Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

2 min read

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

Hukum dibagi menjadi dua yaitu hukum publik (hukum negara) dan hukum privat (hukum sipil). Apa sih perbedaan hukum publik dan hukum privat ? Mari simak artikel ini hingga akhir.

Hukum merupakan serangkaian sistem terpenting terhadap rangkaian kekuasaan negara. Tujuan hukum adalah untuk melindungi masyarakat dari berbagai macam resiko kecurangan yang tidak bermanfaat.

Meliputi kecurangan dalam bidang politik seperti pemilihan umum ataupun perekonomian seperti laba rugi sebuah perusahaan.

Oleh karena itu adanya hukum sangat diperlukan. Dimana hukum memiliki pengaruh yang cukup besar hampir disemua aspek kehidupan

Pengertian Hukum Publik dan Hukum Privat

1. Hukum Publik

Hukum Publik

Hukum publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara warga negara dengan negara dan alat – alat perlengkapan negara.

Hukum publik mengatur kepentingan – kepentingan yang lebih global yaitu mengatur korelasi antara warga negara dan negara atau dapat dibilang hukum yang mengatur kepentingan umum.

Hukum publik mencakup 4 macam hukum yaitu

  • Hukum Tata Negara

Hukum tata negara adalah hukum yang mengatur semua hal yang berkaitan dengan negara. Seperti dasar pendirian suatu negera, pembentukan lembaga – lembaga negara, struktur kelembagaan, hubungan hak dan kewajiban dalam hukum, serta masih banyak lagi.

  • Hukum Administrasi Negara

Hukum administrasi negara adalah hukum yang mengatur tentang sejumlah tata cara melaksanakan tugas. Seperti hak dan kewajiban sejumlah kekuasaan alat serta perlengkapan negara.

  • Hukum Pidana

Hukum pidana adalah hukum yang mengatur tentang pelanggaran atau kejahatan akan kepentingan umum.

  • Hukum Internasional

Ada 2 hukum internasional yaitu

Hukum Perdata Internasional, hukum yang mengatur hukum antara warga negara di suatu negara dengan warga negara di negara lain terkait dengan hubungan internasional.

Hukum Publik Internasional, hukum yang mengatur hubungan antara satu negara dengan negara lain dalam hubungan internasional.

2. Hukum Privat

Hukum Privat

Hukum privat adalah hukum yang mengatur hubungan antara individu satu dengan individu yang lain yang menitikberatkan pada kepentingan perorangan.

Hukum privat mencakup 2 macam hukum yaitu

  • Hukum Perdata

Hukum perdata merupakan serangkaian hukum yang mengatur hubungan seseorang dengan orang lain yeng menitikberatkan kepentingan perseorangan.

  • Hukum Dagang

Hukum dagang merupakan peraturan – peraturan hukum yang berhubungan dengan perdagangan.
Hukum privat yang lainnya adalah Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Kekayaan, dah Hukum Waris.

Anda juga perlu mengetahui Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik

Persamaan Hukum Publik dan Hukum Privat

  1. Menjadi peraturan hukum yang mengatur kehidupan manusia.
  2. Memiliki sanksi hukum yang dapat diberlakukan bagi setiap pelanggarnya.

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

Perbedaan hukum publik dan hukum privat telah kami rangkumkan dalam tabel dibawah ini agar lebih jelas dan anda lebih dapat memahaminya.

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat
PembedaHukum PublikHukum Privat
PengertianHukum publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara warga negara dengan negara dan alat – alat perlengkapan negara.Hukum privat adalah hukum yang mengatur hubungan antara individu satu dengan individu yang lain yang menitikberatkan pada kepentingan perorangan.
Materi yang dikajiFokus pada masalah kemaslahatan.Condong pada masalah hubungan pribadi.
Cakupan1.       Hukum tata negara.

2.       Hukum administrasi negara.

3.       Hukum pidana.

4.       Hukum internasional.

1.       Hukum perdata.

2.       Hukum dagang.

Tuntutan bagi PelanggarTuntutan diberikan oleh jaksa.Tuntutan diberikan oleh pihak penggugat.
Pertahanan HukumHukum publik dipertahankan oleh negara dan pemerintah yang bersifat aktif.Hukum privat dipertahankan oleh individu dan pemerintah yang bersifat pasif.

Note :

  1. Materi yang dikaji hukum publik adalah masalah kemaslahatan artinya jika ada seseorang yang mendapat amanat untuk kepentingan banyak orang maka orang tersebut harus dapat melindunginya dan tidak memanfaatkan wewenang yang dimilikinya.
  2. Materi yang dikaji hukum privat adalah condong pada masalah hubungan pribadi yang memiliki akibat. Dimana akibat tersebut tidak berpengaruh pada orang tersebut. Seperti warisan, perkawinan, dan yang lainnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis – jenis, persamaan, dan perbedaan antara hukum publik dengan hukum privat. Semoga dapat bermanfaat.

Pesan kami untuk kalian, jangan sekali – kali kalian melanggar hukum baik itu kecil maupun besar. Karena ada hukuman yang berlaku. Setiap tindakan harus ada pertanggung jawaban. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *