Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Perbedaan AM dan PM

1 min read

Perbedaan AM dan PM

Tidak sedikit orang belum mengetahui perbedaan AM dan PM. Bahkan, ada yang sempat mengetahuinya kemudian lupa, karena sebagian orang hanya mengingat tanpa memahaminya. Umumnya, AM dan PM digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika untuk menunjukan waktu.

Negara yang berada di kawasan tersebut menggunakan format 12 jam untuk membedakan rentang waktu antara siang dan malam. Sedangkan di Asia, umumnya menggunakan format 24 jam.

Namun seiring perkembangan teknologi, penggunaan format waktu 12 jam sudah sangat menjamur. Konsep AM dan PM dapat dijumpai pada smartphone, komputer, jam digital, hingga jam tangan.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaannya sama sekali atau lupa, maka akan segera mengetahui perbedaan tersebut. Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui perbedaan AM dan PM.

Penggunaan AM dan PM

Untuk memudahkan Anda dalam memahaminya, kami akan menjelaskan secara ringkas dan sederhana. Namun sebelum itu, perbedaan.info juga menyinggung mengenai perbedaan efektif dan efisien.

AM

pembagian waktu am dan pm

AM adalah singkatan dari ‘Ante Meridiem’ yang berasal dari bahasa latin, yaitu memiliki arti ‘sebelum tengah siang’. Selain itu, ada juga yang menyebut bahwa AM merupakan singkatan dari ‘After Midnight’. Jadi, AM digunakan untuk menandakan waktu antara tengah malam hingga sebelum tengah hari (jam 12.00/siang).

Contoh: Apabila di Indonesia menunjukan waktu 11.00 (jam 11 pagi), maka saat diubah ke format waktu 12 jam menjadi 11.00 am.

PM

Sedangkan PM merupakan singkatan dari ‘Post Meridiem’ yang berasal dari bahasa latin, dan memiliki arti ‘setelah tengah siang’. Terdapat juga yang menyebutnya dengan ‘Pre Midnight’. Jadi, PM digunakan saat waktu memasuki tengah hari (tengah siang) hingga sebelum tengah malam.

Contoh: Apabila waktu menunjukan waktu 17.00 (jam 5 sore), maka ketika diubah dalam format waktu 12 jam menjadi 05.00 pm.

Perbedaan AM dan PM

Berdasarkan pembagian periode waktu, maka AM dan PM dibedakan seperti berikut:

  • AM (Ante Meridiem): Digunakan saat waktu memasuki pukul 00.00 hingga waktu menunjukan pukul 11.59.
  • PM (Post Meridiem): Digunakan saat waktu memasuki pukul 12.00 hingga waktu menunjukan pukul 23.59.

Dengan begitu, maka 12.00 am memasuki waktu tengah malam, sedangkan 12.00 pm menunjukan waktu tengah siang.

Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan AM dan PM. Dengan begini, tentu Anda sudah lebih paham mengenai pembagian waktu dalam AM dan PM.

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *