Pengumuman Bidikmisi 2019/2020

4 min read

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan info mengenai Pengumuman Bidikmisi 2019/2020. Yang mana artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.

Untuk membahas pengumuman hasil Bidikmisi, kami akan uraikan menjadi beberapa bagian. Antara lain Pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, sampai pada Jalur Mandiri PTN / PTS.

Informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Bidikmisi

cara melihat pengumuman bidikmisi 2019

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwasannya. Bidikmisi merupakan bantuan biaya hidup dan juga biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki potensi akademik yang unggul pada saat masih duduk di bangku SMA/ MA/ SMK/ Sederajat.

Program Bidikmisi ini adalah suatu program yang diselenggarakan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan Dikti untuk memberikan bantuan biaya hidup sekaligus biaya kuliah terhadap calon mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi selama kurun waktu 8 (delapan) semester.

Sebelum calon peserta mendaftarkan diri mengikuti program Bidimisi, terlebih dahulu setiap calon peserta harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Baik persyaratan yang berasal dari pihak perguruan tinggi yang dituju maupun persyaratan yang berasal dari Bidikmisi.

Di dalam Buku Petunjuk Teknik Bidikmisi Siswa sendiri disebutkan terdapat beberapa jalur seleksi untuk program Bidikmisi yang dapat kalian ikuti. Diantaranya yaitu:

  • Bidikmisi Jalur SNMPTN
  • Bidikmisi Jalur SBMPTN
  • Bidikmisi Jalur PMDK-PN
  • Bidikmisi Jalur UMPN
  • Bidikmisi PTKIN (SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri PTKIN)
  • Bidikmisi Jalur Mandiri PTN
  • Bidikmisi Jalur Mandiri PTS

Sesudah kalian berhasil mendaftarkan diri menjadi peserta program Bidikmisi, tahapan selanjutnya adalah  mengikuti ujian seleksi yang dibuka.

Baik itu jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, atau Bidikmisi jalur mandiri PTN/ PTS.

Apabila kalian dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK, atau jalur mandiri PTN/ PTS, maka kesempatan kalian untuk dapat memperoleh Bidikmisi akan terbuka lebar.

Kemudian, pihak panitia program Bidikmisi akan melakukan survey dengan cara mendatangi langsung tempat tinggal kalian.

Yang bertujuan untuk mengetahui apakah kalian layak untuk memperoleh program Bidikmisi ini. Selain mendatangi tempat tinggal kalian, pihak penyelenggara Bidikmisi juga akan melakukan wawancara.

Setelah selesai melaksanakan serangkaian ujian yang dilalai melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, atau Bidikmisi jalur mandiri PTN/ PTS. Maka kalian hanya perlu menunggu pengumumuan kelulusan Bidikmisi.

Yakinlah, bawa pengumaman yang akan keluar keluar nantinya adalah yang terbaik buat kalian.

Untuk yang telah dinyatakan diterima, kami ucapkan selamat untuk kalian.

Manfaatkanlah semua biaya bantuan Bidikmisi tersebut dengan benar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Yang mana digunakan sebagai penunjang proses pendidikan yang akan kalian tempuh di dalam Perguruan Tinggi.

Untuk kalian yang belum diterima dalam program Bidikmisi, tidak usah berkecil hati.

Bangkit dan tetap semangat. Yakinlah bahwa orang tua kalian masih mampu dalam membiayai kulian kalian hingga selesai.

Senantiasa berdoa supaya orang tua kalian diberikan kesehatan dan kelancaran rejeki supaya dapat terus bekerja.

Tak hanya itu, kalian pun dapat bekerja sembari kuliah dengan catatan jika hal tersebut tidak akan mengganggu jadwal kuliah kalian.

Pengumuman Bidikmisi

Setelah membaca penjelasan di atas, kini saatnya kita membahas bagaimana cara untuk melihat pengumuman Bidikmisi untuk masing-masing jalur penerimaan.

Informasi selengkapnya simak ulasan di bawah ini..

1. Pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN

Pengumuman hasil Bidikmisi untuk jalur SNMPTN akan diumumkan segera setelah pengumuman SNMPTN dilaksanakan.

Sesudah kalian dinyatakan lulus lewat jalur SNMPTN, selanjutnya pihak panitia Bidikmisi akan melakukan verifikasi Bidikmisi jalur SNMPTN untuk menentukan kelulusan Bidikmisi kalian.

Untuk pengumuman Bidikmisi ini dapat kalian lihat langsung pada situs resmi masing-masing PTN tujuan kalian.

Contohnya:

Kalian mendaftar Bidikmisi jalur SNMPTN dengan memilih Universitas Airlangga, maka pengumuman kelulusan Bidikmisi dapat kalian lihat di sistus resmi Universitas Airlangga.

Apabila nama kalian terdaftar dalam pengumuman kelulusan mahasiswa baru Bidikmisi, berarti kalian sudah dinyatakan lulus Bidikmisi. Begitupun sebaliknya, apabila nama kalian tidak ada, berarti kalian tidak lulus program Bidikmisi.

2. Pengumuman Bidikmisi jalur SBMPTN

Sama halnya dengan pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN. Pengumuman Bidikmisi untuk jalur SBMPTN pun dilakukan setelah pengumuman SBMPTN dilaksanakan.

Apabila kalian telah dinyatakan lulus seleksi jalur SBMPTN, selanjutnya pihak panitia akan melakukan proses seleksi tahap berikutnya. Yakni salah satunya dengan cara melakukan survey dengan mendatangi langsung ke rumah kalian.

Selepas melaksanakan survey rumah, berikutnya panitia dari program Bidikmisi akan menentukan apakan kalian layak untuk mendapatkan Bidikmisi atau tidak.

Untuk pengumuman Bidikmisi ini dapat kalian lihat langsung pada situs resmi masing-masing PTN tujuan kalian.

3. Jalur PMDK-PN

Untuk melihat pengumuman Bidimisi jalur seleksi PMDK-PN sama halnya dengan penjelasan di atas. Apabila kalian telah dinyatakan lulus dalam seleksi PMDK-PN maka kalian akan mempunyai kesempatan lolos dama Bidikmisi juga.

Untuk pengumuman Bidikmisi ini dapat kalian lihat langsung pada situs resmi masing-masing Politeknik  tujuan kalian.

Apabila nama kalian terdaftar dalam pengumuman kelulusan mahasiswa baru Bidikmisi, berarti kalian sudah dinyatakan lulus Bidikmisi. Begitupun sebaliknya, apabila nama kalian tidak ada, berarti kalian tidak lulus program Bidikmisi.

4. Jalur UMPN

Tidak hanya membuka jalur PMDK-PN saja, hampir seluruh Politeknik Negeri juga akan membuka jalur UMPN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Dalam jalur UMPN ini juga disediakan kuota khusus Bidikmisi untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Untuk pengumuman Bidikmisi ini dapat kalian lihat langsung pada situs resmi masing-masing Politeknik  tujuan kalian.

Biasanya pengumuman akan dilakukan seusai pengumuman UMPN dilaksanakan.

5. PTKIN

Selain Politeknik Negeri dan PTN, PTKIN yang mana merupakan universitas keagamaan islam juga ikut menyalurkan bantuan biaya. Dan bantuan tersebut disebut sebagai program Bidikmisi untuk calon mahasiswa barunya yang dapat memenuhi persyaratan.

Dalam penerimaanya, PTKIN akan menyaring mahasiswa baru dengan menggunakan beberapa jalur. Antara lain: jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri PTKIN.

Untuk yang tengah mengikuti seleksi Bidikmisi PTKIN, kalian bisa langsung melihat hasil kelulusannya pada situs resmi masing-masing PTKIN tujuan kalian.

Biasanya, pengumuman Bidikmisi PTKIN akan dilakukan sesudah pengumuman jalur seleksi PTKIN diumumkan.

Contohnya:

Kalian mengikuti Bidikmisi PTKIN jalur SPAN-PTKIN, maka kalian bisa melihat pengumuman Bidikmisi sesudah pengumuman SPAN-PTKIN.

Informasi selengkapnya bisa kalian lihat langsung pada masing-masing situs resmi PTKIN tujuan kalian.

6. Jalur Mandiri PTN

Tidak hanya seleksi jalur Nasional, Bidikmisi juga diselenggarakan lewat jalur mandiri PTN.

Untuk melihat pengumuman Bidikmisi jalur mandiri PTN, dapat kalian lihat langsung dalam situs resmi masing-masing PTN tujuan kalian.

Apabila nama kalian terdaftar dalam pengumuman kelulusan mahasiswa baru Bidikmisi, berarti kalian sudah dinyatakan lulus Bidikmisi. Begitupun sebaliknya, apabila nama kalian tidak ada, berarti kalian tidak lulus program Bidikmisi.

7. Jalur Mandiri PTS

Untuk melihat pengumuman Bidikmisi jalur mandiri PTS dapat kalian lihat secara langsung pada situs resmi masing-masing PTS tujuan kalian.

Apabila terdapat keterengan lulus dalam daftar pengumuman kelulusan mahasiswa baru Bidikmisi, berarti kalian sudah dinyatakan lulus Bidikmisi. Begitupun sebaliknya, apabila tidak ada, berarti kalian tidak lulus program Bidikmisi.

Penting!

Bagi kalian yang sudah dinyatakan lulus dengan melalui berbagai jalur di atas, segeralah lakukan proses daftar ulang Bidikmisi sesuai dengan ketentuan dan jadwal yang sudah ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Demikianlah informasi seputar Pengumuman Bidikmisi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat menjadi panduan bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Kami ucapkan selamat bagi kalian yang telah diterima program Bidikmisi, dan tetap semangat untuk kalian yang belom bisa diterima.

Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *