Pengertian Website

Share
Comment 0 reply
Pengertian Website

Semakin pesatnya internet berkembang di Indonesia, semakin banyak orang yang mengetahui apa itu website. Website adalah apa yang kamu kunjungi setiap kali berselancar di internet.

Mulai dari Google, Facebook, Twitter, Detik, Bukalapak, Yuksinau dan lainnya. Ketika kamu membuka layanan itu di komputer maupun hp, yang kamu buka adalah website.

Pengertian Website Secara Umum

Pengertian website yaitu sebuah kumpulan halaman yang didalamnya terdapat berbagai macam informasi teks, data, gambar maupun video yang bersifat dinamis maupun statis.

Secara umum, website merupakan kumpulan dari berbagai macam situs yang ada didalam domain atau subdomain yang berada di WWW (World Wide Web) dan pastinya terdapat di internet.

Umumnya halaman website yang berbentuk file dokumen ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan bisa dibuka melalui HTTP.

HTTP sendiri merupakan protokol yang akan memberikan informasi dari server sebuah situs, supaya dapat dipertunjukkan di beberapa web browser.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Website Adalah

Beberapa ahli juga pernah mengungkapkan pengertian tentang website diantaranya :

1. Hakim Lukmanul (2004)

Hakim Lukmanul pernah menjelaskan jika website bisa disebut sebagai fasilitas internet, dimana website mengkaitkan dokumen di lingkup lokal maupun jarak jauh.

Dokumen tersebut biasa disebut web page dan link website, yang memungkinkan pengguna bisa berpindah halaman (hyper text) baik diantara halaman yang tersimpan di satu server yang sama atau server dunia.

2. Yuhefizar

Salah satu ahli yang satu ini juga pernah menjelaskan jika website merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyediakan informasi internet.

Informasi tersebut antara lain berupa gambar, teks, video & suara atau interaktif dan memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen ke dokumen lainnya (hypertext).

Dan dapat diakses melalui browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Safari dan lain sebagainya.

3. Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom

Beliau pernah mengatakan bahwa layanan web merupakan salah satu internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan lainnya seperti ftp, gopher, news bahkan email.

4. Jasmadi

Sedangkan Jasmadi mengungkapkan jika website merupakan kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video atau file digital lainnya yang diletakkan pada host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

Sejarah Website

Sejarah dari website sendiri yaitu pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee, website yang ditemukan bisa terhubung dengan jaringan pertama kali pada tahun 1991 silam.

Tujuan tim ini mendirikan jaringan website yaitu untuk memudahkan para peneliti bertukar informasi dan pembaharuan info-info di tempat kerjanya.

Dan pada tanggal 30 April 1993, mereka menginformasikan bahwa World Wide Web (WWW) dapat digunakan secara gratis oleh semua orang diseluruh dunia.

Kini website ditulis, secara dinamik dan di konversi menjadi HTML, kemudian dapat diakses melalui web browser.

Unsur-Unsur Website

Unsur Website

Agar bisa membuat sebuah website, ada beberapa unsur-unsur yang harus ada seperti :

1. Domain Name / URL

Domain name atau biasa disebut dengan URL merupakan alamat unik di dunia internet yang dipergunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat sebuah website tersebut.

Domain name sekarang banyak diperjualbelikan di internet secara bebas dengan status sewa tahunan. Domain name sendiri mempunyai identifikasi atau ekstensi sesuai dengan kepentingan dan keberadaan website tersebut.

Misalnya saja domain name yang ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws.

Sedangkan untuk domain yang ber-ekstensi lokasi negara seperti Indonesia adalah co.id (untuk website perusahaan), ac.id (untuk website pendidikan), go.id (untuk website instansi pemerintah) atau or.id (website organisasi)

2. Web hosting

Pengertian web hosting sendiri dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam hardisk tempat penyimpanan berbagai data, file dan media lainnya yang tampil di website.

Besarnya data yang bisa dimasukkan kedalam website tergantung dengan besarnya kapasitas web hosting yang disewa/dimiliki.

Maka dari itu, semakin besar web hosting yang dimiliki maka semakin besar pula data yang bisa dimasukkan dan ditampilkan pada halaman website.

3. Scripts Program

Script program merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah dalam website yang akan diakses.

Penggunaan bahasa pemrograman sangatlah menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website.

Dengan semakin banyak bahasa pemrograman yang digunakan, maka website akan terlihat lebih dinamis dan juga interaktif. Pada saat ini sudah banyak bahasa pemrograman yang hadir untuk mendukung kualitas setiap website.

Bahasa Pemrograman yang banyak dipakai oleh pada desainer website diantaranya adalah HTML, ASP, PHP, JSP, Java Script, Java applets dan lain sebagainya.

4. Desain Website

Apabila tiga poin diatas sudah dipenuhi, unsur yang paling utama didalam sebuah website adalah desain web. Desain yang menarik pada sebuah website tentu akan menentukan kualitas dan tampilan yang baik pada website tersebut.

Karena desain juga sangat berpengaruh terhadap nilai yang akan diberikan oleh para pengunjung website. Terlebih lagi, untuk membuat sebuah website kita bisa membuatnya sendiri atau menyewa jasa website designer.

Apabila ingin menggunakan jasa website designer, ketahui dahulu kualitas desain yang sudah pernah dibuatnya. Karena desain sangat berpengaruh untuk kualitas sebuah website.

5. Publikasi Website

Berdirinya sebuah situs/website tidak akan berguna jika website tidak dikunjungi atau bahkan tidak dikenal oleh pengunjung internet.

Karena pengaruh dari pengunjung sangat besar untuk melihat seberapa efektifnya sebuah website.

Agar dapat dikenal di masyarakat atau pengunjung internet, kita perlu mempublikasikan atau mempromosikan website yang sudah dibuat.

Publikasi sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, contohnya saja dengan baliho, selebaran atau cara lainnya.

Bahkan untuk saat ini cara paling efektif dalam mempromosikan sebuah website adalah dengan memanfaatkan search engine di internet.

Search engine yang bisa digunakan misalnya seperti Google, Yahoo dan lain sebagainya.

Untuk mempublikasikan website pada search engine diatas, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Yang perlu diketahui adalah kecepatan dan efektifnya sebuah publikasi tentu berbeda antara yang gratis dan berbayar.

6. Pemeliharaan Website

Agar kemajuan website dapat terjaga, website memerlukan pemeliharaan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saja saat akan ada penambahan informasi, artikel, link, gambar maupun berita yang tampil pada website tersebut.

Apabila pemeliharaan pada sebuah website tidak baik, maka website akan terkesan membosankan dan kurang diminati para pengunjung internet.

Maka dari itu, pemeliharaan yang rutin dan mengutamakan kualitas dari setiap konten sangat berpengaruh terhadap kemajuan website itu sendiri.

Info: Salah satu faktor untuk mengoptimasi website yaitu backlink. Memerlukannya? Lihat jasa backlink berikut.

Jenis-Jenis Website

Jenis Website

Jenis website sendiri ada 3 (tiga) macam, berikut ini jenis-jenisnya :

1. Website Statis

Website statis atau Static Website merupakan suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah.

Yang berarti, untuk melakukan sebuah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual dengan cara mengedit kode-kode dari struktur dari website itu sendiri.

Website jenis ini biasanya dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman HTML atau Cascading Style Sheets (CSS)

2. Website Dinamis

Berbeda dengan website statis, website dinamis adalah suatu website yang strukturnya bisa diupdate sesering mungkin.

Biasanya selain misi utamanya agar dapat diakses oleh para pengguna pada umumnya, website dinamis juga telah disediakan halaman backend yang bisa digunakan untuk mengedit konten dari website tersebut.

Pengeditan konten pada website dinamis bisa menggunakan pemrograman seperti Perl, PHP, Phyton, Javascript dan lain sebagainya.

Dengan website dinamis, pengembang bisa membuat halaman dengan konsep visual dan kemampuan interaksi tinggi dengan para penggunanya.

Beberapa fitur yang terdapat pada website dinamis adalah fasilitas live chatting, cookies, kolom komentar, form registrasi dan lain sebagainya.

3. Website Interaktif

Web yang terakhir yaitu website interaktif, website yang satu ini merupakan web yang saat ini cukup terkenal.

Contoh dari website interaktif adalah seperti forum dan blog. Dengan website ini para satu pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Manfaat Website

Manfaat Website

Pada umumnya setiap website memiliki manfaat tersendiri, tergantung dari jenis website tersebut. Dan beberapa manfaat yang bisa didapat dari website antara lain :

1. Memperluas jangkauan promosi sebuah bisnis.

Karena dengan adanya website, jangkauan promosi sebuah bisnis akan lebih luas dan mudah dikenal terutama oleh pengunjung internet.

2. Media Tanpa Batas

Website juga bisa menjadi media tanpa batas yang bisa dimanfaatkan. Sebab dengan memiliki website, promosi suatu produk atau jasa bisa berjalan 24 jam. Yang berarti calon konsumen akan mendapatkan informasi setiap waktu.

3. Sarana Pengenalan Perusahaan

Website sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan sebagai sarana media untuk mengenalkan perusahaan yang dimiliki. Karena dengan mengenalkan melalui website, jangkauan yang didapat akan lebih luas dan tentu akan berpengaruh terhadap dikenalnya suatu perusahaan.

4. Promosi yang luas

Dengan memanfaatkan internet jangkauan promosi jauh lebih luas daripada menggunakan media lainnya yang tidak menggunakan internet.

5. Memudahkan Interaksi

Dengan adanya sebuah website yang interaktif, tentu akan memudahkan para pengguna saling berinteraksi meskipun terhalang jarak yang  jauh.

Kesimpulan

  • Pengertian Website secara umum adalah berkumpulnya suatu informasi seperti teks, gambar, atau video dari berbagai halaman yang berada didalam satu domain atau subdomain
  • Untuk membuat sebuah website, diperlukan beberapa unsur yang harus terpenuhi.
  • Jenis website sangat berpengaruh terhadap kualitas yang tampil pada suatu website.
  • Website merupakan sarana promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan produk, jasa atau bisnis lainnya.
  • Manfaat yang bisa didapat dari sebuah website sangatlah banyak.

FAQ

Apa manfaat dari website?

Manfaatnya ada banyak, contohnya saja pengetahuan baru dan berbagai macam info terbaru yang belum kita ketahui

Apa saja unsur dari sebuah website?

Unsur dari website meliputi domain name, web hosting, script program, desain website dsb.

Ada berapa jenis website?

Ada 3 jenis website, yaitu website dinamis, statis dan interaktif

Siapa penemu website?

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee, dan pertama kali bisa tersambung dengan jaringan pada tahun 1991

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.