Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan Arus AC dan Arus DC

2 min read

Perbedaan Arus AC dan Arus DC

AC dan DC adalah suatu arus listrik yang sering kita jumpai di sekitar kita. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui apa perbedaan diantara keduanya. Artikel kali ini akan menjelaskan perbedaan arus AC dan arus DC secara jelas dan singkat.

Hampir semua orang pernah mrasakan yang namanya arus listrik baik itu arus listrik AC maupun arus listrik DC. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu arus listrik AC dan apa itu arus listri DC.

Pengertian Arus AC dan Arus DC

1. Arus AC

Arus AC disebut juga dengan arus bolak – balik. Arus AC diperoleh dari generator bolak – balik yang memiliki tujuan utama untuk mengubah gerak menjadi listrik.

Sebuah generator listrik terdiri dari beberapa magnet dan kabel yang disebut armatur dan kabel ini biasanya sangat panjang.

2. Arus DC

Arus DC disebut juga dengan arus searaah. Arus DC menggunakan baterai yang diibaratkan sebagai pompa yang memompa elektron melalui kabel.

Reaksi kimia di dalam baterai menyebabkan elektron keluar dari elektroda karbon.

Informasi berikut juga tak kalah penting yaitu Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Asal Usul Arus AC dan Arus DC

Arus DC atau searah lebih dulu ditemukan dari pada arus AC. Arus DC ditemukan dan diperkenalkan oleh Thomas Edison sedangkan Arus AC ditemukan dan diperkenalkan oleh Nikola Tesla.

Thomas Edison mendekatkan medan magnet ke kawat dan itu menyebabkan elektron mengalir satu arah mengikuti kawat. Aliran ini mengalir dari negatif ke positif karena aliran tersebut ditolak oleh sisi negatif dan ditarik oleh sisi positif. Inilah bagaimana asal usaul daya baterai DC ada.

Lama kelaman arus DC digantikan oleh arus AC yang ditemukan oleh Nikola Tesla. Karena arus AC lebih aman dan efisien ketika dialirkan pada jarak jauh seperti dari kota ke kota dan dapat menghantarkan arus listrik yang lebih besar.

Arus AC menggunakan megnet yang berputar. Ketika magnet mengarah ke satu arah maka elektron akan bergerak menuju sisi positif. Dan ketika magnet mengalir berbalik arah maka elektron akan bergerak menuju sisi negatif.

Penyimpanan dan Konversi Listrik AC dan DC

Untuk penyimpanan daya, arus listrik DC dapat disimpan di dalam baterai. Sedangkan untuk arus listrik AC tidak dapat disimpan.

Namun arus listrik AC dapat diubah menjadi arus listrik DC dengan menggunakan sebuah adaptor. Sebagai contoh, ketika anda menggunakan laptop anda dapat juga menyambungkannya ke adaptor untuk mengisi baterai laptop tersebut.

Arus listrik DC juga dapat di naik – turunkan menjadi arus listrik AC, akan tetapi proses tersebut lebih sulit. Sebagai contoh, ketika aki mobil anda bertegangan 12 volt dan anda akan mengubah menjadi arus listrik AC bertegangan 120 volt untuk mengisi saya alat kecil.

Perbedaan Arus AC dan Arus DC

Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak tabel perbedaan arus AC dan arus DC seperti berkut ini

Perbedaan Arus AC dan Arus DC
PembedaArus AC (Bolak – Balik)Arus DC (Searah)
ArahBerbalik arah ketika mengalir dalam sebuah rangkaian.Mengalir dalam satu arah rangkaian.
ArusBervariasi pada tiap waktu.Tetap pada tiap waktu.
Aliran ElektronArah elektron saling bergantian yaitu maju dan mundur.Elektron akan terus mengalir di satu arah atau maju.
Jumlah Energi yang dapat dilakukanDapat memberikan lebih banyak kekuatan dan aman untuk mentransfer pada jarak jauh seperti dari kota ke kota.Tidak dapat melakukan perjalanan jauh atau panjang karena tegangan DC akan kehilangan energi.
Penebab Arah Aliran ElektronPerputaran dari magnet sepanjang kawat.Magnet yang stabil sepanjang kawat.
Diperoleh dariGenerator arus bolak – balik.Baterai atau sel.
Frekuensi50 Hz atau 60 Hz tergantung pada negara.0
Faktor Daya0 – 1Selalu 1
Parameter PassiveImpedansiHambatan
JenisSegitiga, segiempat, trapesium, sinusoidal.Murni atau bergetar.
Dikenalkan olehNikola TaslaThomas Edison
Keuntungan1.       Tegangan AC dapat dengan mudah dinaikkan atau diturunkan melalui transformator.

2.       Dapat menghantarkan arus listrik yang lebih besar.

3.       Dapat mentrasfer arus listrik dengan jarak jauh seperti dari kota ke kota.

Lebih praktis.

Demikian artikel mengenai perbendaan antara arus AC dan arus DC. Semoga anda jadi lebih dapat membedakan antara keduanya. Terima kasih 🙂

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *