Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Keju Mozarella dan Keju Cheddar

1 min read

Perbedaan Keju Mozarella dan Keju Cheddar

Banyak orang yang belum mengetahui jenis dan perbedaan dari keju mozarella dan keju cheddar. Maka kali ini Perbedaan.info akan menjelaskan perbedaan keju mozarella dan keju cheddar.

Keju merupakan bahan utama yang saat ini banyak digunakan untuk pembuatan makanan – makanan lezat. Keju yang sering kali digunakan untuk pembuatan makanan adalah keju mozarella dan keju cheddar.

Karena terbuat dari susu dan memiliki nilai gizi yang tinggi maka keju banyak diproduksi, dijual, dan dikonsumsi oleh orang di seluruh dunia. Baik itu anak – anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekali pun menyukai keju. Semua orang dapat menikmati keju tersebut.

Sebenarnya keju mozarella dan keju cheddar hampir memiliki rasa yang sama. Akan tetapi cara menghidangkan kedua keju tersebut berbeda.

Pengertian Keju Mozarella dan Keju Cheddar

1. Keju Mozarella

Mozarella adalah keju yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan lembut. Biasanya terbuat dari susu kerbau atau dapat juga dari susu sapi.

Warna dari keju mozarella maka adalah putih. Warnanya dapat juga kuning tergantung dari warna susu yang dihasilkan. Keju mozarella ini berasal dari Italia.

Keju mozarella biasanya dihidangkan untuk makanan yang panas karena keju ini biasa dikonsumsi dengan cara dilelehkan.

2. Keju Cheddar

Cheddar adalah keju yang memiliki tekstur keras dan biasanya berwarna putih kekuningan. Keju ini dibuat dari susu sapi dan juga merupakan keju yang paling banyak di produksi.

Negara yang memproduksi keju cheddar antara lain adalah Australia, Amerika Serikat, Belanda, Belgia, Swedia, Selandia Baru dan masih banyak negara yang lainnya.

Keju ini juga sangat populer di Indonesia dan hampir semua kalangan menggemarinya karena rasanya yang enak dan bentuknya yang mudah dikonsumsi maupun untuk di oleh kembali.

Harga keju cheddar juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan keju mozarella. Keju cheddar juga sangat cocok untuk dicampurkan ke semua jenis makanan di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya dapat anda simak tabel berikut ini mengenai perbedaan antara keju mozarella dan keju cheddar.

Perbedaan Keju Mozarella dan Keju Cheddar

Perbedaan Keju Mozarella dan Keju Cheddar
PembedaKeju MozarellaKeju Cheddar
AsalItaliaInggris
Bahan PembuatanSusu kerbau atau susu sapiSusu sapi
Cara PembuatanMenarik dadih susuMemadatkan susu
TeksturLembut, creamy, dan kenyal, serta elastisKeras
RasaAsin dan gurihLebih asin dan gurih dari keju mozarella
BentukKotakBlock atau slice
Penyimpanan1 bulan hingga 6 bulan di dalam kulkas60 bulan dengan penyimpanan khusus
PasteurisasiLebih sedikit dari keju cheddarLebih banyak dari keju mozarella
WarnaPutih dapat juga kuningPutih kekuning – kuningan
KemasanMudahCukup sulit karena harus berhati – hati dengan kalsium laktat yang terkandung di dalamnya
Produksi KomersialLebih sedikit dari keju cheddarLebih banyak dari keju mozarella
HargaRelatif mahalRelatif murah
Hidangan PopulerHidangan yang hangat seperti pizza, pasta, mac and cheese, baked rice, lasagna, dan yang lainnyaBahan dasar pembuatan kue, macaroni, campuran salad, topping martabak, dan yang lainnya
ManfaatMencegah naiknya gula darah, menguatkan otot dan tulang, seragan migrain, dan memperbaiki fungsi otak.Memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor, dan vitamin, serta mineral. Dapat mengurangi resiko karies gigi dan mencegah kanker hati.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan keju mozarella dan keju cheddar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *