Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN 2019/2020

2 min read

Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas informasi seputar Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN 2019/2020. Informasi ini ditujukan khusus bagi kalian yang telah mengikuti ujian tertulis baik dalam bentuk UTBC maupun UTBK.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah..

SBMPTN

pendaftaran online sbmptn

Sebelum membahas pengumuman hasilnya, kita ulas sedikut mengenai apa itu SBMPTN.

SBMPTN yang merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ialah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tujuan.

Pelaksanaan dari SBMPTN ini dilakukan melalui ujian tertulis (UTBC atau UTBK) yang diikuti oleh seluruh peserta SBMPTN.

Serta terdapat ujian tambahan yang berupa ujian keterampilan bagi peserta yang memilih program studi dalam bidang seni dan keolahragaan.

Di tahun ini, pada ujian tertulis SBMPTN mempunyai dua macam yang berbeda. Yakni Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di mana dalam menentukan pilih UTBC atau UTBK ditentukan sejak awal pada saat melakukan proses pendaftaran.

Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) sendiri merupakan peserta yang mengikuti ujian tertulis SBMPTN secara tertulis yaitu dengan memakai alat tulis.

Sementara untuk, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan peserta yang mengikuti ujian tertulis SBMPTN dengan memakai bantuan komputer.

Bagi yang memilih program studi dalam bidang seni dan keolahragaan setelah melaksanakan ujian tertulis, maka selanjutnya harus mengikuti ujian keterampilan.

Ujian keterampilan untuk bidang seni pada umumnya terdiri atas tes pengetahuan serta keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.

Sementar ujian keterampilan untuk bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan serta tes keterampilan motorik.

Tentunya, buat kalian yang telah melaksanakan ujian tersebut, mungkin saja kalian dapat memprediksi hasil dari SBMPTN itu sendiri.

Namun, untuk lebih jelas dan pasti kalian dapat melihat hasil dari pengumuman SBMPTN pada situs resminya.

Setelah beberapa waktu yang lalu kalian (peserta SBMPTN) telah mengikuti ujian tertulis (UTBC dan UTBK) SBMPTN serta ujian keterampilan SBMPTN, maka pada tanggal …. mulai  ini panitia SBMPTN akan segera mengumumkan siapa saja nama dari peserta SBMPTN yang akan dinyatakan lulus ujian SBMPTN serrta yang dinyatakan tidak lulus ujian SBMPTN. *jadwal akan segera kami update.

Catatan Penting:

Ketika kalian akan melihat pengumuman hasil seleksi SBMPTN, tentunya seluruh peserta akan mengakses situs resmi pengumuman SBMPTN tersebut secara bersamaan.
Hal tersebut dapat menyebabkan situs akan mengalami gangguan, sehingga situs tidak dapat dibuka (down). Untuk itu, kalian harus sabar menunggu hingga situs kembali normal (dapat diakses).

Bagi kalian yang memerlukan bantuan dalam melihat pengumuman hasil UTBC dan UTBK SBMPT, berikut akan kami berikan panduannya untuk kalian semua. Simak dengan baik dan teliti panduannya.

Perlu kalian catat, bahwa pengumuman hasil ujian akan diumumkan secara online di hari yang telah ditentukan mulai dari pukul 17.00 WIB.

Tata Cara Melihat Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN

  • Mengakses situs resmi pengumuman SBMPTN di alamat: pengumuman.sbmptn.ac.id . Kemudian akan segera muncul tampilan halaman seperti di bawah ini:
  • GAMBAR
  • Nanti kalian akan diminta untuk mengisi Nomor Peserta dan Tanggal Lahir kalian. Silahkan isikan pada kolom yang tersedia, serta isi kode captcha yang terlihat kemudian klik “cari“.
  • Apabila server tidak down, maka situs akan langsung memberikan keterangan mengenai kelulusan kalian. Silahkan kalian baca apakah kalian dinyatakan lulus SBMPTN atau tidak lulus SBMPTN.

Kami mengucapkan selamat bagi kalian yang telah dinyatakan lulus SBMPTN. Dan langkah yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah mengakses situs resmi Perguruan Tinggi Negeri yang menerima kalian.

Bacalah informasi tentang pendaftaran ulang SBMPTN yang berwujud jadwal dan persyaratannya, dan kemudian ikuti prosedur yang tertera di dalamnya.

Dan bagi kamu yang belum berhasil dalam seleksi SBMPTN, jangan berkecil hati. Kalian masih dapat mengikuti jalur lainnya yakni jalur seleksi mandiri. Tetap semangat dan belajar terus agar dapat lolos di jalur seleksi mandiri nantinya.

Demikianlah Pengumuman Hasil UTBC dan UTBK SBMPTN yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *