Pengertian File

Share
Comment 0 reply
Pengertian File
Loading...

Saat berinteraksi dengan perangkat komputer, secara tidak langsung kamu juga berinteraksi dengan segala jenis file yang ada di dalam komputer tersebut.

Tapi, apakah kamu sudah tahu apa itu file? Jenis-jenis file dan ekstensinya? Serta apa perbedaan antara file dan folder?

Jika jawabannya adalah belum, maka silahkan simak pembahasan mengenai segala hal tentang file komputer di bawah ini.

Pengertian File

Pengertian File adalah kumpulan dari data atau informasi yang saling terhubung dan disimpan dalam penyimpanan sekunder.

Konsep file juga berarti sebuah arsip atau data yang terdiri dari character, binary, dan numeric yang tersimpan dalam sebuah komputer. Ada juga file dalam bentuk program.

Oleh karena itu, setiap file biasanya akan memiliki ekstensi yang berbeda tergantung dengan data yang ada didalam file tersebut.

Umumnya, file pada komputer akan disimpan di dalam sebuah folder atau sub folder tertentu sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Beberapa ahli komputer juga memberikan penjelasan atau definisi mereka masing-masing mengenai file itu sendiri, berikut diantaranya.

1. Menurut McLeod (Pearson)

File adalah sebuah koleksi rekaman (record) yang saling terkait satu sama lain, seperti satu file dari sekumpulan record yang berisi kode-kode mata kuliah dan namanya.

2. Menurut Edi S Mulyanta

File yaitu sebuah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berfungsi untuk menukar dan menyimpan data.

3. Menurut Rachmad Hakim S

File merupakan sebuah dokumen yang didalamnya terkandung berbagai informasi tertentu dan bisa dibuka dengan menggunakan sebuah program atau aplikasi.

4. Menurut Hendayudi

Definisi File adalah sekumpulan data yang tersimpan di dalam sebuah media yang memiliki informasi mengenai ukuran file, nama file, atribut file, ciri file, serta tanggal dan jam pembuatan atau penyimpanan file tersebut.

5. Menurut Sindhunata

File adalah sekumpulan catatan atau arsip.

Jenis-Jenis File dan Fungsinya

Jenis jenis file

Setelah kamu mengetahui apa itu File? Kini saatnya untuk kamu mengenal jenis-jenis file beserta fungsi yang dimiliki oleh masing-masing file tersebut.

1. File System

File sistem bertugas untuk menjalankan semua program yang ada di dalam sebuah komputer.

Advertisement

File System juga memiliki ekstensi yang berbeda-beda, seperti exe, sys, com, bak, tmp, bat, dan masih banyak lainnya.

Dimana setiap ekstensi file sistem tersebut memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda.

Kamu bisa mengunduh file system di FileHippo Download Software

2. File Dokumen

Berikutnya yaitu jenis file dokumen, file dokumen adalah sebuah file yang berisi dokumen dalam bentuk tulisan yang didalamnya terdapat huruf, angka, hingga gambar dan media lain.

Ekstensi yang digunakan pada jenis file dokumen ini diantaranya adalah doc, docx, xls, pdf, ppt, txt, ods, odt, dan masih banyak lainnya.

Setiap ekstensi tersebut menunjukkan jenis file dokumen yang berbeda yang nantinya berhubungan dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file tersebut.

3. File Gambar

File gambar merupakan jenis file yang berisi gambar atau foto yang umumnya dihasilkan oleh tangkapan kamera atau gambar yang dibuat di sebuah aplikasi.

File jenis ini memiliki ekstensi antara lain adalah jpg, jpeg, jpeg 2000, png, gif, dan beberapa ekstensi lain.

4. File Audio

File audio berisi data rekaman suara atau musik.

Layaknya jenis file lain, file audio juga memiliki berbagai ekstensi yang berbeda tergantung dari jenis suara di dalamnya.

Ekstensi file suara diantaranya adalah mp3, m4a, wav, ogg, midi, rm, dan masih banyak lagi.

5. File Video

File video merupakan sebuah file yang didalmnya berisi gambar dan suara.

File jenis ini memiliki ekstensi seperti mp4, mkv, avi, flv, 3gp, wmv, mpg, mpeg, dan lain sebagainya.

Perbedaan File dan Folder

perbedaan file dan folder

Jika kamu beranggapan bahwa folder termasuk kedalam salah satu jenis file, maka anggapan kamu tersebut tidak benar. Karena file dan folder adalah dua hal yang berbeda.

Jika file berisi sekumpulan data dan informasi tertentu yang nantinya bisa dijalankan pada program yang sesuai, sedangkan definisi folder adalah sebuah tempat untuk menyimpan file tersebut.

Jadi folder memiliki peran sebagai wadah agar file-file tersebut bisa tersimpan dengan rapi dan bisa dengan mudah ditemukan.

Berikut beberapa perbedaan dari file dan folder:

  • File memiliki ekstensi, sedangkan folder tidak
  • File berisi sekumpulan data dan informasi, sedangkan folder adalah tempat untuk menyimpan file

Dengan demikian fungsi file dan folder sangatlah berbeda.

Setelah kamu membaca semua tulisan di atas, kini kamu sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan file, mulai dari pengertian, jenis-jenis file, hingga perbedaan file dan folder.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.