Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan CIA dan FBI

2 min read

Perbedaan CIA dan FBI

Bagi kalian yang menyukai film action pasti sudah tidak asing lagi dengan CIA dan FBI. Mereka sama – sama keren, namun ternyata mereka berbeda. Perbedaan CIA dan FBI sangat mencolok.

Yuksinau akan menjelaskan bukan hanya perbedaannya, tetapi ada juga pengertian, fungsi, peran, dan lainnya. Simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian CIA dan FBI

1. CIA (Central Intelligence Agency)

Central Intelligence Agency

CIA merupakan badan yang bertugas untuk mengumpulkan informasi – informasi intelejen melalui jarigan mata – mata dan beroperasi di Amerika Serikat.

CIA didirikan pada tanggal 18 September 1947 yang mempunyai motto Kamu akan mengetahui kebenaran dan hal itu akan membebaskan Kamu.

CIA memiliki kantor eksekutif dan 4 direktorat utama, yaitu :

  • Direktorat Intelijen -> Bertanggung jawab untuk segala sumber analisis dan penelitian intelijen.
  • National Clandestine Service -> Bertugas untuk melakukan pengumpulan intelijen klandestin dan tindakan rahasia.
  • Direktorat Dukungan -> Bertugas untuk menyediakan dan memberikan keperluan rumah tangga yang berhubungan dengan fungsi administrasi.
  • Direktorat Sains dan Teknologi -> Bertugas untuk menciptakan dan menerapkan teknologi yang inovatif dalam mendukung misi pengumpulan intelijen.

2. FBI (Federal Bureau of Investigation)

Federal Bureau of Investigation

FBI merupakan badan yang bertugas untuk mengumpulkan informasi intelijen serta menjaga keamanan dan mengatasi kejahatan federal dan beroperasi di Amerika Serikat.

FBI didirikan pada tanggal 26 Juli 1908 yang mempunyai motto kesetiaan, keberanian, dan integritas.

FBI memiliki 5 cabang fungsional, yaitu :

  • Cabang Pidana, Cyber, Tanggapan, dan Pelayanan
  • Cabang Keamanan Nasional
  • Cabang Sumber Daya Manusia
  • Cabang Informasi dan Teknologi
  • Cabang Sains dan Teknologi

FBI dan kelima cabang tersebut adalah merupakan bagian dari Departemen Kehakiman yang diatur dalam Kantor Direktur yang menangani fungsi yang berkaitan dengan administrasi.

Anda mungkin juga butuh informasi mengenai Perbedaan Arus Listrik dan Tegangan Listrik

Perbedaan CIA dan FBI

Perbedaan antara CIA dan FBI sudah kami rangkumkan dalam tabel berikut ini agar anda dapat lebih jelas untuk membedakannya dan dapat lebih memahaminya.

Perbedaan CIA dan FBI
PembedaCIAFBI
Kepanjangan dariCentral Intelligence AgencyFederal Bureau of Investigation
PengertianCIA merupakan badan yang bertugas untuk mengumpulkan informasi – informasi intelejen melalui jarigan mata – mata dan beroperasi di Amerika Serikat.FBI merupakan badan yang bertugas untuk mengumpulkan informasi intelijen serta menjaga keamanan dan mengatasi kejahatan federal dan beroperasi di Amerika Serikat.
Berdiri18 September 194726 Juli 1908
MottoKamu akan mengetahui kebenaran dan hal itu akan membebaskan Kamu.Kesetiaan

Keberanian

Integritas

Fungsi1.       Mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyebarkan informasi intelijen asing demi membantu presiden dan para pembuat kebijakan pemerintah Amerika Serikat dalam menggambil keputusan yang berkaitan dengan keamanan nasional.

2.       Memberikan sumber terpercaya mengenai informasi intelijen asing.

3.       Mengumpulkan informasi keamanan nasional yang berkaitan dengan pemerintah luar negeri, perusahaan, dan individu yang harus diserahkan kepada pemerintah Amerika Serikat.

4.       Menyediakan intelijen untuk menginformasikan operasi tempur angkatan bersenjata Amerika Serikat di negara lain seperti Afganistan dan Irak atau yang lainnya.

1.       Badan yang menangani intelijen dan ancaman dari dalam negeri yang berkoordinasi dengan National Security Organization.

2.       Untuk melindungi dan membela Amerika Serikat terhadap ancaman intelijen asing dan teroris.

3.       Untuk memberikan kepemimpinan dan layanan peradilan pidana federal bagi negara bagian, kota, dan badan internasional, serta mitra.

4.       Untuk menjunjung dan menegakkan hukum pidana Amerika Serikat.

5.       Mengumpulkan informasi dari intelijen yang berkaitan dengan keamanan yang terjadi di dalam negeri.

6.       Menyelidiki kejahatan federal seperti penggelapan pajak, penipuan, dan penculikan.

7.       Menangani segala permasalahan seperti korupsi, terorisme, serangan cyber, perang intelijen, pemerasan, penipuan, narkoba atau obat – obatan terlarang, serta kejahatan berat lainnya.

PeranLuar negeri (lingkup internasional)Dalam negeri (lingkup nasional)
BekalPara agen dibekali dengan wawasan intelijensi dan spionase.Para agen dibekali dengan kemampuan militer.
Kemampuan UtamaIntelijen dan emosionalFisik
Markas BesarVirginia dan LangleyWashington DC dan Gedung J. Edgar Hoover
Jumlah AgenRahasia. Namun diperkirakan mencapai 20.000 agen.Pada tanggal 21 Oktober 2014 jumlah agen mencapai 35.104 orang.
Agen KhususDirektir : John O. Brennan

Wakil Direktur : Michael J. Morell

Wakil Direktur Asosiasi : Stephanie O’Sullivan

Direktur : James Comey

Wakil Direktur : Mark Giuliano

Anggaran TahunanRahasiaPada tahun 2014 jumlah anggaran tahunannya mencapai sebesar $ 8.3 Milyar.
SeragamTak berseragam karena biasanya harus menyamar.Punya seragam khusus.
Websitewww.cia.govwww.fbi.gov

Untuk dapat bergabung menjadi agen CIA anda harus berwarganegara Amerika Serikat dengan usia di atas 18 tahun dan lulusan SMA serta memerlukan kemampuan dalam berbahasa asing.

Sama halnya dengan CIA, untuk dapat bergabung menjadi agen FBI anda juga harus berwarganegara Amerika Serikat tanpa memiliki catatan kriminal dan sudah sarjana dengan waktu tempuh 4 tahun serta dapat lulus dari tes dasar.

Selain itu untuk menjadi agen FBI anda juga harus lolos dalam tes kebugaran fisik dan poligraph dan jika sudah terpilih maka anda diharuskan menjalani pelatihan selama 21 minggu di akademi FBI.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai CIA dan FBI serta perbedaan diantara keduanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *