Pengertian Kedaulatan

Share
Comment 0 reply
Pengertian Kedaulatan
Loading...

Di dalam bahasa latin, pengertian kedaulatan disebut sebagai supremus yang artinya kekuasaan tertinggi. Selain itu, kedaulatan juga menjadi terjemahan dari sovereignty (Inggris), souvereniteit (Belanda), souvereniteit (Jerman), dan souverainete (Perancis).

Agar kalian tidak bingung mengenai pengertian kedaulatan di atas, simak baik – baik ulasan berikut ini.

Pengertian Kedaulatan

jelaskan-sifat-sifat-kedaulatan

1. Secara Umum

Secara umum, pengertian kedaulatan ialah kekuasaan tertinggi yang dimiliki atas seluruh kawasan yang terdapat di dalam sebuah negara.

Kedaulatan menjadi suatu kekuasaan penuh guna mengatur semua hal yang berada di dalam wilayah negara tanpa campur tangan dari negara lain.

Untuk kedaulatan telah ada sejak dulu. Zaman lampau, raja yang menjadi komponen yang paling berkuasa serta memiliki kekuasaan tertinggi.

Di negara modern, kedaulatan sudah berada di tangan rakyat. Rakyat akan memberi kedaulatan terhadap raja dengan syarat utama kepatuhan raja terhadap UU.

Konsep kedaulatan ini mutlak serta tidak terbatas dan juga bertahan lama baik dalam negeri hingga internasional.

Pertumbuhan demokrasi yang memberlakukan batasan juga penting pada kekuatan kedaulatan.

Hubungan yang saling ketergantungan negara akan membatasi prinsip yang mungkin benar di dalam urusan internasional.

Warga serta pembuat kebijakan umumnya sudah mengakui tidak terdapat perdamaian tanpa adanya hukum. Tidak ada hukum tanpa batasan di dalam kedaulatan.

2. Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian kedaulatan dari beberapa para ahli, antara lain:

1. Encyclopedia Britannica (2015)

Kedaulatan asalnya dari bahasa Prancis “souverainete” yang berarti kekuasaan.

Istilah tersebut pada mulanya dipahami setara dengan kekuasaan tertinggi. Namun pada penerapannya di lapangan kerap kali sudah menyimpang dari makna tradisional satu ini.

2. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia

Daulat berasal dari Bahasa Arab “daulah” atau “daulat” yang artinya kekuasaan. Berdaulat berarti memiliki kekuasaan.

3. Pengantar Hukum Internasional (2002): Karya Mochtar Kusumaatmadja dan Etty R. Agoes

Di dalam Bahasa Inggris kedaulatan disebut sebagai “sovereignty” yang berasal dari bahasa Latin “superanus” yang memiliki arti teratas.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

  • Daulat merupakan kekuasaan, pemerintahan.
  • Berdaulat ialah memiliki kekuasaan tertinggi atas sebuah pemerintahan negara maupun daerah.
  • Kedaulatan ialah kekuasaan tertinggi atas pemerintahan negara, daerah, dan yang lainnya.
  • Kedaulatan negara ialah kekuasaan tertinggi yang terdapat pada suatu negara.
  • Kedaulatan rakyat ialah kekuasaan tertinggi yang ada pada rakyat atau dapat diartikan sebagai demokrasi.

5. Kamus Filsafat (2013): Karya Simon Blackburn

Kedaulatan merupakan otoritas tertinggi yang tidak tunduk kepada otoritas yang lain.

6. CF Strong (Konstitusi-konstitusi Politik Modern (2011))

Kedaulatan ialah superioritas yang terdapat di dalam konteks kenegaraan mengisyaratkan atas adanya kekuasaan untuk membuat suatu hukum.

7. Jurnal Demokrasi & Tata Pemerintahan dalam Konsep Desa & Kelurahan: Karya Setyo Nugroho

Kedaulatan rakyat ialah kedaulatan yang menggambarkan sebuah sistem kekuasaan pada suatu negara yang menghendaki kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

Menurutnya, kedaulatan rakyat juga menjadi cara guna memecahkan masalah dengan didasari sistem tertentu yang memenuhi kehendak umum yang tak hanya ditunjukkan terhadap hal terkait penyelenggaraan kekuasaan pemerintah serta peradilan, melainkan juga kekuasaan pada pembentukan peraturan (Nugroho, 2013: 250).

8. J.J Rousseau

Kedaulatan rakyat berlangsung pada saat rakyat menyerahkan seluruh kekuasaan kepada eksekutif untuk memimpin suatu negara, tetapi hal tersebut tak lantas membuat rakyat menjadi lepas tangan atas hak kekuasaannya. Rakyat tetap berkuasa serta mengontrol eksekutif / legislatif jika berbuat salah.

9. Harold J. Laski

Kedaulatan merupakan kekuasaan yang sah serta tertinggi menurut hukum. Kekuasaan itu mencangkup golongan yang berada di dalam masyarakat yang dikuasainya.

10. Wikipedia

Kedaulatan merupakan sebuah hak eksklusif untuk menguasai sebuah wilayah pemerintahan, masyarakat, ataupun atas diri sendiri.

Sifat – Sifat Kedaulatan

jelaskan-pengertian-kedaulatan-rakyat

Dilansir dari Semuatahu.web.id, kedaulatan menurut penuturan Jean Bodin ialah kekuasaan tertinggi untuk membuat hukum di dalam sebuah Negara yang mempunyai beberapa sifat seperti dibawah ini:

  • Permanen, berarti kedaulatan tersebut tetap ada selama negara tersebut tetap berdiri.
  • Asli, berarti suatu kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan yang lain yang lebih tinggi.
  • Bulat, berarti kedaulatan tidak bisa dibagi – bagi serta menjadi satu – satunya kekuasaan tertinggi pada sebuah negara.
  • Tidak Terbatas, berarti kedaulatan tersebut tidak ada yang membatasi, karena apabila ada yang membatasi maka akan melenyapkan sifat kedaulatan itu sendiri.

Jenis – Jenis Kedaulatan

Advertisement

Jenis atau macam – macam kedaulatan dibagi menjadi beberapa kategori yang berbeda, selengkapnya simak informasi yang ada di bawah ini baik – baik.

1. Segi Masyarakat

sovereignty-definition

Adapun beberapa jenis kedaulatan yang berlaku di dalam lingkungan masyarakat, antara lain:

a. Kedaulatan Tuhan

Kedaulatan jenis ini artinya kekuasaan tertinggi berasal dari Tuhan yang kemudian diturunkan terhadap raja.

Hal tersebut dianggap sebagai kehendak Tuhan yang menjelma menuju dalam diri raja maupun penguasa suatu kawasan.

b. Kedaulatan Raja

Kedaulatan satu ini dimana sebuah negara telah menerapkan sistem kerajaan. Raja telah dianggap sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi.

c. Kedaulatan Negara

Teori kedaulatan negara menjadikan negara sebagai kekuasaan yang tertinggi.

Negara mempunyai hak untuk membuat aturan hukum, namun tak diwajibkan untuk tunduk terhadap hukum.

d. Kedaulatan Hukum

Kedaulatan jenis ini menyatakan kekuasaan tertinggi ada pada hukum. Kekuasaan negara sumbernya harus berasal dari hukum itu sendiri.

e. Kedaulatan Rakyat

Sementara untuk kedaulatan rakyat menyatakan kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Segagal kebijakan pemerintah harus dilandasi dari kemauan rakyat.

Di dalam Pasal 1 ayat 2 UUD 1945 menegaskan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat serta dikerjakan menurut UUD.

Implementasi kedaulatan rakyat mencerminkan serta mewujudkan keadaan demokrasi yang efektif. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi terhadap lembaga negara melalui para wakilnya.

2. Segi Internal dan Eksternal

jelaskan-empat-sifat-kedaulatan

a. Segi Internal

Kedaulatan dilihat dari segi internal (kedaulatan ke dalam) merupakan wujud atau bentuk kedaulatan negara atau pemerintah secara ke dalam.

Jenis kedaulatan ke dalam atau internal ini merupakan kekuasaan tertinggi guna mengatur kehidupan bernegara atau kekuasaan guna mengatur pemerintahan sendiri tanpa adanya campur tangan dari negara yang lain.

b. Segi Eksternal

Kedaulatan ke luar (dari segi eksternal) ialah kekuasaan tertinggi gua mengadakan hubungan kerja sama bersama negara lain yang saling menguntungkan dengan tujuan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Jenis kedaulatan satu ini berhubungan erat dengan keadaan pergaulan sebuah negara dengan negara lain, terutama yang berhubungan dengan pengakuan negara lain sebagai negara yang merdeka.

Pelaksanaan konsep kedaulatan ke luar contohnya seperti adanya perjanjian antarnegara, hubungan diplomatik, hubungan dagang serta sosial budaya.

3. Segi Hukum & Politik

sovereignty

a. Segi Hukum

Kedaulatan hukum merupakan adanya kekuasaan pihak tertentu guna menentukan serta menuntut pemenuhan atas hukum yang diberlakukannya pada tiap – tiap individu yang terdapat di dalam yurisdiksinya.

Di dalam kehidupan bernegara, kedaulatan hukum ini dipikul oleh pemerintah dengan menjalankan berbagai alat kelengkapannya seperti lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan berbagai organ penunjang yang lain.

b. Segi Politik

Dilihat dari segi kedaulatan politik yaitu menyangkut kekuasaan rakyat guna terlibat terhadap penentuan beragam kebijakan politik untuk penyelenggaraan kehidupan bernegara.

Perwujudan dalam kedaulatan politik ialah dengan menyelenggarakan pemilihan umum dimana keseluruhan rakyat dengan syarat – syarat tertentu dapat terlibat untuk menentukan pejabat – pejabat politik.

Tips dari Yuksinau:

Pastikan kamu tidak belajar terlalu lama sehingga menyebabkan daya ingat menurun, sekali-kali tidak apa untuk meluangkan waktu untuk bermain game. Dan salah satu game yang Yuksinau rekomendasikan yaitu game Sausage Man.

Game tersebut cukup menghibur dan jika kamu sudah asik bermain Sausage Man sehingga ingin membeli Candy, maka bisa melihat artikel mengenai Cara Top Up di Game Sausage Man ini.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.