Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Sarana dan Prasarana

2 min read

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar kata sarana dan prasarana, atau bahkan sering mendengar kedua kata tersebut. Namun, apakah Anda telah mengetahui perbedaan dari keduanya? Apabila belum mengetahuinya, berikut kami akan menjelaskan perbedaan sarana dan prasarana.

Pengertian Sarana dan Prasarana

Banyak orang mengira bahwa sarana dan prasarana memiliki arti yang sama. Padahal, kedua kata tersebut ternyata berbeda.

Akan tetapi, keduanya memiliki keterkaitan yang sangat penting sebagai alat penunjang keberhasilan suatu proses yang dilakukan.

Ruang lingkup sarana dan prasarana terbilang luas, adapun pengertian dari berbagai sumber sebagai berikut:

Sarana

Sarana merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat dalam mencapai suatu maksud atau tujuan. Artinya, sarana mengarah pada benda-benda atau alat yang bergerak.

Contohnya, sarana pada suatu sekolah atau kantor seperti komputer, meja, kursi, dokumen, rak, papan tulis, dan lain sebagainya.

Prasarana

Prasarana merupakan segala sesuatu yang menjadi penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Proses tersebut dapat berupa suatu pembangunan, usaha, ataupun proyek. Pada intinya, prasarana tertuju pada benda-benda yang tidak dapat bergerak.

Contohnya, prasarana yang terdapat pada suatu sekolah atau kantor, yaitu gedung, ruang belajar, ruang rapat, tanah lapang, dan lain sebagainya.

Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pemikiran untuk menempatkan suatu permasalahan agar tepat pada tempatnya. Berikut pemikiran para ahli mengenai sarana dan prasarana:

  • Hamalik 

Sarana dan prasarana adalah semua bentuk perantara yang digunakan orang untuk menyebar ide, sehingga ide tersebut dapat sampai pada penerima.

  • Moenir

Sarana dan prasarana merupakan segala jenis peralatan, perlengkapan kerja, dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut perbedaan sarana dan prasarana yang tersaji dalam bentuk tabel.

PerbedaanSaranaPrasarana
BentukFasilitas maupun alatFasilitas umum
KepemilikanDimiliki oleh individual,
swasta, atau Pemerintah
Dimiliki oleh Pemerintah
FungsiAlat utama dalam satu kegiatanPendukung kegiatan secara umum
Pembiayaan PengadaanIndividu dan peserta kegiatanPemerintah, masyarakat, dan pelaku kegiatan

Sebelum mengetahui penjelasannya, perbedaan.info juga menyajikan Perbedaan AM dan PM bagi para investor agar tidak keliru dalam menentukan pilihan inventasi.

1. Perbedaan Berdasarkan Bentuk

Apabila bentuk dari sarana itu kecil, maka prasarana memiliki bentuk yang lebih besar.

Bentuk sarana dapat di pindahkan, sedangkan prasarana tidak dapat dipindahkan karena relatif besar dan menetap disuatu tempat.

2. Perbedaan Berdasarkan Kepemilikan

Dari segi kepemilikan, semua benda atau alat yang dimiliki individual dapat dikelompokkan menjadi sarana. Individual disini bisa berarti perorangan, swasta, dan Pemerintah. Alat ini bebas digunakan untuk melangsungkan suatu kegiatan sebagaimana mestinya.

Sedangkan prasarana, sudah pasti dimiliki Pemerintah. Prasarana merupakan alat atau faktor penunjang yang berfungsi sebagai pendukung dan tidak hanya untuk satu kegiatan di lokasi tersebut, melainkan kegiatan lain yang berhubungan juga.

3. Perbedaan Berdasarkan Fungsi

Sarana memiliki fungsi sebagai bagian utama dari sebuah kegiatan. Karena menjadi bagian utama dari kegiatan tersebut, maka alat ini akan sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan tersebut. Sementara prasarana memiliki fungsi sebagai pendukung kegiatan.

4. Perbedaan Berdasarkan Pembiayaan Pengadaan

Berdasarkan pengadaannya, secara penuh sarana diadakan dan dibiayai oleh pihak yang mengadakan kegiatan. Namun, apabila ditelusuri lebih jauh lagi, biaya tersebut juga didapat dari peserta atau orang yang mengikut kegiatan tersebut.

Lain halnya dengan prasarana, pembiayaan sepenuhnya berasal dari Pemerintah. Biaya yang digunakan untuk proses pengadaan berasal dari APBN serta pajak yang diterima Pemerintah dari wajib pajak.

Wajib pajak disini termasuk juga pihak yang menyelenggarakan kegiatan dan menggunakan prasarana tersebut sebagai pendukung sarana kegiatan mereka.

Contoh Sarana dan Prasarana

Diatas telah dijelaskan contoh sarana dan prasana dalam lingkup sekolah atau kantor. Untuk lebih memantapkan pemahaman Anda, berikut kami sajikan 1o contoh sarana dan prasarana transportasi.

SaranaPrasarana
KapalDermaga
RakitSungai
TongkangSungai
Perahu DayungSungai
PesawatBandara
HelikopterHelipad
Kereta ApiStasiun (Rel)
OjekPangkalan Ojek
BecakPangkalan Becak
BusTerminal

Pada dasarnya, sarana sebagai hal yang digunakan secara langsung dan prasarana sebagai pendukung dalam suatu kegiatan.

Jadi, keduanya harus saling berkaitan agar aktivitas berjalan sebagaimana mestinya. Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan sarana dan prasarana.

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *