Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Etnis dan Ras

2 min read

Perbedaan Etnis dan Ras

Indonesia merupakan negara yang banyak terdapat kelompok etnis dan ras yang tersebar diberbagai pulau. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan etnis dan ras akan kami sampaikan di artikel ini.

Etnis dan ras merupakan istilah yang sangat sering sekali kita dengar dalam kehidupan sehari – hari. Mereka sama – sama merupakan suatu kelompok masyarakat yang berkaitan satu sama lain.

Namun tahukan kalian apa yang disebut dengan etnis dan ras ? Dan apa perbedaan dari kedua istilah tersebut ? Jika belum mari simak pemaparan yang kami berikan.

Pengertian Etnis dan Ras

1. Etnis

Etnis adalah sebuah kelompok populasi yang anggotanya saling mengenal berdasarkan kewarganegaraan umum dan tradisi budaya bersama.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) etnis memiliki makna sebagai suatu kelompok sosial masyarakat yang berada di dalam sebuah sistem sosial budaya.

Kelompok sosial ini memiliki arti dan kedudukan tertentu yang didasari oleh faktor adat istiadat, keturunan, bahasa, agama atau kepercayaan dan yang lainnya.

Atau dapat juga diartikan sebagai suatu kelompok manusia tertentu yang bersatu karena memiliki kesamaan dalam hal ras, asal usul, agama atau kepercayaan, atau gabungan dari kategori tersebut yang terikat pada sistem nilai budaya tersebut.

2. Ras

Ras adalah istilah yang mengacu pada konsep membagi orang menjadi kelompok atau populasi berdasarkan berbagai jenis karakteristik fisik yang biasanya berasal dari keturunan genetik.

Atau dapat juga diartikan sebagai suatu kelompok manusia yang menggolongkan dirinya dengan sesamanya berdasarkan dari garis keturunan yang masih memiliki kesamaan atau ciri khas. Seperti bahasa, budaya, perilaku, agama dan kepercayaan.

Perbedaan Etnis dan Ras

Perbedaan Etnis dan Ras
PembedaEtnisRas
PengertianEtnis adalah sebuah kelompok populasi yang anggotanya saling mengenal berdasarkan kewarganegaraan umum dan tradisi budaya bersama.Ras adalah istilah yang mengacu pada konsep membagi orang menjadi kelompok atau populasi berdasarkan berbagai jenis karakteristik fisik yang biasanya berasal dari keturunan genetik.
SilsilahEtnis ini didefinisikan dalam kerangka silsilah bersama, baik yang aktual maupun dugaan. Biasanya jika seseorang percaya bahwa mereka berasal dari kelompok tertentu dan mereka ingin dikaitkan atau masuk ke dalam kelompok tersebut, maka sebenarnya dia adalah anggota kelompok tersebut.Ras ini dihasilkan dari silsilah bersama karena isolasi geografis. Nah di dunia modern seperti sekarang ini isolasi telah dipecah yang menyebabkan kelompok ras ini bercampur satu sama lain.
KepentinganEtnis berkonotasi dengan riwayat kelompok bersama dan ciri budaya bersama.Pada awal abad ke-19 perbedaan rasial dianggap penting dalam kepribadian, kecerdasan, dan kesehatan. Namun tidak ada bukti yang memvalidasi ide ini.
SifatBeberapa kelompok etnis memiliki sifat linguistik atau religius sementara yang lain memiliki sejarah kelompok yang sama namun tidak memiliki agama atau bahasa yang sama.Ras dianggap memiliki sifat genetis atau biologis, baik yang tanpa paksaan maupun yang dipaksakan.
NasionalismeAda perkembangan ideologi politik nasionalisme etnis pada abad ke-19 yaitu menciptakan negara – negara berdasarkan asal usul etnis bersama yang mereka anggap (Swedia, Jerman, Italia, dan lain – lain).Konsep nasionalisme dari ras ini sering digunakan untuk membenarkan dominasi satu ras di atas ras yang lainnya pada abad ke-19 dalam negara tertentu.
Sistem HukumSistem hukum dan juga ideologi resmi di kebanyakan negara melarang adanya diskriminasi berbasis etnis.Sistem hukun dan juga ideologi resmi di kebanyakan negara menekankan bahwa adanya kesetaraan ras.
Faktor PembedaBiasanya kelompok etnis ini membedakan dirinya secara berbeda dari periode waktu ke periode lainnya. Mereka berusaha untuk mendefinisikan diri mereka sendiri akan tetapi diri mereka juga didefinisikan oleh stereotip kelompok dominan.Ras dibedakan dengan warna kulit, warna rambut, bentuk rambut, tipe wajah, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan fisik seseorang. Namun studi ilmiah menunjukkan bahwa perbedaan genetik yang dilihat dari fisik tersebut sangat lemah kecuali pada warna kulit.
KonflikKonflik brutal seringkali terjadi antara beberpa kelompok etnis dan telah ada di seluruh dunis sepanjang sejarah. Akan tetapi pada kenyataannya seringkali mereka saling berhubungan satu sama lian di kebanyakan negara.Perbedaan dan prasangka ras tetap menjadi masalah yang terus berlanjut di seluruh dunia.
Contoh KonflikKonflik antara orang Hutu dan Tutsi di Rwanda, populasi Tamil dan Sinhala di Sri Lanka, dan laiin sebagainya.Konflik antara orang berkulit putih dan berkulit hitam di Amerika Serikat.

Itulah ulasan singkat mengenai perbedaan antara etnis dan ras yang kami dapat dari berbagai sumber. Dengan adanya artikel ini diharapkan para pembaca jadi lebih tahu mengenai perbedaan etnis dan ras tersebut.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jika ada salah kami tunggu kritik dan sarannya dari anda. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *