Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Monera dan Protista

1 min read

Perbedaan Monera dan Protista

Monera dan protista merupakan bagian dari sistem kingdom yang diungkapkan oleh Whitteker. Kedua sistem kingdong tersebut pasti memiliki perbedaan. Perbedaan monera dan protista lah yang akan kami sampaikan dalam artikel ini.

Perbedaan monera dan protista dapat dilihat dari pengertian, ukuran, dan inti sejati yang ada di dalamnya, serta yang lainnya.

Dengan mengetahui perbedaannya tersebut maka anda akan dengan mudah untuk mengidentifikasikan dari keduanya.

Namun sebelumya anda harus tahu terlebih dahulu pengertian dari monera dan protista ini. Dan berikut adalah pemaparannya.

Pengertian Monera dan Protista

1. Monera

Monera berasal dari bahasa Yunani yaitu moneres yang memiliki arti tunggal. Jadi monera ini tergolong ke sistem kingdom yang mempunyai sel tunggal atau bersel satu.

Monera merupakan semua makhluk hidup yang mempunyai sel tunggal. Makhluk bersel satu sering hidup di tempat yang lembab.

Karena monera berstuktur prokariotik, maka mreka kurang inti sel yang dilapisi membran secara tersusun. Mereka hanya mempunyai molekul DNA bundar saja.

Organisme ini kurang organel yang dilingkupi membran. Beberapa dari sel monera tertutup oleh suatu dinding sel.

Organisme ini hanya menujukkan reproduksi aseksual yang berarti pembelahan biner atau bertuas. Dua kelompok dari organisme kingdom monera adalah Archaebacteria dan Eubacteria.

Organisme yang termasuk ke dalam monera ini ada yang dapat membuat makanan sendiri (autotrof) dan ada yang tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof).

Anda harus mengetahui Perbedaan Autotrof dan Heterotrof yang merupakan moda nutrisi bagi Monera.

2. Protista

Protista adalah mikro organisme eukariotik yang tidak termasuk di dalamnya hewan, tumbuhan, dan jamur. Protista termasuk organisme bersel satu tetapi dengan susunan inti sel eukariotik.

Susunan tersebut mengandung organel yang dilindungi oleh membran seperti inti sel, tubuh golgi, mitokondria, dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa organisme yang memiliki stuktur spesial yang digunakan untuk pergerakan seperti flagella dan cilia.

Sekumpulan protista disebut dengan Phytoplankton yang memiliki sel terbuat dari selulosa dan mampu untuk berfotosintesis.

Protista bertindak sebagai penghubung evolusi antara monera prokariotik dan organisme multisel.

Beberapa dari protista adalah merupakan predator dan tidak memiliki dinding sel contohnya protozoa. Contoh protista yang lainnya adalah alga bersel satu dan diatom.

Perbedaan Monera dan Protista

Untu lebih jelasnya perbedaan monera dan protista sudah kami rangkum di dalam tabel berikut ini.

Perbedaan Monera dan Protista
PembedaMoneraProtista
Stuktur SelProkariotikEukariotik
Jumlah SelBersel satu.Bersel satu tetapi dengan susunan inti sel yang eukariotik.
Inti SelTidak memiliki inti sel sejati yang terikat pada membran inti.Memiliki inti sel sejati yang menempel pada membran intinya sendiri.
PembelahanAmitosisMitosis
Alat GerakPunyaTidak punya
Membran SelTidak punyaPunya
UkuranLebih kecilLebih besar
Flagella dan CiliaBiasanya tidak ditemukan flagella dan cilia.Beberapa organisme memiliki stuktur flagella dan cilia untuk pergerakan.
HidupnyaBerkolaniSoliter
Moda ReproduksiAseksual (Pembelahan Biner atau Bertuas)Seksual dan aseksual
Moda NutrisiAutotrof (Menghasilkan makanan sendiri) atau Heterotrof (Tidak dapat menghasilkan makanan sendiri)Fotosintesis, holozoic, atau parasit.
Contoh OrganismeAlga hijau biru, bakteri, dan cyanbacteria.Protozoa, alga bersel satu, dan diatom.

Itulah beberapa perbedaan monera dan protista beserta pengertian dan penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca dan pembaca dapat membedakan antara kedua organisme tersebut. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *