Pengertian Sistem Informasi

2 min read

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi dari waktu ke waktu memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia dalam sehari-hari. Namun, apakah Anda telah mengetahui pengertian sistem informasi?

Faktanya, masih banyak orang yang belum memahami memahami sistem informasi itu sendiri. Hal ini masih dikatakan wajar karena istilah sistem informasi memang belum terlalu umum, terlebih bagi masyarakat awam.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan.

Sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

pengertian-sistem-informasi-menurut-para-ahli

Para ahli memiliki pendapat yang berbeda dalam menanggapi pengertian sistem informasi. Berikut beberapa pengertian menurut para ahli:

1. Mc Leod

Pengertian sistem informasi menurut Mc Leod adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

2. Erwan Arbie

Erwan Arbie berpendapat bahwa pengertian sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan, dan dukungan operasi.

Sistem ini bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

3. O’Brien

O’Brien menyatakan bahwa pengertian sistem informasi merupakan kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang-orang, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer, serta jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang bentuk organisasi.

4. John F Nash

Menurut John F Nash, pengertian sistem informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern, dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

5. Alter

sedangkan Alter memiliki pendapat tersendiri, pengertian sistem informasi ialah sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan atau jasa bagi pelanggan.

 

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem informasi adalah untuk menghasilkan informasi. Sistem informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para penggunanya. Data yang diolah saja pun tidak cukup apabila dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka harus tersedia tiga pilar seperti berikut:

  1. Relevance: Tepat kepada orangnya.
  2. Timeliness: Tepat waktu
  3. Accurate: Akurat atau tepat nilainya

Apabila tiga hal tersebut tidak terpenuhi, maka informasi tidak dapat dikatakan berguna, melainkan sampah (garbage).

Fungsi Sistem Informasi

pengertian-sistem-informasi-jaringan

Berikut beberapa fungsi dari sistem informasi:

  • Meningkatkan aksesiblitas data secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan perantara sistem informasi
  • Menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menetapkan investasi yang hendak diarahkan pada sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif

Komponen Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi

 

Sistem informasi memiliki beberapa komponen seperti dibawah ini:

  1. Komponen input: Data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  2. Komponen model: Kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang memproses data yang tersimpan pada basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output: Hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi: Alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian sistem.
  5. Komponen basis data: Kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol: Komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.

Ciri Ciri Sistem Informasi

Ciri-Ciri Sistem Informasi

Berikut ciri-ciri dari sistem informasi:

  • Baru: Informasi yang didapat adalah baru, dan segar bagi para penerima informasi
  • Tambahan: Informasi dapat diperbaharui atau memberi tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah hadir
  • Kolektif: Informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya
  • Penegas: Informasi yang dapat mempertegas informasi yang sebelumnya telah ada

Contoh Sistem Informasi

Contoh Sistem Informasi

Inilah sistem informasi dan contohnya:

1. Knowledge Work System

Sesuai dengan namanya, Knowledge Work System ini merupakan jenis sistem informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan yang dimuat selanjutnya dapat diakses oleh semua penggunanya dan digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah.

2. Office Automation System

Office Automation System adalah sistem yang bertugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT dalam suatu jaringan dan dipusatkan pada suatu server tertentu.

Penggabungan peralatan IT dari anggota atau pekerja bertujuan untuk mempermudah serta memberikan efisiensi dalam hal komunikasi.

3. Transaction Processing System

Sistem informasi jenis ini biasanya digunakan pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan atau operasional tertentu secara rutin.

Contoh operasional rutin yang dimaksud adalah seperti melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala, dan lain sebagainya.

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menambah wawasan Anda mengenai sistem informasi. Semoga dapat bermanfaat.

Kelas Maya

Ahmad
3 min read

Komunikasi Daring

Ahmad
3 min read

Rumus Microsoft Excel

Tiyas
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *