Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

1 min read

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Baik biografi maupun autobiografi sekilas memang sama saja, akan tetapi sebenarnya memiliki perbedaan. Apa sih perbedaan biografi dan autobiografi ?

Nah di artikel kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan – perbedaan tersebut secara tuntas. Dan yang paling mendasar adalah mengenai penulisnya.

Sebelum itu ketahui terlebih dahulu pengertian biografi dan autobiografi.

Pengertian Biografi dan Autobiografi

Untuk dapat mengerti tentang biodata dan cerita kehidupan seseorang biasanya orang akan membaca sebuah biografi atau autobiografi.

1. Biografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain dan biasanya mencangkup nama orang tersebut, nama orang tuanya, tanggal lahir, alamat, peristiwa penting dan menarik yang pernah ia lalui atau dapat juga hasil karya orang tersebut.

2. Autobiografi

Autobiografi disebut juga sebagai otobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri tentang diri sendiri untuk mengekspresikan perasaan pribadi yang dirasakan oleh seseorang.

Tujuan Biografi dan Autobiografi

Biografi dan Autobiografi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyampaikan informasi. Namun pada autobiografi seringkali penulis menyampaikan emosi yang dirasakan saat melakukan cerita yang ditulis tersebut.

Karena memang penulis mengingat dengan jelas dan pernah merasakan peristiwa tersebut serta penulis ingin menyampaikan perasaan tersebut kepada pembaca lewat ceritanya.

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Perbedaan Biografi dan Autobiografi
PembedaBiografiAutobiografi
Ditulis OlehOrang lainDiri sendiri atau orang yang sama
Gaya BahasaOrang ke-3Orang pertama
IjinBiasanya memerlukan ijin dari yang bersangkutanTidak perlu dengan ijin karena menulis tentang diri sendiri
TujuanInformatifMengekspresikan perasaan probadi dan tentunya informatif.
Pengumpulan DataDari berbagai narasumber yang dikumpulkan secara lengkapPengalaman pribadi
Usia TokohBiasanya yang sudah meninggal atau yang berusia lebih dari 50 tahun untuk mengenangnya atau memberikan penghargaan.Biasanya masih muda karena ditulis sendiri secara sadar.
ContohBiografi Gus Dur yang dikarang oleh Greg Barton dan biografi Chairil yang dikarang oleh Hasan Aspahani serta masih banyak lagi.Autobiografi Alex Ferguson dan Nelson Mandela yang dikarang sendiri serta masih banyak lagi.

Mudah dipahami bukan perbedaan antara biografi dan autobiografi yang kami sampaikan ? Semoga bermanfaat ya. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *