasan yang menggunakan bantuan alat.

1. Lompat Jongkok

Lompat Jongkok

Lompat jongkok mempunyai manfaat menambah kekuatan, ketangkasan, keberanian, ketangkasan, kelincahan dan juga konsentrasi.

Untuk melakukan gerakan locat jongkok yaitu sebagai berikut:

  • Mengambil posisi berdiri lalu berlari dengan cepat. Condongkan bagian badan ke depan, lalu lakukan tolakan pada kedua kaki saat pada papan tolak dan ayunkan lengan ke atas.
  • Gerakan tangan menumpu pada pangkal kuda-kudadan pandangan fokus ke depan yang dekat dengan kedua tangan.
  • Tolakan dilakukan dengan menggunakan kedua tangan dengan kuat dan lutut ditekuk ke arah dada, bagian tungkai diluruskan saat posisi berada diujung kuda-kuda.
  • Pendaratan dilakukan menggunakan ujung kaki dan kedua tangan direntangkan ke atas.

2. Lompat Kangkang

Lompat Kangkang

Lompat kangkang mempunyai manfaat seperti lompat jongkok, Lompat kangkang merupakan gerakan seperti meloncat untuk melewati rintangan.

Saat badan melayang di udara maka kuda-kuda pada tangan direntangakan.

Lompat kangkang mempunyai berbagai gerakan dan tahapan sebagai berikut:

  • Posisi berdiri lalu berlari dengan cepat lalu condongkan badan ke depan dan lakukan gerakan menolak dengan kedua kaki pada papan sekuat yang anda bisa.
  • Bisa juga disertai dengan gerakan ayunan ke belakang bawah ke depan, selanjutnya luruskan badan pisahkan tungkai.
  • Saat tangan menyentuh pangkal kuda dan lakukan gerakan tolakan sekuat-kuaatnya maka badan akan melayang diatas kuda-kuda dengan sikap yang lurus. Lalu rentangkan tangan dan pandangan tetap konsentrasi menghadap ke depan.
  • Pendaratan dilakukan dengan cara menggunakan ujung kaki mengerper dan kedua tangan direntangkan ke atas.

Alat Senam Ketangkasan

Beberapa alat bisa digunakan untuk senam ketangkasan. Alat-alat senam ketangkasan mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Contoh alat-alat senam ketangkasan yaitu:

1. Floor Exercise (Lantai)

Floor Exercise (Lantai)

Lantai memang sangat dibutuhkan dalam senam ketangkasan karena setiap gerakan senam dilakukan dilantai.

Lantai yang dipakai untuk senam ketangkasan merupakan bukan lantai biasa tetapi sudah menjadi standar yang berlaku. Ukuran dari lantai senam ketangkasan sekitar 12 meter x 12 meter.
Lantai yang tidak licin yang digunakan untuk senam ketangkasan agar kamu tidaj cidera saat melakukan senam.

2. Matras

Matras

Dalam beberapa senam ketangkasan membutuhkan matras untuk melakukan gerakannya.

Sebenarnya kebanya dari senam sudah pasti memakai matras untuk alasnya.

Matras yang digunakan yaitu matras yang empuk dan tidak licin agar mengurangi resiko dari cidera saat senam.

Matras banyak yang menjual seperti di toko olahraga dan harganya yang cukup terjangkau dantergantung dengan bahanya.

Dalam senam lantai sudah harus memakai matras sebagai alasnya.

3. Kuda-Kuda Pelana

Kuda-Kuda Pelana

Kuda pelana memang sering digunaan dalam senam ketangkasan dan bentuk dari kuda pelana ini mirip seperti punggung kuda yang memanjang seperti tempat duduk.

Latihan menggunakan alat tersebut yaitu dengan melompat dampai ujung tanpa mengenai dudukan alat kuda pelana tersebut. Gerakan yang digunakan yaitu flank, double circle dan thomas fair.

4. Gelang-Gelang

Senam Ketangkasan Gelang-Gelang

Gelang-gelang merupakan alat yang bentuknya dua lingkaran dan bentuknya seperti gelang besar yang digunakan dalam senam ketangkasan.

Atlet menggantung pada gelang tersebut yang sudah dihubungkan oleh kedua tali, dan atlit melakukan gerakan bertumpu dan mengayun.

Selain gerakan tersebut atlit juga bisa naik turun untuk memperkuat oto tanganya.

Tinggi dari gelang tersebut yaitu 2.8 sampai 3 meter, gelang tersebut memiliki diameter 18 cm dan jarak antara gelang-gelang tersebut adalah 50 cm

5. Palang Sejajar

Senam Ketangkasan Palang Sejajar

Palang sejajar memiliki panjang sekitar 330 cm dan tinggi 175 cm dan lebar palangnya sekitar 40-50 cm.

Palang sejajar sering dipakai dalam senam ketangkasan dan alat tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhanya.

Kebanyakan gerakan yang digunakan menggunakan alat tersebut seperti mengayunkan bagian lengan, bahu dan tangan saja yang boleh digunakan. Dan tidak boleh memakai gerakan badan yang lainya.

Palangnya pun ada palang yang tinggi dan palang yang rendah. Bisa melakukan gerakan front dosmount, rear dimount, shoulder stand, straddle travel dan lainya.

6. Palang Tunggal

Senam Ketangkasan Palang Tunggal

Palang sejajar sering digunakan dalam gerakan seperti menantang dan antraktif. Dengan satu palang ynag sudah diatur ketinggianya.

Digunakan dalam turnamen dunia dan gerakanya yang sangat rumit seperti gferakan pull over, back hip circle, run under single dan front hip circle, back mill, single knee mount dan masih banyak yang lainya.

Gerakan dari palang tunggal lebih rumit dari pada palang sejajar.

7. Kuda-kuda Lompat

Senam Ketangkasan Kuda-kuda Lompat

Alat tersebut mempunyai bentuk yang sedikit berbeda dengan kuda pelana. Panjang dari kuda-kuda lompat adalah 1.2 meter dan tinggi 1.35 meter.

Kuda-kuda lompat mempunyai tinggi yang lebih rendah dan sering digunakan dalam gerakan lompat jongkok, lompat berdiridan masih banyak lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *