Pengertian Perangkat Lunak Menurut Ahli

Share
Comment 1 reply
Pengertian Perangkat Lunak Menurut Ahli

Jumpa lagi bareng kita, yuksinau.id yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui.

Dan kali ini yuksinau.id berkesempatan untuk membahas pengertian perangkat lunak menurut ahli dan secara umum.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Perangkat Lunak Secara Umum

mengenal perangkat lunak komputer

Perangkat lunak (Software) merupakan suatu istilah khusus yang dipakai pada data yang diformat.

Serta disimpan secara digital yang di dalamnya meliputi program komputer, dokumentasinya, serta seagala informasi yang bisa ditulis dan dibaca oleh komputer.

Perangkat lunak juga dapat disebut sebagai sebuah bagian sistem dalam komputer yang tidak memiliki wujud nyata.

Dan istilah seperti itu digunakan untuk menonjolkan perbedaan antaraalt software (perangkat lunak) dengan hardware (perangkat keras) komputer.

Karena dikatakan sebagai perangkat lunak atau software, maka software itu memiliki sifat yang jauh berbeda dengan dengan perangkat keras (hardware).

Apabila hardware adalah perangkat yang nyata, dapat dilihat dengan mata yang jelas, sekaligus dapat dipegang secara langsung, maka hal itu tidak berlaku pada software, sebab software tidak bisa dipegang dan dilihat secara fisik bentuknya.

Meski software tidak nampak secara nyata dalam bentuk fisik, akan tetapi software dapat dijalankan dan dioperasikan dengan baik.

Pengertian Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian perangkat lunak menurut ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Roger S. Pressman

 

Pengertian software menurut gagasan yang disampaikan oleh Roger S. Pressman (2002), Pressman menyebutkan bahwa perangkat lunak atau software merupakan suatu perintah program yang teradapat di dalam sebuah komputer.

Yang jika dieksekusi oleh usernya akan memberikan sejumlah fungsi sekaligus menampilkan informasi yang diinginkan oleh usernya.

Pernyataan ini memberikan gambaran jika software atau perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk memberikan perintah komputer.

Supaya komputer bisa menjalankan fungsi dengan optimal, sesuai dengan kemauan si user yang akan memberikan perintah.

2. Melwin Syafrizal Daulay

 

Dalam bukunya yang berjudul “Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer”.

Di dalamnya Melwin menerangkan pengertian software sebagai suatu perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas kerja dalam komputer sekaligus semua intruksi yang mengarah kepada sistem komputer.

Selanjunya ia juga menjelaskan jika software adalah perangkat yang menjembatani interaksi anatara user dengan komputer dengan menggunakan bahasa mesin.

3. Wahana Komputer

 

Wahana Komputer adalah suatu kelompok atau perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer serta sering menerbitkan artikel yang berhubungan dengan perangkat lunak.

Menurut gagasan yang disampaikan oleh wahana komputer yang dimaksud dengan software merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk melaksanakan kontrol sekaligus untuk manajemen hardware.

Di dalam komputer software yang di dalamnya meliputi sistem operasi dan aplikasi.

Dari penjelasan software yang dituturkan oleh wahana komputer, dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya dengan mengenakan software.

User bisa melakukan beragam proses manajemen hardware dan sekaligus mengoperasikan hardware yang tersedia.

4. ITL Education Solutions Ltd.

ITL Education Solutions Limited adalah suatu perusahaan yang berskala internasional dan bergerak dalam bidang pendidikan dan merka sering mengeluarkan buku yang berhubungan dengan perangkat lunak.

ITL Education Solutions Limited menyebutkan di dalam buku nya yang berjudul “introduction to computer science”.

Software atau perangkat lunak merupakan suatu istilah umum yang berfungsi untuk menunjukkan informasi data dalam komputer serta instruksi yang terorganisir.

Dalam hal ini, software memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan, mengelola, serta mengintegrasikan komponen hardware dari suatu sistem komputer dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas atau perintah tertentu.

5. Wilman & Riyan

Tokoh lainnya yang mengartikan software selanjutnya ialah Wilman dan Riyan. Mereka mengartikan software sebagai suatu perangkat operasi kerja yang berfugnsi untuk menjalankan berbagai komponen yang ada di hardware.

Selanjutnya, Wilman dan Riyan juga menyebutkan bahwa software bersifat maya, yang mana dapatdiartikan bila perangkat lunak atau software tidak bisa dilihat secara fisik dalam sebuah bentuk.

Tetapi kita sebagai user dapat menjalankan fungsi dan merasakan manfaatnya.

6. Fauziah

Ahli lainnya yang mendefinisikan pengertian software yakni Fauziya, menurut pendapat yang dilontarkan oleh Fauziyah.

Software merupakan suatu program komputer yang berfungsi untuk menginput data, menyimpan data, mengecek data, memanipulasi data serta mendapatkan hasil dari data tersebut yang dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan perangkat hardware.

7. Wiwit Siswoutomo

Ahli lainnya yang mengartikan software yaitu Wiwit Siswoutomo, Wiwit menyebutkan bahwasannya yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak merupakan suatu nyawa dari komputer atau hardware.

Oleh sebab itulah, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah hardware atau perangkat keras yang mati dan tidak dapat digunakan (tidak ada manfaatnya).

8. Imam Prayogo Pujiono

Ahli lainnya yang ikut memberikan pendapat mengenai pengertian software yaitu Imam Prayogo Pujiono, M.kom yang merupakan praktisi sekaligus seorang dosen dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

Imam menyebutkan bahwasannya software merupakan suatu program di dalam komputer yang disusun sedemikian rupa.

Yang apabila dijalankan akan memberikan perintah ke komputer atau hardware atau software lain dalam rangka menyelesaikan suatu tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diinginkan oleh user.

9. Juntak Teamwork

Organisasi terakhir yang juga menyampaikan pengertian dari software ialah Juntak Teamwork.

Menurut Juntak Teamwork, software merupakan suatu konstruksi atau bangunan dari sebuah program yang dirancang sedemikian rupa, serta diatur untuk suatu sistem kerja yang dijalankannya.

10. SUNARTO, S,Kom

Software adalah nyawa dari sebuah komputer sehingga singkatnya apabila komputer tidak bisa digunakan jika tidak dilengkapi dengan software

11. Wikipedia

Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) merupakan suatu istilah khusus bagi data yang diformat, dan juga disimpan secara digital, meliputi program komputer, dokumentasinya, dan berbagai macam informasi yang dapat dibaca, serta ditulis oleh komputer.

12. KBBI

Perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (contoh sistem komputer);
(2) bagian dari alat (komputer dan sebagainya) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama.

Itulah beberapa pengertian software atau perangkat lunak menurut ahli, semoga bermanfaat. :))

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.