Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah 2019/2020

5 min read

Setelah sebelumnya membahas mengenai Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi untuk Siswa, kini saatnya kami berikan informasi pelengkapnya yang berjudul Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah 2019/2020.

Artikel kali ini dikhusukan bagi sekolah yang akan memberikan rekomendasi pendaftaran Bidikmisi. Serta bagi siswa yang akan direkomendasikan untuk memperoleh Bidikmisi.

Untuk informasi selengkapnya, simak artikel ini sampai selesai ya.

Bidikmisi

login bidikmisi 2019

Sudah taukah kamu apa itu Bidikmisi?

Bidikmisi ini merupakan bantuan biaya hidup dan juga biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki potensi akademik yang unggul.

Dan jangan salah lho ya, Bidikmisi itu tidak sama dengan Beasiswa, mengapa?

Sebab, Bidikmisi merupakan bantuan untuk biaya pendidikan, berbeda halnya dengan beasiswa.

Karena beasiswa hanya berfokus untuk memberikan penghargaan atau dukungan dana kepada mereka yang berprestasi.

Sementara bidikmisi berfokus kepada yang mempunyai keterbatasan kemampuan ekonomi (selengkpanya ada pada penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 mengenai Pendidikan Tinggi).

Meski demikian, syarat prestasi dalam bidikmisi diperuntukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar memiliki potensi. Serta memiliki kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Sehingga dapat kita ketahui bahwasannya, Bidikmisi merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu agar bisa tetap kuliah di Perguruan Tinggi yang diminatinya.

Dengan bantuan biaya pendidikan ini, maka diharapkan setiap calon mahasiswa tersebut bisa menjalani jenjang kuliahnya dengan lancar. Serta dapat menyelesaikannya secara tepat waktu.

Maka dari itu, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu bisa melanjutkan kuliah dengan biaya Bidikmisi dari pemerintah. Tunggu apalagi? Ayo segera daftarkan diri kalian untuk memperoleh Bidikmisi supaya bisa kuliah.

Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi untuk Sekolah

Pada saat hendak mendaftar Bidikmisi, tentu saja kalian akan memerlukan pedoman atau petunjuk supaya proses pendaftaran Bidikmisi yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar.

Nah untuk itu, kami akan memberikan petunjuk pendaftaran Bidikmisi Sekolah dan Siswa yang kita ambil dari petunjuk teknis yang dibuat oleh panitia Bidikmisi. Selengkapnya, simaki informasi berikut ini.

A. Registrasi Sekolah

Dalam program Bidikmisi, sekolah memiliki peranan yang sangat penting bagi siswanya. Sebab sekolahah yang nantinya akan memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya.

Berikut tahapan dalam regristasi untuk sekolah:

  1. Tahap pertama adalah mengakses situs resmi Bidikmisi di alamat: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Selanjutnya memilih menu Sekolah.
  3. Kemudian akan muncul 2 pilihan menu, yakni Sudah Terdaftar atau Belum Terdaftar.

Info:

  • Menu Sudah Terdaftar dikhusukan bagi sekolah yang sudah mendaftar dan sudah memperoleh akun.
  • Menu Belum Terdaftar dikhusukan bagi sekolah yang belum pernah mendaftar program Bidikmisi.

1. Untuk Sekolah yang Belum Terdaftar

Setelah kalian mengakses situs tersebut, selanjutnya cari sekolah yang ingin didaftarkan pada laman tersebut dengan cara memasukkan kata kunci berupa nama sekolah atau NPSN sekolah.

Jika sekolah yang kalian cari sudah ditemukan, tekan tombol “Lanjutkan Pendaftaran” untuk membuka halaman Formulir Pendaftaran Sekolah.

Jika sekolah yang anda cari tidak ditemukan nama pada daftar sekolah yang ditunjukan, maka tekan link “tidak menemukan sekolah?” untuk mengisi form sekolah baru.

Berikut beberapa data sekolah yang akan didaftakan yang harus kalian isi pada laman form tersebut, antara lain:

NoDataKeterangan
1NPSN
Mengisi NPSN Sekolah yang sudah terdaftar di sistem pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan (PDSPK).
Apabila belum memiliki NPSN silahkan melapor ke dinas pendidikan kabupaten/ kota setempat.
2Nama SekolahMengisi Nama Sekolah
3Alamat Sekolah
Mengisi alamat surat menyurat yang dapat dihubungi dengan format:
  • nama jalan dan nomor
  • kecamatan
  • kota.
*Contoh: Jl Majapahit No 5 RT 05 RW 06, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Lubuklinggau
4ProvinsiMemilih Provinsi tempat sekolah berada
5KotaMemilih Kota tempat sekolah berada
6Email Sekola
Mengisi alamat email sekolah sesuai dengan format email pada umumnya dan masih valid.
*Contoh: namaemail@domain.com
7Nomor Telepon Sekolah
Mengisi nomor telepon sekolah yang dapay dihubungi, sertakan juga kode area tempat sekolah berada. Contoh: 031-8123212
8Nama Kepala SekolahMengisi nama kepala sekolah disertai dengan gelar
9Email Kepala SekolahMengisi alamat email kepala sekolah.
10No. Telp Kepala SekolahMengisi nomor telepon kepala sekolah yang dapat dihubungi
11Status SekolahMemilih status sekolah
12AkreditasiMemilih status akreditasi sekolah
13Nilai AkreditasiMengisi nilai akreditasi sekolah.
*Contoh: 87.61
14Jenis SekolahMemilih jenis sekolah
15Lampiran Lembar F
Lembar F merupakan lembar persetujuan dan tanda tangan yang menyatakan bahwa data sekolah yang diisi merupakan benar adanya.
*Contoh Lembar F dapat kalian download dengan menekan tombol “Download contoh formulir” di halaman tersebut.
16Kode VerifikasiMenulis ulang kode yang tampak pada layar monitor kalian.

PENTING!!

Apabila kalian menjumpai kasus seperti ini:

  • Pada saat mendaftarkan sekolah, terkadang ditemukan sekolah sudah mempunyai NPSN tetapi dianggap tidak valid.
    Hal tersebut disebabkan NPSN tidak terdaftar pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).
    Solusi yang harus diambil ialah pihak sekolah harus melaporkan ke dinas pendidikan kabupaten/ kota setempat dengan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku disana.

Sesudah kalian sukses dalam mendaftarkan sekolah kalian, maka akan segera muncul pesan sukses pada halaman Bukti Pendaftaran Sekolah.

Dan juga bukti pendaftaran yang dikirimkan ke email yang dipakai pada waktu mendaftarkan sekolah kalian.

Dalam halaman Bukti Pendaftaran Sekolah akan disertakan Username/ NPSN serta Kode Akses yang akan dipakai ketika proses login.

2. Untuk Sekolah yang Sudah Terdaftar

Bagi sekolah yang telah mendaftar program Bidikmisi serta telah memperoleh akun Bidikmisi maka sekolah tersebut dapat langsung melakukan login.

Login dengan menggunakan NPSN dan Kode Akses yang didapatkan ketika melakukan pendaftaran.

Pada saat proses login berhasil, maka user akan langsung masuk ke dalam halaman Dashboard Sekolah apabila data informasi sekolah di sistem bidikmisi sama dengan informasi di sistem PDSPK.

Apabila terdapat perbedaan, maka user akan dialihkan menuju laman verifikasi data.

Perlu kalian lakukan pada waktu  diarahkan ke laman tersebut yaitu dengan cara memilih tindakan penggantian laman sekolah dengan cara memilih tombol “Ganti nama sekolah” yang berada di sebelah kanan laman sehingga kalian akan dialihkan menuju laman tersebut.

Setelah melakukan tahapan di atas, pilih dan klik tombol “simpan”.

Tunggu administrator untuk melakukan verifikasi nama sekolah kalain.

Sesudah perubahan data diverifikasi oleh administrator, maka kalian bisa langsung melakukan login dan merekomendasikan siswa seperti biasanya. Sesudah berhasil login, silahkan rekomendasikan siswa-siswi pilihan kalian.

B. Proses Perekomendasian Siswa

1. Dashdoard

Pada laman dashboard akan ditunjukan beberapa petunjuk atau tahapan dalam memberikan rekomendasi siswa. Tahapan dalam pemberian rekomendasi siswa sebaiknya dilaksanakan secara terurut meskipun tidak diwajibkan.

Hal tersebut disarankan supaya data yang kalian inputkan dapat terlihat mudah.

2. Data UNAS

Pada waktu pertama kali data UNAS dibuka, maka monitor tidak akan menampilkan data apa pun. Sehingga, pihak sekolah harus mengisi data UNAS siswa dengan cara menekan tombol “tambah data”.

Sesudah itu, pihak sekolah akan dialihkan ke laman Tambah Data Ujian Nasional .

Pada laman inilah, pihak sekolah dapat menambahkan nilai rata-rata UNAS yang diraih oleh sekolah dari jumlah mata pelajaran yang menjadi bahan UNAS pada tahun tertentu.

Info:

Untuk sekolah yang tidak mempunyai kelas tertentu (seperti BAHASA atau SMK), biarkan nilai tetap seperti yang ditampilkan/ tidak perlu untuk dirubah.

3. Data Prestasi 

Pada waktu laman data prestasi dibuka, maka monitor tidak akan menampilkan data apa pun.

Pengisian form dalam laman ini bersifat tidak wajib. Form pada laman ini hanya diperuntukan bagi sekolah yang memiliki prestasi.

Untuk sekolah yang tercatat memiliki prestasi, sangat disarankan untuk memasukan seluruh prestasi tersebut ke dalam sistem pendaftaran bidikmisi.

Nantinya, berbagai prestasi tersebut yang dimasukkan akan ditampilkan pada proses pendaftaran siswa, di mana siswa yang mempunyai prestasi bisa mengklaim prestasi yang dimasukkan oleh pihak sekolah.

Cara untuk menambahkan prestasi yaitu dengan cara menekan tombol “tambah prestasi”. Dan selanjutnya akan muncul laman pengisian data.

Pada laman tersebut terdapat beberapa isian yang perlu kalian isikan untuk melengkapi data prestasi sekolah, data yang diminta meliputi:

NoDataKeterangan
1Nama KegiatanMengisi nama kegiatan secara lengkap (tidak boleh disingkat)
2TahunMemilih tahun kapan kegiatan dilaksanakan
3Jenis
Memilih jenis kegiatan. Untuk ketua OSIS bisa menggunakan pilihan Lainnya.
4TingkatMemilih tingkat prestasi
5Pencapaian
Memilih tingkat pencapaian. Untuk ketua OSIS bisa menggunakan Juara 1.

Sesudah berhasil mengisikan data prestasi di atas, selanjutya pilih dan klik tombol “simpan” untuk menyimpan data yang telah kalian masukan.

4. Rekomendasi Siswa

Pilih menu rekomendasi siswa yang tertera pada deretan menu dashbord yang tersedia.

Sesudah memilih menu tersebut maka akan segera muncul laman rekomendasi siswa. Pada laman tersebut akan muncul tombol “rekomendasi siswa”, kemudian silahkan kalian tekan.

Selanjutnya tekan tombol “Mulai impor”. Proses impor akan dilaksanakan hingga seluruh siswa yang terdapat pada sistem PDSPK sukses terimpor ke dalam sistem bidikmisi. Tunggu hingga proses impor tersebut selesai.

Sesudah proses pengimporan selesai, silahkan pilihlah menu rekomendasikan siswa untuk merekomendasikan siswa yang sebelumnya sudah kalian impor ke dalam sistem.

Proses rekomendasi bisa dilakukan dengan cara memasukkan NISN ke kolom yang sudah disediakan atau dengan cara memilih menu “REKOMENDASIKAN” pada tiap-tiap baris data yang ditunjukan dalam tabel data siswa yang sudah diimpor.

Apabila kalian sudah memasukkan atau memilih menu rekomendasi, maka sistem akan langsung melaksanakan pengecekan apakah siswa telah direkomendasikan atau belum.

Apabila sudah direkomendasikan, sistem akan langsung memberikan pesan bahwa siswa sudah direkomendasikan sebelumnya.

Dan apabila siswa belum pernah direkomendasikan maka sistem akan memberikan informasi lebih lengkap tentang siswa yang akan direkomendasikan tersebut.

Apabila siswa sudah berhasil direkomendasikan, maka akan muncul tampilan informasi data pribadi siswa dan yang paling utama yaitu akan menampilkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang nantinya akan dipakai oleh siswa untuk login ke menu siswa dan melengkapi proses pendaftaran program Bidikmisi.

Data siswa yang sudah direkomendasikan tersebut bisa kalian lihat pada menu Rekomendasi.

Catatan Penting:

  • Jika terdapat perubahan atau perbedaan informasi mengenai Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa, maka yang berlaku hanyalah yang terdapat pada website resmi Bidikmisi.
  • Informasi yang belum update disini artikel Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa, akan diupdate kemudian. Tunggu updatenya disini ya!

Artikel terkait:

Itulah sedikiti informasi mengenai Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua ya.

Terima kasih telah berkunjung 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *