Pengertian Blog

Share
Comment 0 reply
Pengertian Blog
Loading...

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat di era ini, mungkin kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah blog. Memang, blog sendiri merupakan komponen penting dalam dunia digital.

Secara garis besar, blog sendiri merupakan sebuah medium yang digunakan para pengguna digital untuk menyampaikan informasi yang bersifat pribadi atau publik kepada khalayak umum.

Blog ini tersemat di dalam mesin-mesin pencarian (search engine).

Artikel ini akan membahas lebih jauh untuk mengenal apa itu blog.

Pengertian Blog

pengertian blog

Dengan memahami pengertiannya, dapat menjadi jalan untuk mengenal blog lebih jauh. Blog adalah singkatan dari istilah web dan log.

Blog, secara harfiah, dapat dimengerti sebagai sebuah website yang di dalamnya terkandung berbagai macam konten, baik itu dalam bentuk video, foto, artikel, maupun link yang menghubungkan antar blog.

Kesemua konten yang terdapat di dalam sebuah blog memuat informasi yang hendak di sampaikan oleh pemiliknya.

Informasi itu dapat bersifat personal, misalnya, mengenai pengalaman berkunjung ke sejumlah tempat wisata, review mengenai buku-buku yang telah dibaca, atau bahkan biografi hidupnya.

Sementara, informasi yang bersifat publik itu dapat berupa ruang untuk mempublikasikan karya ilmiah, tutorial mengerjakan sesuatu, resep memasak, atau sebagai kanal bisnis.

Pengguna internet yang semakin meningkat juga berdampak pada semakin meningkatnya minat seseorang untuk melakukan pencarian terhadap informasi tertentu di sejumlah blog.

Hal ini juga secara timbal balik menimbulkan semakin banyak dan beragam nya informasi yang tersedia.

Advertisement

Fenomena itu dapat kita rasakan, misalnya, seolah-olah blog telah menjadi Andalan utama kita ketika hendak memperoleh informasi yang kita butuhkan.

Karena itulah manfaat yang dihadirkan oleh blog itu terbilang banyak, baik untuk pengguna maupun pemilik blog itu sendiri.

Manfaat Blog untuk Pribadi dan Bisnis

manfaat blog

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa, meningkatnya jumlah pengguna blog juga berdampak secara timbal balik terhadap meningkatnya penyedia informasi melalui blog.

Selain dapat menjadi ruang untuk mempublikasi karya, pengalaman, atau profil personal, dunia blog juga telah menjadi ruang bisnis yang menguntungkan.

Misalnya, blog-blog yang diperuntukan sebagai medium publikasi individu atau personal itu juga dapat dijadikan sebagai medium untuk menghasilkan uang.

Ketika blog yang kamu miliki mendapat respon yang baik dari sejumlah visitor dan memiliki banyak pengikut, maka blog tersebut dapat didaftarkan ke Google AdSense, yakni sebuah penyedia layanan periklanan.

Ketika blog tersebut telah berhasil didaftarkan ke sana, maka blog kamu akan menjadi ruang untuk mengiklankan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan tertentu. Dari situlah pundi-pundi uang dapat kamu hasilkan.

Selain itu, blog juga dapat dijadikan sebagai kanal bisnis yang sedang kamu kelola. Dengan meningkatnya penggunaan internet, menjadi ruang yang sangat potensial untuk menawarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Blog yang dijadikan sebagai kanal bisnis itu dapat menjadi medium untuk menyampaikan profil perusahaan, layanan, serta produk yang kamu jual.

Menggunakan blog sebagai medium bisnis juga dapat memperluas jangkauan pasar dari produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut.

Hal ini disebabkan karena para pengguna internet itu datang dari berbagai wilayah, baik itu di dalam negeri maupun dari luar negeri.

Tentu saja, dengan kemudahan demikian, dan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membuka toko atau ruang produksi di beberapa tempat.

Langkah-Langkah Membuat Blog

Langkah Membuat Blog

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut tentu saja hal yang harus kita lakukan ialah membuat sebuah blog.

Pada dasarnya membuat blog itu mudah. Langkah-langkah pembuatan blog itu di antaranya ialah:

  1. Menentukan topik dan tema dari blog yang hendak kamu bangun. Hal ini menyesuaikan dengan tujuan kamu, misalnya, sebagai blog pribadi atau sebagai blog bisnis.
  2. Pilih nama domain yang sesuai dengan topik, mengandung keunikan, dan mudah untuk dijangkau oleh para pengguna internet.
  3. Tentukan hosting. Hosting adalah sebuah ruang yang dijadikan untuk menyimpan file dan data dari blog kamu dan agar blog tersebut dapat diakses dalam world wide web (web). Dengan kata lain, hosting dapat dianalogikan sebagai rumah bagi blog kamu dan dapat menjadi tujuan bagi para pengguna internet tersebut. Salah satu hosting yang direkomendasikan di Indonesia yaitu Niagahoster, karena terdapat banyak pilihan hosting murah di sana.
  4. Mulai melakukan pengaturan, edit, dan kostumisasi blog kamu.

Setelah itu kita perlu mengisi blog kita dengan informasi yang kita inginkan dan mulai mempelajari Search Engine Optimization (SEO) jika ingin mempunyai banyak pengunjung organik.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.