Pengertian Bisnis Online

Share
Comment 0 reply
Pengertian Bisnis Online
Loading...

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, bisnis online kini semakin banyak diminati oleh para pelaku bisnis profesional maupun pemula.

Buat kamu yang ingin mencoba masuk ke dunia bisnis online, kamu harus tau terlebih dahulu seluk beluk dari bisnis online.

Berikut telah kami siapkan penjelasan lengkap mengenai pengertian dan semua tentang bisnis online.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online Adalah

Apa itu bisnis online?

Dari namanya saja sebenarnya sudah kelihatan, bisnis online adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan bantuan internet.

Pada intinya, segala aktivitas bisnis tersebut dilakukan secara online di internet, mulai dari jual-beli, promosi, pelayanan, dan sebagainya.

Kelebihan Bisnis Online

Kelebihan Bisnis Online

Berbeda dengan berbisnis secara offline atau secara nyata, dengan bisnis online, ada banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan.

1. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Ya! Ini yang paling menarik! Menjalankan bisnis online bisa dijalankan dimanapun dan kapanpun.

Entah itu hanya dirumah saja, di kantor, atau bahkan saat kamu sedang pergi ke tempat umum seperti cafe atau pergi jalan-jalan ke luar kota.

Kamu juga bisa melakukannya kapan saja, bahkan selama 24 jam penuh.

2. Tidak Perlu Tempat Khusus

Kebanyakan bisnis online tidak memerlukan tempat khusus seperti kantor, gudang, atau toko. Kecuali bagi yang menjalankan bisnis online sekaligus bisnis offline (biasa).

Hal ini dikarenakan segala aktivitas bisnis dilakukan secara online, jadi tidak diperlukan tempat untuk melakukan pertemuan atau aktivitas jual beli.

Tapi jika kamu menjalankan bisnis online dalam bidang jasa, tentu kamu harus menyediakan tempat untuk melakukan aktivitas jasa tersebut.

3. Bisa Dilakukan Siapapun

Bisnis online tidak mengharuskan kamu memiliki ijazah marketing atau pengalaman jualan di pasar.

Karena bisnis online ini bisa dijalankan oleh siapapun itu, bahkan para pelajar juga bisa melakukannya.

Jenis Bisnis Online

Jenis Bisnis Online

Bisnis online dibagi kedalam dua jenis yang berbeda.

1. Bisnis Online Jual-Beli Barang

Pertama adalah bisnis online jual-beli barang, bisnis jenis ini merupakan yang paling banyak digemari.

Dengan bisnis jual barang secara online ini, kamu bisa lebih mudah menjual barang kamu kemanapun! Tidak hanya di area tempat tinggal kamu saja.

Bahkan kamu bisa menjangkau ke seluruh Indonesia atau seluruh belahan bumi manapun.

Tidak hanya itu, bisnis online jual barang juga tergolong sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan oleh siapapun. Asalkan ada niat dan kemauan.

Menariknya, banyak pelaku bisnis online barang yang sebenarnya tidak memiliki stok barang yang dijual.

Wah gimana nih? Bisnis jual barang tanpa stok tersebut biasa disebut dengan dropship.

Jadi cara kerjanya adalah kamu menjual barang yang dimiliki oleh pihak lain (pemilik barang) tanpa harus membeli barang tersebut terlebih dahulu.

2. Bisnis Jasa Online

Berbeda dengan bisnis jual beli online, untuk jasa tentu kamu harus memiliki keahlian tertentu.

Contohnya di dunia blogging, ada jasa untuk pembuatan artikel, pembuatan website, menerjemahkan artikel, optimasi SEO, dan masih banyak lain.

Sementara untuk jasa lain yang bisa dijalankan secara online seperti jasa edit foto, edit video, pembuatan logo, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, ini juga bisa dijalankan oleh para pelaku jasa biasa (offline), seperti jasa angkut, jasa reparasi, jasa pembangunan, dan lainnya. Dimana yang dilakukan adalah melakukan promosi secara online.

Platform Bisnis Online

Platform Bisnis Online

Ibaratnya kalau bisnis biasa memerlukan kantor atau toko, bisnis online juga memerlukan platform sebagai tempatnya.

Setidaknya ada tiga platform bisnis online yang sering digunakan, yaitu:

1. Website

Biasanya website dipilih oleh para pelaku bisnis online yang sudah profesional dan memiliki brand yang sudah cukup kuat.

Advertisement

Namun kami rasa ini juga cukup efektif untuk sebuah bisnis online dengan brand yang baru mulai saja bertumbuh. Karena proses branding berjalan lebih efektif.

Dengan menggunakan website, kamu bisa menempatkan semua produk atau jasa layanan yang ingin kamu jual disana.

Bahkan proses transaksi juga bisa langsung dilakukan di website.

2. MarketPlace

Layanan platform bisnis online yang sering dipilih oleh para penjual barang adalah MarketPlace atau toko online.

Marketplace adalah sebuah platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi secara online.

Banyak sekali platform marketplace di Indonesia yang bisa kamu pilih, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, BliBli, dan beberapa lainnya.

Untuk memulai bisnis online di marketplace tergolong mudah. Kamu hanya perlu membuat akun, memasukkan produk, dan tunggu hingga ada pembeli yang datang.

3. Media Sosial

Ya! Saat ini media sosial tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk pamer status, memajang foto, atau mengunggah video belaka. Tapi lebih dari itu.

Banyak para pengguna medsos yang kini memanfaatkannya untuk berbisnis online, baik itu jualan barang maupun jasa.

Bahkan media sosial Facebook saat ini juga telah menyediakan fitur Marketplace yang khusus digunakan untuk jual beli.

Selain Facebook, kamu juga bisa menggunakan media sosial lain untuk berbisnis online. Seperti Instagram, WhatsApp Bussiness, Story WhatsApp, hingga TikTok.

Jadi jangan ragu untuk memulai bisnis online sendiri lewat media sosial.

Manfaat Bisnis Online

Manfaat Bisnis Online

Dengan menjalankan bisnis online, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti:

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Ini yang penting! Jika kamu berbisnis dengan metode offline (biasa), kamu hanya akan menjangkau pasar di sekitar tempat bisnis kamu saja. Baik itu sebatas lingkungan tempat usaha, atau paling mentok satu kota/daerah saja.

Berbeda dengan bisnis online, kamu bisa menjangkau pasar di seluruh Indonesia, atau bahkan seluruh negara.

2. Hemat Biaya

Kenapa hemat biaya? Apa alasannya?

Pertama, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat usaha untuk dijadikan kantor, gudang, ataupun toko.

Kedua, biaya promosi cenderung lebih sedikit dibanding harus mencetak dan menyebarkan pamflet, membuat baliho, atau memasang iklan di media cetak dan Televisi.

Dengan melakukan bisnis online, kamu bisa melakukan promosi secara gratis melalui media sosial. Atau memasang iklan di marketplace, Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan sejenisnya dengan biaya yang lebih sedikit.

Oh iya! Jangan lupakan soal Dropship! Kamu bahkan bisa bisnis online dengan berjualan tanpa harus keluar modal dulu untuk membeli barang.

3. Fleksibel

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bisnis online ini sangatlah fleksibel.

Kamu bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun, yang kamu perlukan hanyalah laptop atau gadget dan koneksi internet atau wifi.

Tantangan Bisnis Online

Tantangan Bisnis Online

Meskipun kelebihan dan manfaat dari bisnis online yang sangat menjanjikan, tapi ingat! “Semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang juga anginnya!

Artinya, semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis online, semakin banyak juga tantangan yang akan kamu hadapi.

Berikut beberapa tantangan untuk melakukan bisnis online.

1. Persaingan Ketat

Bisnis online memang akan membuat kamu menjangkau pasar yang lebih luas. Tapi itu artinya, akan ada juga pelaku bisnis online lain yang kemungkinan besar memiliki pasar yang sama dengan kamu.

Contohnya saja jika kamu ingin berjualan aksesoris HP di marketplace atau media sosial, coba sekarang cari aksesoris HP di kedua platform tersebut. Saya yakin ada ratusan toko atau akun yang juga berjualan aksesoris HP.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar bersaing secara sehat dengan pelaku bisnis online lain yang mungkin sudah lebih dulu berkecimpung di dunia tersebut.

2. Ilmu yang Terus Berkembang

Bisnis online sangat berbeda dengan bisnis biasa yang hanya perlu menggelar lapak, menunggu calon pembeli datang, dan melakukan transaksi. Bisnis online lebih kompleks dari ini!

Kamu harus terus belajar ilmu-ilmu mengenai bisnis online yang selalu update.

Misalnya, dulu proses jual beli di Facebook banyak dilakukan di Grup khusus jual-beli produk tertentu.

Tapi sekarang? Sudah ada marketplace di Facebook dan fitur untuk memasang iklan produk yang bisa dilihat oleh pengguna Facebook lain.

Jadi jika kamu berniat melakukan bisnis online, kamu harus siap belajar sepanjang waktu.

3. Keamanan

Dalam bisnis online, isu keamanan menjadi satu tantangan tersendiri.

Seperti yang kamu ketahui bahwa dunia internet sangatlah rentan akan peretasan dan kejahatan online (cybercrime).

Jadi, saat kamu ingin terjun ke bisnis online di media sosial, pastikan kamu membuat akun yang benar-benar aman dengan password yang kuat.

Atau jika kamu ingin memulainya menggunakan website, pastikan kamu menggunakan hosting dengan keamanan yang baik.

Jika kamu ragu, kamu bisa memilih menggunakan marketplace saja, biasanya mereke akan menjamin keamanan untuk para penjual dan pembeli.

Yuk, Sinau Bisnis Online

Belajar Bisnis Online

Setelah kamu mengetahui apa itu bisnis online, kelebihan, manfaat, jenis, hingga platform yang digunakan, sekarang tunggu apalagi?

Agar kamu semakin yakin dan siap untuk berbisnis online, kamu bisa belajar melalui situs Aldohermaya.com. Situs tersebut menyediakan artikel mengenai bisnis online dan teknologi, karena kedua hal ini sangat related dan harus kamu pelajari.

Sekarang, setelah kamu membaca artikel tentang pengertian bisnis online dan menyimak artikel dari website yang sudah kami sebutkan tersebut, harusnya kamu sudah berani terjun ke dunia bisnis online.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.