Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan NU dan Muhammadiyah

2 min read

Perbedaan NU dan Muhammadiyah

Perbedaan NU dan Muhammadiyah yang menjadi organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan jumlah pengikut paling banyak akan kami paparkan pada artikel berikut ini.

Di Indonesia banyak sekali organisasi – organisasi keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, LDII, dan lain sebagainya.

NU dan Muhammadiyah adalah sebuah organisasi masyarakat yang bergerak di bidang keagamaan atau dapat juga disebut sebuah organisasi keagamaan yang ada di Indonesia.

Namun banyak orang yang memang belum mengetahui apa perbedaan diantara organisasi tersebut.

NU dan Muhammadiyah mempunyai pengikut yang cukup banyak serta berpengaruh cukup besar terhadap negara. Pegaruhnyapun hampir mencakup semua aspek seperti agama, ekonomi, politik, sosial budaya, dan lain sebagainya.

Kedua organisasi tersebut kerap kali memiliki masalah perbedaan dari pola pandang masing – masing. Sebelum mengetahui perbedaannya anda harus mengetahui pengertian NU dan Muhammadiyah terlebih dahulu.

Pengertian NU dan Muhammadiyah

1. NU (Nahdlatul ‘Ulama)

NU merupakan kependekan dari Nahdlatul ‘Ulama yang memiliki arti kebangkitan ‘ulama atau kebangitan cendekiawan islam. NU ini didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 31 Januari 1926.

KH Hasyim Asy’ari berasal dari Jombang dan memilih metode pendidikan pesantren sebagai cara daakwahnya.

2. Muhammadiyah

Muhammadiyah berasal dari nama Nabi Muhammad SAW yang memiliki arti orang – orang yang menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW. Muhammadiyah ini didirikan oleh KH Ahmad Dhalan pada tanggal 18 November 1912.

KH Ahmad Dahlan berasal dari daerah perkotaan dan memilih cara syiar dengan pendidikan perkotaan.

Anda juga harus mengetahui Perbedaan Haji dan Umroh

Persamaan NU dan Muhammadiyah

Persamaan alamiyah dari kedua pendiri organisasi tersebut ada pada kitab Fiqih Muhammadiyah yang memiliki 3 jilid dan diterbitkan oleh Muhammadiyah bagian Taman Pustaka Jogjakarta pada tahun 1343 H.

Persamaan – persamaan tersebut meliputi sholat tarawih sebanyak 20 rakaat, ziarah atau talqin mayit di kuburan, melakuakan diba’an atau membaca sholawat untuk memuliakan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu kalimat takbir pada saat takbiran juga diucapkan sebanyak 3x, kalimat qad qamat as – Shalat saat iqomah diucapkan sebanyak 2x, dan memakai do’a qunut pada sholat subuh.

Serta warga Muhammadiyah mengadakan yasin dan tahlil seperti yang dilakukan oleh warga Nahdliyin. Dan yang terakhir adalah itsbat hilal yang sama sama memakai ruqyah.

Perbedaan NU dan Muhammadiyah

Dilihat dari persamaan NU dan Muhammadiyah diatas sebenarnya kedua organisasi tersebut sama. Namun setelah adanya dominasi politik oleh salah satu organisasi tersebut dimana organisasi yang lain tidak memegang kendali sama sekali pada tahun 1999.

Oleh sebab itu keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok dan lama kelamaan semakin tampak di permukaan. Dan perbedaan yang cukup mencolok tersebut lebih jelasnya ada pada tabel dibawah ini

Perbedaan NU dan Muhammadiyah
PembedaNU (Nahdlatul ‘Ulama)Muhammadiyah
Didirikan OlehKH Hasyim Asy’ariKH Ahmad Dahlan
Berdiri31 Januari 192618 November 1912
Yang diamalkan menurut tradisiYasin, tahlil, ziarah kubur, manaqib, barjanji, dan lain sebagainya.Tidak mengamalkan yang diamalkan oleh agama NU.
AqidahMengikuti paham Asy’ariah atau MaturidiahMengikuti paham Salaf atau Wahabi (Ibn Taymiah, Ibn Qayyim, Muhammad bin Abdul Wahab)
FiqhKeharusan mengikuti salah satu madzhab (terutama Syafi’i)Langsung kepada Al – Qur’an dan Sunah serta Tarjih (memilih pendapat yang terkuat)
Tasauf atau TarikatMenerima tasauf dan tariqah yang mu’tabar (diakui)Menolah tasauf dan tariqah (akan tetapi banyak yang apresitif secara individual dan selektif seperti HAMKA dengan tasauf modernnya)
Diba’Gemar membaca sholawat (diba’an)Tidak mengamalkan majlis diba’
Sholat Tarawih20 rakaat8 rakaat
Sholat SubuhMembaca do’a qunutTidak membaca do’a qunut
Sholat IedAda khutbah 2xKhutbah hanya sekali
Perspektif PendidikanMengenyam banyak pendidikan pesantren yang salafi.Mengenyam banyak pendidikan formal yang lebih dominan dengan pertimbangan rasionya.
TakbirTakbir diucapkan sebanyak 3x dalam takbiran.Takbir diucapkan hanya 2x dalam takbiran.
IqamahIqamah diucapkan 2xIqamah hanya diucapkan sekali
Orientasi Politik atau AspirasiBerafiliasi dengan partai politikTidak berafiliasi dengan partai politik
ItsbatItsbat menggunakan rukyahItsbat menggunakan hilal
Metode IjtihadBahtsul MasailMajlis Tarjih Muhammadiyah
Pemikiran yang DominanPemikiran Klasik : Al – Ghazali, Asy’ari, Nawawi, dan lain sebagainya.Ibn Taymiah, Ibn Qayyim, Muhammad bin Abdul Wahab, Muhammad Abduh, dan Rasyid Ridha.

Dampak Perbedaan NU dan Muhammadiyah

  1. Adaya jarak antara NU dan Muhammadiyah yang dapat mengganggu silaturahmi dan menimbulkan kecurigaan dikalangan masyarakat yang menganut salah satu dari kedua organisasi tersebut.
  2. Warga NU tidak mudah diterima bekerja di lembaga Muhammadiyah dan sebaliknya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa perbedaan NU dan Muhammadiyah. Jika kalian pengikut dari salah satu organisasi tersebut mohon lebih bijak lagi dalam berbuat dan dapat menerima perbedaan yang telah tercipta. Karena keduaya juga memiliki persamaan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *