Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Share
Comment 1 reply
Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Jumpa lagi barena kita, yuksinau.id yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian pelajari. Dan kali ini yuksinau.id berkesempatan untuk membahas pengertian perubahan sosial menurut ahli dan secara umum.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

pengertian perubahan sosial dan contohnya

Berikut beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian perubahan sosial, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kingsley Davis

Davis menekankan bahwa perubahan sosial itu merupakan wujud dari perubahan yang terjadi di dalam struktur dan juga fungsi suatu masyarakat.

Selo Soemardjan

Pengertian perubahan sosial menurut pendapat dari Selo Soemardjan merujuk kepada perubahan lembaga kemasyarakatan di dalam suatu lingkungan masyarakat yang berpengaruh kepada sistem sosialnya. Perubahan ini mencakup nilai-nilai, sikap, serta pola perilaku.

Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Perubahan sosial merupakan suatu hal yang tetap dan selalu ada di dalam alam semesta. Masyarakat generasi baru tidak mungkin meniru ataupun mengambil alih kebudayaan dari generasi sebelumnya. Generasi baru pasti akan selalu menginginkan perubahan.

Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

“Perubahan sosial merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri”.

Parsudi Suparlan

Perubahan sosial adalah wujud perubahan dalam struktur sosial dan juga pola hubungan sosial. Termasuk di dalamnya yaitu sistem politik, sistem kekuasaan, hubungan keluarga, serta kependudukan.

Baca juga: Perubahan Sosial

Hans Garth dan C. Wright Mills

Garth dan Mills menyatakan bahwasannya perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi baik kemunculan, perkembangan, atau bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu kepada tatanan yang meliputi struktur sosial.

Emile Durkheim

“Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik”.

Prof. Selo Soemardjan

“Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya”.

Robert M.I Lawang

“Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu”.

Gillin dan Gillin

“Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat”.

Bruce J. Cohen

“Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat”.

Robert Morrison Mac Iver

“Perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut”.

Samuel Koening

Perubahan sosial merujuk kepada modifikasi di dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi itu dapat terjadi disebabkan dari internal dan juga eksternal yang mengakibatkan perubahan.

William F. Ogburn

Dalam teorinya, Ogburn menyebutkan bahwa ruang lingkup perubahan sosial terdiri atas unsur-unsur kebudayaan baik itu secara material dan immaterial. Fokusnya adalah pengaruh besar dari unsur material terhadap unsur immaterial.

Max Weber

“Perubahan sosial budaya adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur”.

Roucek dan Warren

“Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat”.

W. Kornblum

“Perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama”.

Wilbert E. Moore

“Perubahan sosial merupakan evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban. Ia mempercayai bahwa perubahan dapat ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu terjadi”.

Robert H. Lauer

“Perubahan sosial sebagai perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia”.

Atkinson dan Brooten

“Definisi perubahan merupakan kegiatan atau proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan perilaku kelompok”.

Wikipedia

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, serta pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

KBBI

per.u.bah.an sosialnperubahan pada berbagai lembaga kemasyarakatan, yang mempengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai-nilai, sikap, pola, perilaku di antara kelompok dalam masyarakat

Itulah pengertian perubahan secara umum dan menurutpara ahli, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung :)).

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.