Pengertian Internet

4 min read

Pengertian Internet

Interconnection networking atau biasa dikenal dengan internet merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lainnya.

Di zaman milenial ini, walaupun hanya bermodalkan gadget, kita dapat melihat secara keseluruhan informasi yang ada di dunia. Lalu, apa itu pengertian internet?

Untuk menggali wawasan Anda seputar internet, berikut Yuksinau akan menguraikan pengertian internet secara lengkap seperti dibawah ini.

Pengertian Internet

pengertian-internet-menurut-para-ahli

Secara umum, internet adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara langsung ataupun secara tidak langsung (nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan untuk melakukan pertukaran data menggunakan protokol TCP/IP.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Sedangkan para ahli memiliki pendapat lain mengenai internet, berikut pengertian internet menurut para ahli:

1. Sibero

Pengertian internet menurut Sibero adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa internet disebut juga sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

2. Berners Lee

Menurut Berners Lee, pengertian internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga dapat terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

3. Onno W. Purbo

Onno W. Purbo berpendapat, pengertian internet merupakan suatu media yang digunakan untuk mengefisiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail.

4. O’Brien

O’Brien menyatakan, pengertian internet merupakan sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain.

5. Sarwono

Sedangkan menurut Sarwono, pengertian internet ialah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global, dimana tidak seorang pun dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

Sejarah Internet

Sejarah internet awalnya bermula dari proyek ARPA yang dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Proyek ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang melaksanakan riset mengenai cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lain agar dapat saling berkomunikasi.

Di tahun 1970, proyek ini telah berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan. Dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek tersebut dikembangkan ke luar Amerika.

Karena jumlah komputer yang terhubung semakin bertambah, maka dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) di tahun 1980.

Fasilitas-Fasilitas Internet

Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang tersedia di internet:

  • E-mail: Electronic-mail adalah pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer. Dengan e-mail, pesan yang dikirimkan akan sampai kepada penerima saat itu juga. E-mail juga dapat disertai dengan grafik, gambar/ foto, suara, animasi, bahkan dapat mengirim ke beberapa alamat sekaligus.
  • FTP: File Transfer Protocol (FTP) merupakan salah satu layanan internet untuk melakukan transfer file. Proses melakukan transfer file dari komputer ke server (file server) disebut dengan istilah unggah (upload). Sedangkan file yang sudah berada di file server, dapat diambil oleh orang lain untuk disimpan di komputer. Proses mengambil file dari file server disebut dengan unduh (download).
  • Gopher: Gopher merupakan program berbasis teks yang berfungsi untuk mem-browser daftar menu internet di berbagai server gopher. Gopher merupakan sebuah aplikasi yang dapat mencari informasi di internet, dan hanya sebatas pada teks. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, diperlukan hubungan dengan server gopher yang terdapat di internet.
  • Telnet: Telnet (Telecommunication Network) adalah salah satu protokol jaringan yang digunakan pada koneksi internet LAN (Local Area Network). Telnet digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah server dan port tertentu. Telnet juga digunakan untuk berinteraksi langsung dengan server.
  • World Wide Web (www): World wide web ialah kumpulan dokumen multimedia yang saling terhubung menggunakan link hypertext. Hyperlink merupakan sebuah link yang berfungsi untuk melakukan perpindahan antar dokumen. Web memudahkan kita saat hendak mengakses berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, video, suara, hingga animasi.

Fungsi Internet

Umumnya, internet memiliki beberapa fungsi yang dibutuhkan manusia sekarang ini, khususnya masyarakat urban. Berikut fungsi dari internet:

1. Sebagai Media Komunikasi

Internet sebagai media komunikasi memang sudah menjamur pada saat ini. Hal ini didukung dengan banyaknya aplikasi chatting yang beredar guna memudahkan setiap individu dalam berkomunikasi.

2. Sebagai Media Akses Informasi

Hadirnya internet tentu memberikan dampak yang cukup signifikan. Apabila dulu kita membaca buku untuk mendapatkan suatu informasi.

Saat ini dengan mudahnya kita dapat mendapatkan suatu informasi melalui internet. Bahkan, saat ini terdapat e-book atau buku digital yang memungkinkan kita untuk membaca secara online.

 

3. Sebagai Media Akses Berita

Segala peristiwa yang terdapat di seluruh dunia dapat kita lihat melalui media online atau situs berita online. Lagi-lagi hal ini terjadi berkat adanya jaringan internet.

4. Sebagai Media Bertukar Sumber Daya

Banyak orang yang berbagi sumber daya kepada orang lain dengan memanfaatkan internet. Hal ini tergolong lebih praktis. Dalam internet, kita dapat membagi sumber daya seperti foto, video, makalah, karya tulisan, jurnal, desain, dan lain-lain.

Manfaat Internet

pengertian-internet-menurut-para-ahli

Sejatinya, banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan saat memanfaatkan jaringan internet. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan pengguna internet:

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Kesulitan dalam mengakses ilmu pengetahuan dapat teratasi dengan bantuan internet. Keberadaan berbagai situs yang menyajikan beragam ilmu pengetahuan secara langsung dapat menambah wawasan bagi para pengguna internet.

2. Komunikasi yang Cepat

Komunikasi antar individu di lokasi yang berbeda bahkan terkesan jauh, menjadi lebih mudah sejak hadirnya internet. Selain itu, biaya yang dikeluarkan saat proses komunikasi juga terbilang sangat murah ketika menggunakan internet.

3. Kemudahan Dalam Menggali Informasi

Kemudahan dalam menggali informasi di internet sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat sekarang ini. Seperti contoh, saat Anda membutuhkan informasi lowongan pekerjaan, Anda dapat mencari situs-situs penyedia lowongan kerja di internet.

4. Kemudahan Dalam Pemasaran Bisnis

Bagi Anda pelaku bisnis, rasakan manfaat pemasaran internet marketing dibandingkan pemasaran konvensional seperti dibawah ini:

  • Membangun brand lebih cepat
  • Dapat menjangkau lebih banyak orang
  • Dapat membidik target market tertentu
  • Biaya pemasaran cenderung lebih murah
  • Dan lain-lain

5. Sarana Hiburan

Bagi generasi milenia, dapat dikatakan bahwa internet merupakan wahana bermain mereka. Banyak situs hiburan yang tersebar di internet seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan masih banyak lainnya. Konten tersebut digadang mampu memberi hiburan tersendiri bagi masyarakat luas.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat kita harus bijak dalam menyikapi baik buruknya dampak yang ditimbulkan. Nah, berikut akan kami jelaskan dampak positif dan negatif internet secara umum:

Dampak Positif

  • Memudahkan dan mempercepat arus informasi dan data
  • Mempererat relasi dan juga pertemanan melalui media sosial
  • Membantu menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce
  • Memudahkan proses pekerjaan manusia
  • Kemudahan mendapat hiburan dan pengisi waktu luang

Dampak Negatif

  • Penggunaan waktu yang tidak produktif
  • Munculnya informasi dan berita bohong (hoax)
  • Terdapat konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak di bawah umur
  • Meningkatnya isu-isu SARA yang memicu perpecahan masyarakat
  • Maraknya aksi cyber bullying

Perbedaan Internet dan Intranet

Mungkin sebagian dari Anda masih kebingungan dalam membedakan internet dan intranet. Nah, disini kami akan menjelaskan perbedaan kedua hal tersebut secara singkat. Berikut perbedaan internet dan intranet:

Internet

  • Mencakup jaringan yang sangat luas
  • Memiliki jaringan yang kuat
  • Perkembangan yang sangat pesat
  • Dapat di akses kapan pun dan dimana pun

Intranet

  • Mencakup jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya lambat
  • Biasa digunakan di perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dll

Itulah pembahasan mengenai pengertian internet beserta manfaat yang sedang kita rasakan seperti saat ini. Selalu gunakan internet dengan bijak.

Kelas Maya

Ahmad
3 min read

Komunikasi Daring

Ahmad
3 min read

Rumus Microsoft Excel

Tiyas
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *