Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

1 min read

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder merupakan dua mekanisme dimana tanaman berkayu meningkatkan ukurannya. Adapun perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder yang harus anda ketahui.

Jika pertumbuhan primer itu menambah panjang atau tinggi tanaman tersebut sedangkan pertumbuhan sekunder itu menambah diameter atau ketebalan dari tanaman tersebut.

Untuk lebih jelasnya anda dapat mempelajari dan menyimak artikel berikut ini.

Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder

1. Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi meristem utama, yang dapat meningkatkan panjang batang dan menambahkan pelengkap ke batang.

Adanya peningkatan panjang pada tanaman ini disebabkan oleh pembelahan sel yang terus – menerus pada meristem apikal. Artinya pertumbuhan primer itu terjadi di apeks akar sampai pucuk tanaman.

Pertumbuhan primer terjadi secara bertahap di tiga daerah yaitu

  • Daerah pembelahan yang berada di bagian ujung batang dan bagian ujung akar.
  • Daerah pemanjangan yang terletak setelah daerah pembelahan. Di daerah ini ukuran tanaman akan menjadi lebih besar dari sebelumnya karena adanya pembesaran dan pemanjangan sel pada tanaman.
  • Daerah diferensisasi yaitu daerah yang sel – selnya mengalami perubahan fungsi menjadi jaringan yang lebih kompleks. Seperti epidermis, korteks, floem, xylem, dan sklerenkim.

2. Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi kambium, yang dapat meningkatkan diameter tanaman.

Pembelahan kambium ke arah luar akan membentuk floem sekunder sedangkan pembelahan kambium ke arah dalam akan membentuk xylem sekunder.

Pembelahan pada jaringan kambium ini akan menyebabkan terjadinya pelebaran batang, pembentukan jari – jari empulur, dan pembentukan lingkaran tahun.

Pembelahan jaringan kambium sangat dipengaruhi oleh cuaca. Jika musim hujan pembelahan akan semakin cepat.

Pertumbuhan sekunder terjadi karena adanya aksi meristem lateral yang terdiri dari kambium vaskular dan kambium gabus dan hanya terjadi pada tanaman berkayu saja.

Persamaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

  1. Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder terjadi di tanaman berkayu.
  2. Pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder terlibat dalam peningkatan ukuran tanaman.
  3. Jaringan meristematik terlibat baik dalam pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder tanaman.

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Telah kami rangkumkan dalam tabel tantang perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder di bawah ini.

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder
PembedaPertumbuhan PrimerPertumbuhan Sekunder
DefinisiPertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi meristem utama, yang dapat meningkatkan panjang batang dan menambahkan pelengkap ke batang.Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi kambium, yang dapat meningkatkan diameter tanaman.
Hasil PertumbuhanMenghasilkan tumbuhan dalam sumbu longitudinal (menambah tinggi atau panjang tanaman).Menghasilkan pertumbuhan radial (menambah diameter atau keliling batang tanaman).
Terjadi olehAksi meristem apikal.Aksi meristem lateral.
UrutanTanaman terjadi di awal.Mengikuti pertumbuhan primer.
Tempat TerjadinyaTerjadi di semua bagian dari tanaman (meristem primer).Terjadi pada angiospermae dan gymnospermae kecuali monokotil (meristem sekunder).
WaktuBerhenti setelah selesainya diferensiasi jaringan.Hanya terjadi di bagian yang matang (bagian yang memang benar – benar dikembangkan).
PengembanganEpidermis, korteks, dan jaringan vaskular primer yang dikembangkan selama pertumbuhan primer.Periderm, floem sekunder, xylem sekunder, lentisels, dan kulit kayu yang dikembangkan selama pertumbuhan sekunder.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Semoga dengan adanya artikel ini anda jadi bisa membedakan di antara keduanya. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *