Pengertian Review

Share
Comment 1 reply
Pengertian Review

Semakin maju nya media komunikasi di Indonesia membuat sebuah informasi lebih cepat didapat oleh semua orang. Informasi tersebut meliputi info berita terbaru hingga info tentang film buku bahkan suatu barang atau produk.

Informasi tersebut bisa didapatkan melalui ulasan atau review dari berbagai pihak yang bisa didapatkan dengan mengakses website atau melalui media sosial.

Pada saat ini sangat banyak orang melakukan sebuah review terhadap film, buku, berita atau bahkan barang untuk dijadikan sebuah konten video mereka.

Dengan konten-konten tersebut kita bisa mendapatkan info review mengenai apa yang sedang kita cari, baik itu dari segi kelebihan atau kekurangan dari apa yang sedang kita cari.

Pengertian Review

Review merupakan sebuah ringkasan, peninjauan dari berbagai sumber entah dari buku, film berita dan lainya. Kata review juga sudah sangat sering didengar, baik itu review buku, review film, review produk dan lain sebagainya.

Dengan adanya sebuah review, kita bisa mengetahui kelebihan, kekurangan dan kualitas dari sebuah produk atau karya.

Selain pengertian review, kamu juga harus paham hal-hal lain berikut ini.

Ciri-Ciri Review

Ciri-ciri yang biasanya terdapat dari sebuah review meliputi :

  • Tinjauan yang fokus kepada kata sifat.
  • Menggunakan kata yang cukup panjang, akan tetapi kompleks
  • Menggunakan sebuah perumpamaan.

Tujuan Review

Tujuan dari sebuah review sendiri tergantung kepada setiap orang yang melakukan review tersebut.

Akan tetapi, tujuan utama dari sebuah review tentu untuk memberikan informasi, gambaran bahkan gagasan dari sebuah produk atau karya yang dibuat.

Jangkauan review pada saat ini bahkan sudah semakin luas, karena setiap karya seperti film, buku atau produk sudah bisa kita temukan hasil review dari berbagai sumber.

Jenis-Jenis Review

Review

Banyaknya jenis review kini membuat sebuah informasi bisa dengan cepat didapat. Adapun beberapa jenis review yang ada saat ini adalah seperti :

1. Review Jurnal

Review jurnal merupakan strategi untuk mempermudah dalam memahami inti dari sebuah penelitian yang sudah dilakukan.

2. Review Teks

Tujuan dari review teks adalah untuk mengklarifikasi sebuah karya, baik itu buku, film atau lainnya. Review ini tentu membantu kita mengetahui kualitas bahkan kekurangan yang ada pada karya tersebut.

Baca juga: Review Text

3. Review Gadget

Gadget saat ini menjadi barang yang wajib dimiliki semua orang. Bagaimana tidak, pada zaman ini teknologi semakin maju dan mempermudah setiap aktifitas para penggunanya.

Maka dari itu, semakin banyak orang yang melakukan review dari sebuah gadget yang baru dirilis atau bahkan akan dirilis.

4. Review Elektronik

Hampir sama dengan review buku dan gadget, review elektronik juga sangat membantu setiap orang mengetahui kualitas produk elektronik yang akan dibeli.

5. Review Buku

Buku yang merupakan jembatan ilmu juga kini sangat marak direview oleh banyak orang. Dengan review buku yang dibuat, para pembaca tentu akan lebih mudah menentukan buku apa yang akan dibaca.

6. Review Film

Bagi penggemar film, review yang satu ini tentu akan sangat bermanfaat. Terlebih lagi jika ada film yang baru rilis dan akan dijadikan salah satu film yang akan ditonton.

7. Review Aplikasi

Semakin canggih gadget yang ada saat ini membuat banyak aplikasi beredar untuk ditawarkan kepada para pengguna gadget tersebut.

Nah, review aplikasi tentu sangat berguna sebelum menginstall suatu aplikasi pada gadget yang digunakan.

Info: Salah satu contoh review dalam dunia internet yaitu Review Hosting.

8. Review Makanan

Review makanan menjadi salah satu review yang paling dicari, karena semakin banyaknya jenis makanan membuat setiap orang penasaran dan ingin mencoba mencicipi menu makanan tersebut.

Maka dari itu, sekarang banyak juga yang melakukan review makanan, agar orang yang ingin mencoba menu tersebut mengetahui komposisi, rasa bahkan tempat dimana makanan tersebut diperjualbelikan.

Struktur Review

Untuk melakukan sebuah review, seseorang tentu harus memahami dan mengerti struktur yang akan dibahasa pada saat review. Hal ini tentu agar orang yang membaca atau melihat review tersebut paham dengan apa yang sedang dijelaskan.

Berikut adalah struktur yang ada pada sebuah review :

Pengenalan

Pengenalan suatu konten sangat berpengaruh terhadap penyimak dalam memahami review yang dibuat. Pengenalan secara umum mengenai sebuah karya yang akan ditinjau meliputi nama, pembuat, background atau bahkan merk dan lain sebagainya.

Evaluasi

Setelah melakukan pengenalan tentang apa yang akan ditinjau, apabila pengenalan sudah disampaikan berikutnya yaitu mengungkapkan pendapat terhadap karya atau produk yang sedang di review.

Selanjutnya review diteruskan dengan menyampaikan kesimpulan atau pendapat tentang karya atau produk yang sudah ditinjau tersebut.

Cara Membuat Review Buku

Untuk membuat sebuah review buku, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga pembaca atau penonton bisa menerima review tersebut dengan baik.

Adapun cara membuat sebuah review buku, yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Review buku menggunakan kalimat yang mendeskripsikan isi dari buku yang akan di review.
  2. Berikanlah informasi baik yang ada pada buku tersebut.
  3. Ungkap juga apa yang tidak disukai atau yang menurut kamu kurang cocok pada buku tersebut.
  4. Berikanlah review secara ringkas pendapat kamu mengenai isi dari buku tersebut. Kamu juga bisa merekomendasikan buku tersebut kepada para pembaca dan berikanlah alasan kenapa harus membaca buku tersebut.
  5. Beri rating terhadap buku yang sudah di review.

Contoh Review Buku

Berikut salah satu contoh review buku yang bisa dijadikan referensi :

  1. Judul : Apa Itu Review
    Penulis : Yuksinau
    Penerbit : Tim Yuksinau
    Genre / Kategori : Novel
    ISBN : 123456789
    Tahun Terbit & Cetakan : 2020/50
  2. Garis besar isi dari buku tersebut.
    Biografi Penulis
    Buku sejenis
    Perbandingan dengan buku yang hampir sama (jika ada)
  3. Sinopsis
  4. Isi dari review buku
  5. Kesimpulan serta penutup.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai pengertian, ciri, struktur, jenis, dan contoh review. Berikut ringkasan nya:

  • Pengertian review yaitu sebuah ringkasan dan pendapat terhadap suatu karya atau produk.
  • Ciri-ciri dari sebuah review adalah fokus menijau kepada sifat, penggunaan kata yang panjang tapi kompleks serta menggunakan sebuah perumpamaan.
  • Review bertujuan memberikan informasi kepada orang lain mengenai kualitas, gambaran atau gagasan dari sebuah karya atau produk.
  • Kurang lebih ada 8 jenis dari sebuah review.
  • Struktur review meliputi pengenalan karya atau produk dan evaluasi terhadap karya atau produk tersebut.
Ada berapa jenis review?

Kurang lebih ada 8 jenis

Apa saja struktur dari sebuah review?

Struktur review meliputi pengenalan dan juga evaluasi

Seperti apa ciri-ciri sebuah review?

Ciri-ciri dari review adalah menggunakan sebuah perumpamaan, menggunakan kata yang panjang akan tetapi kompleks pada sifat bahasan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.