Pengertian Download

Share
Comment 0 reply
Pengertian Download
Loading...

Untuk kalian yang hobi mengoleksi musik, video, atau bahkan dokumen penting yang ada di dalam internet, maka pastinya sudah tidak asing dengan istilah “download”.

Kali ini, kita akan menjabarkan pengertian download secara lebih luas, simak baik – baik ulasan di bawah ini ya!

Pengertian Download

pengertian download dan cara mendownload

Advertisement

Download atau dalam bahasa Indonesia disebut unggah merupakan sebuah proses transmisi suatu file atau data dari suatu sistem komputer menuju sistem komputer yang lainnya.

Dari internet tersebut, pengguna atau user yang mengerjakan proses download (unduh) atau proses dimana seorang user meminta suatu file dari sebuah komputer lain (seperti: Website, server, atau lainnya ) kemudian menerima file tersebut.

Dengan sebutan lain, download menjadi kegiatan transmisi file dari internet menuju komputer client atau pengguna atau juga bisa disebut sebagai proses penerimaan / pengambilan file dari internet atau server menuju komputer pribadi.

Menurut salah satu ahli komputer bernama Arbakid, pengertian download yaitu sebuah proses pengambilan file yang ada dalam jaringan internet dengan memakai beberapa macam cara seperti melalui mail server, web server, FTV server, maupun sistem lain yang sejenis.

Pengertian Upload

fungsi download

Upload atau dalam bahasa Indonesia disebut unggah adalah sebuah cara dalam mengirimkan File (misalnya: Gambar, musik, program, dokumen pdf, dan yang lainnya) dari komputer pribadi menuju suatu sistem serta file atau data akan dipublikasikan dalam internet sehingga data yang sudah diupload bisa ditampilkan, dilihat sekaligus diambil (download) oleh user internet yang lain.

Advertisement

Dengan akta lain, upload berupa kegiatan transmisi suatu file atau data dari sebuah sistem komputer pribadi menuju sistem komputer yang lainnya (jaringan komputer / server) yang mana hal tersebut kebalikan dari proses download.

Tujuan upload adalah agar user internet lainnya bisa memiliki data yang diunggah sehingga dapat digunakan atau dimanfaatkan bagi yang membutuhkan.

Manfaat upload:

  • Memberikan tips maupun tutorial.
  • Berbagi file pada orang lain.
  • Sebagai media aktivitas bisnis (berjualan online dan yang lainnya).
  • Memberikan informasi maupun file yang bermanfaat untuk umum.
  • Menyimpan data di dalam server.

Fungsi Download

pengertian upload dan download

Berikut adalah beberapa fungsi dari kegiatan download, antara lain:

  • Mengambil data dari internet entah yang berupa file, dokument, video, gambar, aplikasi game atau yang lainnya.
  • Mencari sekaligus menerima file yang diinginkan untuk bisa dimanfaatkan sebagai mana mestinya.
  • Mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Sistem dan Cara Kerja Download

pengertian upload dan download brainly

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada kegiatan download tersebut bisa dijalankan dengan cara mentransfer file yang terdapat di dalam komputer lain dengan memakai jaringan internet.

Maka dari itu, pada saat ada seorang user komputer yang hendak mendownload data itu dari halaman web seseorang, maka user tersebut setidaknya harus melewati beberapa langkah berikut:

Terhubung pada jaringan internet -> membuka suatu halaman website -> menuju halaman cloud storage -> proses pengunduhan berjalan dengan memakai jaringan internet.

Contoh Aplikasi Downloader

Berikut ada beberapa software downloader yang paling populer dan dapat kalian gunakan dengan mudah, antara lain:

Advertisement

1. Internet Download Manager

download adalah brainly

Internet Download Manager atau IDM merupakan suatu software downloader premium yang sudah terbukti bisa menstabilkan proses download yang tengah berjalan di dalam sebuah perangkat komputer.

Salah satu kelebihan yang ada pada IDM daripada aplikasi downloader lainnya yaitu adanya fitur pengunduh video dari situs yang populer yakni Youtube.

Sebenarnya banyak juga aplikasi download selain idm yang bagus, tetapi memang yang paling terkenal adalah IDM..

2. Orbit Downloader

Orbit Downloader

Merupakan software downloader yang sistem kerjanya menyerupai Internet Download Manager.

Advertisement

Namun yang membedakan adalah pada software Orbit Downloader satu ini mempunyai kelebihan berupa kestabilan download atau bisa mengunduh data secara gratis.

3. BitTorrent

BitTorrent

Merupakan aplikasi perangkat lunak downloader khusus yang hanya bisa dipakai untuk mengunduh file – file berekstensi torrent.

JIka dibandingkan dengan jenis aplikasi downloader lainnya, dapat dikatakan BitTorrent jauh lebih aman dan bagus dari sisi kemungkinan terjadinya kerusakan data.

Bahkan untuk mengunduh file lewat torrent ini juga sangat mudah.

Kelemahannya hanya pada saat proses pengunduhan yang biasanya cenderung jauh lebih lama daripada jenis software downloader lainnya.

Namun untuk saya sendiri, sangat merekomendasikan torrent untuk kegiatan download.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.