Pengertian Fotografi

Share
Comment 0 reply
Pengertian Fotografi

X

Advertisements

Loading...

Fotografi merupakan salah satu hobi yang sangat digemari saat ini, bukan hanya sekedar hobi saja, fotografi juga sudah menjadi salah satu sumber mata pencaharian yang cukup menjanjikan.

Pada praktiknya, kamu mungkin sudah sangat paham akan fotografi itu apa dan bagaimana, tapi apakah kamu sudah mengetahui apa pengertian sebenarnya dari fotografi?

Jika jawabannya belum, silahkan simak penjelasan yang telah kami siapkan di bawah ini.

Pengertian Fotografi

Fotografi diambil dari bahasa Yunani, yaitu Photosyang memiliki arti cahaya dan Grafo yang berarti melukis. Jadi, pengertian Fotografi adalah sebuah proses melukis menggunakan media cahaya.

Dari pengertian tersebut, dapat diambil definisi fotografi secara umum, yaitu:

Proses untuk mendapatkan foto atau gambar dari sebuah objek, dengan cara merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut dengan menggunakan alat yang bernama kamera.

Pengertian Fotografi Menurut Ahli

Sedangkan, pengertian fotografi menurut para ahli yaitu sebagai berikut.

1. Menurut Ansel Adam

Fotografi sendiri lebih dari sekedar sarana ide komunikasi faktual. Namun Fotografi merupakan sebuah seni yang kreatif

Pengertian fotografi diatas memang tidak bisa disangkal dan benar adanya, karena pada kenyataannya fotografi memang sudah menjadi salah satu bagian dari karya seni rupa yang terbilang paling muda.

2. Meurut Elliot Erwitt

Fotografi adalah sebuah seni observasi

Pengertian tersebut diambil mengingat tentang bagaimana cara mencari sebuah objek yang menarik untuk dilihat dan bisa dijadikan sebuah seni fotografi itu sendiri.

3. Menurut Michael Langford

Fotografi merupakan kombinasi antara imajinasi dan desain visual, ketrampilan, serta kemampuan pengorganisasian secara praktis.

Jadi mengambil sebuah foto tidak hanya sekedar menangkapnya saja, namun juga ditambah dengan “menata” objek foto untuk mencapai hasil yang lebih memanjakan mata.

Sejarah Fotografi

Pada abad ke-5 sebelum Masehi, ada seorang pria yang melihat suatu gejala yang disebut Pinhole, pria tersebut adalah Mo Ti.

Pinhole sendiri merupakan sebuah kondisi jika dimana pada dinding diruangan yang gelap dan terdapat sebuah lubang kecil, maka dari lubang tersebut akan mrefleksikan sebuah gambar.

Lalu beberapa abad kemudian, Aristoteles dan Ibnu Al Haitam (ilmuwan Arab) bekerja sama untuk menciptakan dan mengembangkan alat yang saat ini dikenal sebagai kamera.

Lalu pada tahun 1558, seorang ilmuwan dari Italia menciptakan sebuah kamera Obscura yang pada saat itu sering digunakan oleh para pelukis untuk menangkap bayangan dari suatu objek.

Kemudian pada tahun 1611, Johannes Kepler mengembangkan prototype kamera menjadi sebuah desain kamera portable yang berbentuk seperti tenda.

Dari sinilah, kamera mulai berkembang dan menjadi berbagai macam jenis kamera yang banyak digunakan saat ini.

Lalu pada abad ke-19, aktivitas fotografi mulai populer, tepatnya sekitar tahun 1839. Kemudian pemerintah Perancis secara resmi menyatakan bahwa fotografi merupakan sebuah perkembangan teknologi.

Jenis-Jenis Fotografi

Dalam dunia fotografi, ada banyak sekali jenis fotografi yang semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Hal ini menunjukkan bahwa, fotografi akan terus berkembang pesat mengikuti perkembangan teknologi, khususnya pada kamera.

Berikut ini beberapa jenis fotografi yang ada di dunia ini:

1. Fotografi Landscape

Advertisement

Fotografi Landscape

Advertisement

Fotografi Landscape adalah jenis fotografi untuk mengambil gambar dengan objek pemandangan alam yang memukau.

Biasanya, untuk menambah nilai estetik, para fotografer memadukannya dengan objek lain seperti manusia, tumbuhan, hewan, hingga benda tertentu.

Namun meski begitu, fokus utama dari foto tersebut tetaplah keindahan alamnya. Seperti foto pegunungan hijau yang asri, laut biru yang segar, dan sebagainya.

2. Fotografi Potrait

Fotografi Potrait

Potrait merupakan salah satu jenis fotografi yang cukup populer hingga saat ini.

Foto jenis ini menampilkan foto manusia secara closeup, yang biasanya menampilkan ekspresi wajah, mimik, kepribadian, hingga suasana hati yang sedang dialami oleh manusia dalam foto tersebut.

Biasanya jenis foto potrait ini yang sering di ubah ukuran foto 4×6 nya.

3. Fotografi Macro

Fotografi Macro

Fotografi Macro merupakan salah satu jenis fotografi yang proses pengambilan gambarnya dilakukan dengan jarak dekat sehingga menampilkan detail dari objek yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Untuk bisa melakukannya, fotografer biasanya menggunakan jenis lensa khusus yaitu lensa macro agar bisa menghasilkan gambar yang sesuai.

Objek foto yang sering dijadikan foto makro diantaranya adalah bunga, serangga, dedaunan, dan berbagai objek lain yang bisa menghasilkan nilai estetika tinggi saat difoto menggunakan lensa makro.

4. Street Photography

Street Photography

Realita kehidupan yang terlihat di jalanan memang menjadi salah satu hal yang sangat menarik untuk dilihat sekaligus bisa dijadikan sebuah pembelajaran.

Oleh karena itu, muncullah sebuah jenis fotografi bernama Street Photography. Dimana objek dari foto ini diambil dari realita kehidupan yang memang terjadi di dunia ini.

5. Human Interest Photography

Human Interest Photography

Human Interest Photography merupakan jenis fotografi yang bisa dikatakan sebagai gabungan dari fotografi potrait dan street photography.

Dimana, fokus foto tersebut adalah untuk menampilkan sisi kehidupan dan juga interaksi manusia dengan lingkungan didalam kesehariannya.

Tujuan dari jenis foto ini adalah untuk membangkitkan rasa simpati dan empati terhadap sesama manusia.

6. Fotografi Hitam Putih

Fotografi Hitam Putih

Fotografi hitam putih adalah sebuah jenis fotografi untuk mengasilkan foto dengan tone warna hitam putih saja.

Meskipun saat ini teknologi kamera juga sudah sangat canggih dan bisa menghasilkan foto dengan warna yang terlihat mengagumkan, namun seni fotografi hitam putih ini masih banyak diminati.

7. Wildlife Photography

WildLife Photography

Advertisement

Jika kamu mengetahui National Geographic, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis fotografi Wildlife ini.

Ya, fotografi Wildlife merupakan jenis fotografi untuk menangkap foto pada kehidupan di alam liar, biasanya yang dijadikan objek foto adalah hewan-hewan yang ada di habitat aslinya.

Jenis fotografi ini banyak diminati oleh para fotografer yang punya nyali besar dan suka akan hal yang memicu adrenalin.

Karena selain harus mampu menghasilkan foto yang menarik, Wildlife Photographer juga dituntut untuk bisa menaklukan alam liar demi mendapatkan foto yang diinginkan.

8. Journalism Photography

journalism photography

Fotografi jenis ini biasanya dilakukan untuk mengambil sebuah foto dari sebuah kejadian yang sedang terjadi di dunia ini.

Kemudian, hasil foto tersebut akan digunakan pada sebuah portal berita yang menginformasikan kejadian tersebut.

9. Fashion Photography

Fashion Photography

Fotografi jenis ini menitik beratkan fokusnya pada busana dan aksesorisnya, biasanya fotografi ini dilakukan dalam acara peragaan busana oleh model.

Tidak hanya itu, model peraga busana tersebut juga menjadi salah satu objek yang bisa membuat foto semakin menarik dan digemari banyak orang.

10. Fotografi Aerial

Aerial Photography

Aerial Photography merupakan jenis fotografi yang terbilang masih sangat baru. Jenis fotografi ini menggunakan sebuah alat khusus bernama drone.

Dimana objek foto yang diambil adalah sebuah pemandangan yang difoto dari atas seolah-olah foto tersebut dihasilkan oleh mata burung.

11. Food Photography

Food Photography

Makanan nyatanya tidak hanya menjadi salah satu kebutuhan manusia untuk tetap bertahan hidup.

Advertisement

Namun saat ini, dari makanan tersebut juga tercipta sebuah seni baru bernama Food Photography.

Food Photography merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengambil gambar dengan objek makanan atau minuman.

12. Sport Photography

sport photography

Olahraga menjadi salah satu aktivitas dan tontonan yang disukai hampir seluruh manusia.

Dari olahraga tersebut juga tercipta sebuah seni fotografi yang mengabadikan setiap detik kejadian menarik yang terjadi pada cabang olahraga tersebut.

13. Still Life Photography

still life photography

Jenis fotografi ini memang terbilang cukup sulit, karena sang fotografer bertugas untuk mengambil foto dari benda mati namun dengan hasil seolah-olah benda tersebut tampak hidup.

Biasanya, fotografer akan benar-benar memperhatikan pencahayaan, properti, dan juga komposisi dari objek foto.

14. Toys Photography

Toys Photography

Mainan ternyata bukan hanya sekedar menjadi mainan yang bisa membuat bahagia pemainnya. Namun saat ini juga sudah menjadi sebuah seni baru.

Dimana, jenis fotografi mainan ini dilakukan dengan cara menangkap objek mainan seperti mobil-mobilan, boneka, dan mainan lain agar terlihat estetik dan menarik.

15. Light Painting Photography

light trail photography

Fotografi jenis ini dilakukan dengan cara membuat sumber cahaya seolah-olah bergerak dan meninggalkan cahaya yang panjang.

Jenis fotografi ini juga sering disebut sebagai Light Trail Photography.

Untuk menghasilkan foto ini, fotografer harus bisa mengatur shutter speed dan long exposure dengan sangat tepat.

Demikian pembahasan lengkap mengenai apa pengertian Fotografi lengkap dengan sejarah dan jenis-jenisnya. Bagaimana? Siap membuat karya foto yang lebih menarik?

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.