Pengertian SSL

Share
Comment 0 reply
Pengertian SSL

Perkembangan teknologi internet yang makin pesat memang menguntungkan, tapi di satu pihak peluang kejahatan dunia maya juga sering terjadi.

Kondisi ini membuat setiap pengguna internet harus lebih waspada, termasuk pemilik website yang mau tak mau harus mulai memahami pengertian SSL demi kualitas website yang dikelola.

Pengertian SSL (Secured Socket Layer) sendiri adalah sebuah standar di dunia maya untuk mengamankan koneksi antar server website dengan browser.

Sehingga semua data yang melewati link yang diamankan SSL bakal dienkripsi terlebih dulu. Jika Anda menggunakan SSL, maka URL website akan berubah menjadi HTTPS.

Bahaya Website Tanpa SSL

Bahaya Website Tanpa SSL

Dalam zaman serba internet saat ini, kebocoran data pribadi memang jadi kasus kriminal yang makin sering terjadi.

Kondisi ini dipicu pada lemahnya perlindungan data pengguna internet oleh pengelola website.

Data-data pribadi yang bisanya bocor ini termasuk nama dan kata sandi pengguna, informasi rekening bank hingga data penting lainnya.

Jika informasi pribadi itu diretas dan diperjual belikan secara ilegal, tentu akan merugikan si pengguna.

Bahkan bukan tak mungkin, informasi kartu kredit atau kartu debit yang bocor akan membuat rekening bank bisa dibobol.

Hal-hal ini bisa terjadi jika seseorang mengakses website yang belum memasang SSL dan menyerahkan data pribadi untuk registrasi.

Kalau dibiarkan, kerugian jelas tak hanya dialami pengguna saja, tapi juga pihak pengelola website.

Website yang tak dilengkapi sistem keamanan SSL akan dianggap berbahaya dan akhirnya enggan dikunjungi lagi.

Manfaat SSL Bagi Website

Manfaat SSL Bagi Website

Berangkat dari pengertian SSL di atas, Anda tentu wajib mempertimbangkan memasang SSL pada website yang dikelola. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh seperti berikut ini:

1. Hindari Pencurian dan Salah Kirim Data

Kebocoran data pribadi sering terjadi di website-website toko online. Untuk itulah supaya membuat pengunjung nyaman dan membeli produk, Anda harus bisa memberikan jaminan keamanan akses website lewat SSL.

Dengan terpasangnya SSL, pencurian dan salah kirim data bisa dihindari karena perpindahan data melewati proses enkripsi ketat dari server ke browser serta sebaliknya.

2. Reputasi Website Meningkat

Saat SSL terpasang maka tautan website akan berubah jadi HTTPS. Tak hanya itu saja, notifikasi di address bar juga bakal muncul seperti block warna hijau atau kuning dan ikon gembok terkunci. Ketika

URL memiliki notifikasi ini, pengguna tentu akan merasa lebih nyaman dan tenang dalam mengakses sehingga reputasi website makin baik.

3. Website Laris di Mesin Pencari

Meskipun dalam pengertian SSL disebutkan jika sistem ini menjadi standar keamanan perpindahan data di dunia maya, rupanya juga memiliki dampak ke peringkat website di mesin pencarian.

Karena Google lebih menyukai website yang terpasang SSL. Sehingga di mesin pencarian, website-website dengan SSL bakal lebih laris karena diutamakan.

Domain Gratis dan Hosting Niagahoster Dilengkapi SSL

Dengan manfaat yang ditawarkan, SSL tentu menjadi hal wajib dalam website saat ini. Karena itu,

Niagahoster sebagai penyedia domain dan layanan hosting berkualitas, memastikan seluruh produk website sudah dilengkapi dengan SSL.

Niagahoster paham bahwa SSL adalah standar keamanan wajib untuk membangun website profesional.

Dalam setiap layanan hosting dan domain gratis yang ditawarkan Niagahoster, sudah pasti terdapat SSL sehingga tentu menjadi sebuah jaminan keamanan website.

Anda yang baru membuat website dan belajar pengertian SSL, tentu akan langsung memperoleh manfaat dan mampu memiliki website berkualitas bersama Niagahoster.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.