Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Efektif dan Efisien

2 min read

Perbedaan Efektif dan Efisien

Efektif dan efisien merupakan dua kata yang sedikit membingungkan. Keduanya mungkin terdengar mirip, namun memiliki artian yang berbeda.

Dalam dunia bisnis, kata efektif dan efisien sering kali digunakan. Penggunaan kata tersebut digunakan untuk mengukur kinerja, apakah efektif, apakah efisien, biasanya orang bertanya seperti itu.

Namun, sudahkah Anda mengetahui perbedaan efektif dan efisien? Apabila belum, berikut akan perbedaan data dan informasi jelaskan perbedaan antara dua kata tersebut.

Pengertian Efektif dan Efisien

pengertian efektif dan efisien wikipedia

Pengertian efektif adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.

Dengan kata lain, efektif berarti mengerjakan sesuatu dengan benar agar mencapai target yang dikehendaki.

Dikutip dari wikipedia, efektif merupakan kalimat yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku.

Seperti unsur-unsur penting yang wajib dimiliki setiap kalimat (subjek dan predikat); melihat ejaan yang disempurnakan; serta cara memilih kata (diksi) yang tepat dalam kalimat.

Sedangkan pengertian efisien adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum.

Efektif bisa juga diartikan mengerjakan sesuatu dengan rasio terbaik antara hasil dan sumber daya.

Pengertian Efektif dan Efisien Menurut Para Ahli

Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata efektif berarti terdapat efek (akibat, kesan, pengaruh); manjur atau mujarab (tentang obat); dapat membawa hasil; berhasil guna (tentang tindakan, usaha); mangkus; mulai berlaku (tentang undang-undang, peraturan).

Sedangkan kata efisien berarti tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang tenaga, waktu, biaya); dapat menjalankan tugas dengan tepat dan cermat; bertepat guna; berdaya guna; sangkil.

Para ahi lainnya berpendapat bahwa efektif dan efisien memiliki pengertian seperti berikut:

Definisi efektif menurut para ahli

  • Efektif merupakan pencapaian target dalam batas waktu yang sudah ditetapkan tanpa memperdulikan biaya yang sudah dikeluarkan.

  • Efektif adalah kemampuan menghasilkan output. Ketika sesuatu dipandang efektif, maka hal tersebut dipandang memiliki hasil yang diharapkan.

  • Efektif merupakan suatu hal yang dianggap mampu berhasil atau mencapai hal yang dikehendaki.

Definisi efisien menurut para ahli

  • Efisien merupakan pencapaian target dengan menggunakan hasil yang sama untuk memberikan hasil yang lebih besar.

  • Efisien adalah usaha untuk membuat pengorbanan yang paling tepat untuk mendapat hasil yang dikehendaki.

  • Efisien merupakan suatu aktivitas yang dapat meminimalisir pemborosan atau kerugian sumber daya dalam menghasilkan sesuatu.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Berikut kami paparkan perbedaan efektif dan efisien dalam sebuah tabel. Sebelum melirik pada tabel.

PerbedaanEfektifEfisien
ArtiMelaksanakan suatu tugas, lalu mencapai
target dan menyelesaikannya.
Melaksanakan suatu tugas dengan optimal, contohnya
dengan cara yang paling cepat / ekonomis.
Memperhatikan UsahaTidakIya
Memperhatikan HasilIyaIya
Memperhatikan WaktuTidakIya
Memperhatikan prosesTidakIya

Contoh Efektif dan Efisien

Umumnya, seseorang menginginkan suatu hal yang efektif dan efisien. Namun, keduanya tidak selalu beriringan, terkadang dapat efektif namun tidak efisien, efisien namun tidak efektif, hingga tidak efisien dan tidak juga efektif.

Disini kita akan mengambil contoh “Dian hendak mengunjungi Jakarta di waktu libur panjang sekolah”. Nah, disini kami akan menjelaskan contoh yang efektif, efisien, beserta efektif dan efisien.

1. Efektif

Jika Dian pergi ke Jakarta menggunakan pesawat, maka Dian harus mengeluarkan uang sebesar Rp.1.700.000 dengan waktu perjalanan 2 jam.

Dengan begini, maka Dian melakukan aktivitas dengan efektif, namun tidak efisien. Hal ini dikarenakan Dian mengeluarkan biaya yang terbilang besar untuk menempuh perjalanan tersebut.

2. Efisien

Apabila Dian pergi ke Jakarta menggunakan bus ekonomi seharga Rp.120.000 dan ditempuh dalam waktu 17 jam.

Maka dapat dikatakan bahwa Dian melalukan suatu perjalanan yang efisien, namun kurang efektif. Hal ini karena Dian memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai di Jakarta.

3. Efektif dan efisien

Jika Dian menginginkan suatu yang efektif dan efisien. Dian harus memikirkan harga transportasi yang terbilang murah dengan waktu yang terbilang cepat juga

Dengan begini, mungkin Dian dapat menggunakan transportasi berupa kereta api yang memiliki harga lebih murah dan durasi yang tidak terlalu lama juga.

Nah, itulah pembahasan mengenai perbedaan efektif dan efisien. Semoga dapat bermanfaat.

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *