Pidato Singkat tentang Kebersihan yang Mudah Dihafal

Share
Comment 0 reply
Pidato Singkat tentang Kebersihan yang Mudah Dihafal
Loading...

Berpidato di depan umum bukanlah perkara yang mudah, karena diperlukan persiapan yang matang agar pesan yang ingin disampaikan bisa dimengerti oleh audiens. Termasuk jika kamu mendapatkan tugas untuk menyampaikan pidato singkat tentang kebersihan di sekolah.

Pidato tentang kebersihan memang sering disampaikan dalam acara-acara resmi, salah satunya berupa himbauan untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Buat kamu yang ingin lancar berpidato, berikut ini adalah beberapa contoh pidato singkat yang bisa dijadikan referensi.

Pidato Singkat tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah SMP

Pidato Singkat tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah SMP

Pidato merupakan sebuah pengungkapan pikiran yang disampaikan dalam bentuk kata-kata. Penyampaian ini ditujukan kepada khalayak sehingga kalimat yang diucapkan harus lugas dan mudah dimengerti agar pesan yang ingin disampaikan diterima dengan baik.

Tentunya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pidato di depan banyak orang. Diantaranya adalah memperhatikan pembukaan pidato, isi serta penutup dengan penyampaian yang sistematis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh pidato singkat tentang kebersihan lingkungan sekolah di SMP yang bisa kamu pelajari:

Pembuka

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Nasional, Bapak Ibu Guru beserta Staf Tata Usaha, serta teman-teman semua yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia-Nya, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih bisa berkumpul dalam keadaan sehat tanpa kendala yang berarti.

Isi

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang kebersihan, terutama di lingkungan sekolah kita yang tercinta ini. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kebersihan merupakan hal yang sangat penting, baik untuk diri kita secara pribadi maupun lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, sebagai warga SMP Nasional yang mencintai kebersihan, sudah sepatutnya jika kita selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan sekolah. Salah satunya adalah dengan membuang sampah di tempatnya.

Kita juga harus giat dalam menerapkan piket kelas sehingga kebersihan di kelas tetap terjaga dengan baik. Kegiatan piket tersebut juga diharapkan bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan di kelas masing-masing.

Selain itu, kita juga harus rajin mencuci tangan agar terhindar dari resiko penyakit seperti halnya Covid-19. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, maka hal itu akan membuat kita semakin nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Penutup

Sekali lagi saya menghimbau kepada seluruh warga sekolah di SMP Nasional untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah demi mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada hari ini, jika ada kekurangannya saya mohon maaf. Dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca: Teks Pidato

Pidato Singkat tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah SD

Pidato Singkat tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah SD

Berikut ini adalah contoh pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah di SD yang bisa dijadikan referensi:

Pembuka

Advertisement

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru, dan semua teman-teman yang hadir di tempat ini.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah melimpahkan kasih sayang dan rahmat-Nya sehingga kita masih bisa berkumpul hari ini dalam keadaan sehat, tidak kurang suatu apapun.

Isi

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema kebersihan lingkungan yang tentunya memiliki arti sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena lingkungan yang bersih akan menciptakan kenyamanan dan berdampak pada kesehatan.

Jika kita amati, sering kali terlihat tumpukan sampah yang berserakan sehingga harus ditangani dengan segera. Karena sampah yang menumpuk bukan hanya tidak enak dipandang, tetapi juga bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap hingga menjadi sarang penyakit.

Oleh karena itu, demi menjaga lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman, marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan secara konsisten dan berkesinambungan. Mulai dari membuang sampah di tempatnya, membersihkan ruang kelas, hingga halaman sekolah dan lingkungan sekitar.

Dengan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, tentunya akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi warga sekolah. Sehingga kegiatan belajar mengajar bisa semakin optimal dan siswa pun bisa lebih berprestasi.

Penutup

Demikianlah pidato yang saya sampaikan hari ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua. Sekali lagi, marilah kita jaga kebersihan diri dan sekolah kita demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat untuk kenyamanan bersama.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan. Dan jika ada perkataan yang kurang berkenan mohon untuk dimaafkan. Sekian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca: Contoh Teks Pidato

Pidato Singkat tentang Kebersihan yang Mudah Dihafal

Pidato Singkat tentang Kebersihan yang Mudah Dihafal 2

Selain dua contoh pidato di atas, kamu juga perlu mempelajari pidato singkat yang mudah dihafal seperti berikut ini.

Pembuka

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat, Ibu Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru sekalian, serta teman-teman semua yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah melimpahkan karunia-Nya sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul pada pagi yang cerah ini.

Isi

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan sehingga, saya bisa berdiri di hadapan para hadirin semua untuk menyampaikan pidato singkat tentang kebersihan.

Hadirin sekalian,

Berbicara tentang kebersihan, semua orang pasti menginginkan berada di lingkungan yang bersih. Karena selain sedap dipandang, lingkungan yang bersih juga nyaman untuk beraktivitas. Termasuk dalam hal ini kebersihan di lingkungan sekolah.

Pada dasarnya kebersihan bisa dimulai dari diri kita sendiri. Yaitu dengan menjaga kebersihan diri, mulai dari menggunakan pakaian yang bersih, memotong kuku, hingga rajin mencuci tangan. Selain itu, kebersihan juga bisa terwujud jika kita memiliki kesadaran untuk membuang sampah di tempatnya.

Menjaga kebersihan mulai dari hal-hal yang kecil akan membuat kita memiliki kesadaran yang besar untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar kita. Baik di lingkungan rumah, di lingkungan sekolah dan di mana kita berada.

Oleh karena itu sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih, maka akan terwujud pula lingkungan yang sehat dan nyaman.

Penutup

Sekali lagi, marilah kita bersama-sama saling bahu membahu untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Karena menjaga kebersihan bisa menjadi cerminan pribadi kita.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada pagi ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Selebihnya jika ada perkataan yang kurang berkenan, saya mohon untuk dimaafkan. Sekian, terimakasih.

Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bagi kamu yang sedang mendapatkan tugas untuk berpidato, contoh pidato singkat tentang kebersihan di atas bisa dijadikan referensi. Kamu bisa menyusun pidato menggunakan bahasamu sendiri, namun pastikan di dalamnya terdapat teks pembuka, isi serta penutup dengan kalimat yang jelas dan lugas.

ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.