Pengertian WhatsApp

Share
Comment 0 reply
Pengertian WhatsApp

X

Advertisements

Loading...

WhatsApp berhasil menjadi salah satu aplikasi bertukar pesan yang sangat populer dan banyak digunakan saat ini, khususnya di Indonesia.

Tapi apakah kamu sudah mengetahui apa pengertian WhatsApp? Dan semua fakta lain dibalik berdirinya aplikasi ini? Mayoritas jawabannya adalah belum.

Oleh karena itu, kali ini Yuksinau akan membagikan tentang pengertian WhatsApp, sejarah, fungsi dan fitur, hingga kelebihan dan kekurangan WhatsApp yang sudah terangkum di bawah ini. Selamat membaca!

Pengertian WhatsApp

WhatsApp Messenger atau yang juga dikenal sebagai WA merupakan sebuah aplikasi perpesanan yang dibuat untuk smartphone.

WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan lintas platform yang memungkinkan kamu untuk mengirim dan menerima pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp berjalan pada internet.

Untuk bisa menjalankan WhatsApp, kamu harus terhubung ke koneksi internet dengan jaringan 3G, 4G, atau WiFi.

Setelah terhubung, kamu bisa saling bertukar pesan dengan pengguna lain, berbagi file, bertukar foto, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan panggilan dengan sesama pengguna WhatsApp, baik itu panggilan suara atau panggilan video. Kamu dapat melakukannya secara pribadi atau group.

Sejarah WhatsApp

Sejarah WhatsApp

Advertisement

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Jan Koum dan Brian Acton, dua orang mantan karyawan dari Yahoo!.

Cerita ini bermula pada bulan Januari 2009 silam, ketika Koum dan Acton membeli sebuah iPhone, kemudian mereka menyadari akan potensi dari industri software pada App Store. Mereka tahu bahwa untuk membuatnya, dibutuhkan pengembang aplikasi iPhone yang profesional.

Setelah itu, mereka kemudian mengunjungi Alex Fishman (teman Koum di West San Jose) untuk mengutarakan maksud mereka yaitu ingin membuat sebuah aplikasi berkirim pesan yang inovatif.

Kemudian Alex Fishman membuka situs RentAcoder.com dan menemukan seorang developer dari Rusia bernama Igor Solomennikov yang kemudian diperkenalkan dengan Koum.

Koum dan Acton kemudian menamakan aplikasinya dengan sebutan WhatsApp, merujuk dari kata “What’s up” yang berarti apa kabar.

Kemudian pada tanggal 24 Februari 2009, mereka resmi melegalkan sebuah perusahaan bernama WhatsApp Inc, di California.

Diawal pembuatannya, aplikasi WhatsApp sering mengalami crash, ini yang membuat Koum ingin menyerah, namun temannya Acton memberinya dukungan agar terus berjuang.

Kemudian pada bulan Oktober 2009, Acton mengajak lima mantan karyawan Yahoo! lainnya untuk berinvestasi ke WhatsApp dengan nilai $250.000 dan diberikan posisi sebagai co-founder.

Pada bulan November 2009, akhirnya WhatsApp secara resmi dirilis di App Store untuk iPhone. Kemudian disusul di bulan Januari 2010, WhatsApp berhasil masuk ke BlackBerry Store.

Lalu dilanjutkan lagi pada tahun yang sama di bulan Agustus, WhatsApp akhirnya masuk di Google Play Store untuk Android.

Advertisement

WhatsApp terus mendapatkan peningkatan pengguna yang amat baik, pada Februari 2013 tercatat telah digunakan sebanyak 200 juta orang.

Kemudian jumlah tersebut terus meningkat, pada tahun berikutnya pengguna WhatsApp mencapai 500 juta, dan pada September 2015, pengguna aktif WhatsApp mencapai angka 900 juta.

Melihat kejayaan WhatsApp, Facebook tertarik untuk membelinya. Akhirnya Facebook secara resmi mengakuisisi WhatsApp secara resmi dengan membayar $4 miliar secara tunai, $12miliar dalam bentuk kepemilikan saham Facebook, dan $3 miliar untuk Koum dan Acton dalam bentuk saham terbatas.

Fungsi WhatsApp

Fungsi WhatsApp

Berikut ini beberapa fungsi dan fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp:

1. Bertukar Pesan

Jelas, karena WhatsApp adalah aplikasi perpesanan lintas platform, tentu fungsi utama dan pertama dari aplikasi ini adalah untuk saling bertukar pesan antar penggunanya.

Kamu bisa bertukar pesan teks, foto, video, gif, dan file lainnya. Baik itu secara personal maupun group chat.

2. Media Bisnis

WhatsApp menyadari bahwa aplikasinya sering digunakan sebagai perantara bisnis, dimana para pelaku bisnis biasanya mempromosikan produk atau jasanya lewat status WhatsApp, chat pribadi, dan chat di Group.

Melihat hal tersebut, WhatsApp langsung merespon dengan mengeluarkan aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini secara khusus dibuat untuk para pelaku bisnis dan menambahkan beberapa fitur yang bisa memudahkan penggunanya.

3. Media Informasi

Dengan menggunakan WhatsApp, kamu bisa dengan cepat mengetahui informasi dan berita terbaru yang dikirimkan oleh orang lain melalui chat pribadi atau grup.

Tidak hanya sebagai penerima informasi saja, kamu juga bisa membagikan informasi dan berita ke orang lain dengan mudah.

4. Media Pendidikan dan Pekerjaan

Saat ini, WhatsApp juga banyak digunakan sebagai media pendidikan atau pekerjaan.

Contohnya saja di sekolah, hampir setiap kelas pasti memiliki grup WhatsApp masing-masing.

Hal ini ditambah dengan kondisi saat ini yang sedang pandemi, yang membuat sebagian besar sekolah diliburkan dan diganti dengan pembelajaran daring.

5. Media Komunitas

Banyak juga komunitas-komunitas yang memiliki grup sendiri di WhatsApp.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah bergabung ke komunitas tersebut dan memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan anggota lain.

6. Membuat Status

WhatsApp juga memiliki fitur untuk membuat status yang akan hilang setelah 24 jam berlalu.

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa membuat dan melihat status orang lain. Baik dalam bentuk teks, gambar, atau video.

7. Membuat Panggilan

Selain digunakan untuk bertukar pesan, WhatsApp juga menyediakan fitur panggilan secara langsung. Yaitu panggilan suara dan panggilan video.

Bahkan fitur ini tidak hanya bisa digunakan antar pengguna dengan pengguna lain, namun juga bisa dilakukan secara grup atau beberapa orang dalam satu panggilan yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

Advertisement

Sebagai sebuah aplikasi sosial media, WhatsApp tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang ada pada aplikasi WhatsApp:

Kelebihan WhatsApp

1. Mudah Digunakan

Aplikasi WhatsApp memiliki tampilan yang simple dan cara kerjanya juga sangat mudah.

Untuk bisa menggunakan WhatsApp, kamu hanya membutuhkan nomor telepon saja.

2. Bisa Backup Chat

Kelebihan lain yang dimiliki oleh WhatsApp yaitu adanya fitur untuk melakukan backup chat ke alamat email.

Jadi dengan demikian, kamu tidak akan kehilangan riwayat Chat yang mungkin suatu saat akan dibutuhkan.

Bahkan jika kamu mengganti smartphone kamu, kamu bisa melakukan restore dari chat yang sudah kamu backup di HP yang lama.

3. Sinkron Kontak Otomatis

Secara otomatis, WhatsApp akan melakukan sinkronisasi kontak. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu repot untuk menambahkan teman ke aplikasi WhatsApp.

Karena WhatsApp akan langsung memasukkan daftar kontak yang ada ke aplikasi WhatsApp, dengan catatan bahwa kontak tersebut juga terdaftar pada WhatsApp.

4. Tidak Membutuhkan Pulsa

Berbeda dengan SMS yang membutuhkan sejumlah pulsa untuk mengirim pesan, WhatsApp bisa digunakan secara gratis tanpa perlu pulsa sedikitpun.

Advertisement

5. Menarik Pesan

Jika tiba-tiba kamu salah mengirimkan pesan, kamu bisa menarik pesan tersebut agar tidak terbaca oleh penerima.

6. Privasi Aman

Meski sempat menjadi sorotan karena dinilai melanggar privasi pengguna, namun pihak WhatsApp atau Facebook sudah mengklaim bahwa privasi penggunanya akan aman.

Kekurangan WhatsApp

1. Membutuhkan Koneksi Internet

Meski WhatsApp bisa berjalan dan digunakan tanpa pulsa, namun untuk bisa menggunakannya, smartphone kamu harus terhubung dengan jaringan internet.

Baik itu menggunakan paket data dengan jaringan 3G, 4G, dan 5G atau menggunakan jaringan WiFi.

2. Kuota Cukup Boros

Jika kamu sering mendownload gambar, audio, video, atau file lain dari chat WhatsApp, tentu kuota kamu akan cepat habis.

Belum lagi saat melihat status pengguna lain, melakukan panggilan suara dan panggilan video.

3. WhatsApp Web dan Desktop Hanya Dapat digunakan jika Smartphone Aktif

Berbeda dengan Telegram Web dan Desktop yang bisa berjalan meskipun aplikasi Telegram di smartphone tidak aktif. WhatsApp Web dan Desktop hanya bisa berjalan jika smartphone dalam keadaan terhubung ke internet.

WhatsApp Official juga mempunyai banyak kekurangan dibandingkan WhatsApp MOD seperti GB WhatsApp yang mempunyai lebih banyak fitur.

Di atas adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian WhatsApp, sejarah, fungsi dan fitur, hingga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.