Pengertian Beasiswa

Share
Comment 0 reply
Pengertian Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu bantuan atau bentuk apresiasi untuk para pelajar atau mahasiswa berprestasi agar mereka bisa menuntut ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Beasiswa sering diberikan kepada para pelajar atau mahasiswa yang berprestasi dan juga ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa yang memiliki prestasi baik namun kurang mampu dalam bidang ekonomi.

Pengertian Beasiswa Secara Umum

Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan keuangan yang akan diberikan kepada perorangan. Beasiswa ini bertujuan untuk dipergunakan agar pendidikan yang ditempuh tetap berlanjut.

Adapun beasiswa tersebut akan diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan atau yayasan. Pemberian beasiswa bisa dikategorikan pada pemberian gratis atau pemberian dengan ikatan pekerjaan atau ikatan dinas setelah selesainya pendidikan.

Pengertian Beasiswa Menurut Para Ahli

Pengertian Beasiswa Menurut Para Ahli

Dari pengertian yang ada diatas, maka ada pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya adalah :

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Beasiswa menurut KBBI yaitu beasiswa merupakan tunjangan uang yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar.

2. Lahitna (2009)

Lahitna juga pernah mengemukakan bahwa beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang akan diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk kelanjutan pendidikan yang sedang ditempuh. Beasiswa ini dapat diberikan oleh Lembaga pemerintah, perusahaan atau yayasan.

3. Murniasih (2009)

Murniasih mengemukakan beasiswa merupakan salah satu apresiasi atau penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Penghargaan tersebut bisa berbentuk akses pada suatu instansi atau penghargaan berupa bantuan keuangan.

4. Wikipedia

Wikipedia mengemukakan jika beasiswa pemberian bantuan keuangan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi berlangsungnya pendidikan yang sedang ditempuh oleh penerima beasiswa.

Tujuan Pemberian Beasiswa

Tujuan dari pemberian beasiswa antara lain :

  • Untuk membantu para pelajar atau mahasiswa agar dapat mencari ilmu sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai. Terutama bagi yang memiliki masalah dalam pembiayaan.
  • Membuat pemerataan ilmu pengetahuan dan pendidikan kepada masing-masing individu yang membutuhkan.
  • Mencetak generasi baru yang lebih pintar dan cerdas. Karena adanya bantuan beasiswa ini, dapat memberikan kesempatan kepada para penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan kesejahteraan. Setelah mendapatkan sumber daya manusia yang lebih cerdas dan pintar, mereka tentu diharapkan bisa saling memberi bantuan berupa ilmu pengetahuan yang sudah didapat pada saat sedang menimba ilmu.

Syarat untuk Menerima Beasiswa

Umumnya setiap beasiswa yang akan diberikan kepada seseorang pasti memiliki syarat, diantaranya adalah :

  1. Penerima beasiswa merupakan orang yang kurang mampu dalam ekonomi atau keuangan
  2. Calon penerima beasiswa memiliki prestasi terutama pada bidang yang diminati.
  3. Pada saat mengajukan beasiswa, seseorang dituntut memiliki semangat yang tinggi dalam mencari ilmu pengetahuan. Karena donatur tidak ingin pihak yang diberikan beasiswa bersikap santai saat sedang menempuh pendidikan.
  4. Syarat lain yang biasanya sering dicantumkan, yaitu penerima beasiswa memiliki jiwa sosial yang tinggi.
Ingin mendapatkan informasi mengenai beasiswa? Baca scholarships for international students

Jenis-Jenis Beasiswa

Jenis-Jenis Beasiswa

Adapun jenis beasiswa, berikut ini beberapa jenis beasiswa yang ada :

1. Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini sering diberikan kepada orang yang memiliki keunggulan dalam bidang akademik. Beasiswa ini diberikan menurut prestasi akademik mereka secara keseluruhan. Misalnya seperti dalam bentuk IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

2. Beasiswa Bantuan

Kemudian beasiswa bantuan yang merupakan bantuan dana untuk mendanai kegiatan akademik mahasiswa atau pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu akan tetapi memiliki prestasi.

Komite beasiswa biasanya memberikan beberapa penilaian pada masalah seperti ini.
Seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang sama-sama sedang menjadi pelajar, biaya hidup hingga pengeluaran dan lain sebagainya.

3. Beasiswa Atletik

Pada jenjang kuliah, universitas biasanya merekrut atlet populer untuk mendapatkan beasiswa dan dijadikan sebagai tim atletik dari universitas tersebut.

Banyak dari atlet yang direkrut menyelesaikan pendidikan secara gratis, akan tetapi membayar dengan prestasi olahraga.

Beasiswa Atletik biasanya tidak dikejar, karena akan diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi pada bida atletik.

4. Beasiswa Penuh

Sebagian orang menganggap jika beasiswa diberikan kepada penerimanya sebagai saran untuk menutupi kebutuhan akademik secara umum. Tapi apabila memang beruntung, seseorang mungkin bisa mendapatkan beasiswa jenis ini.

Beasiswa akan diberikan untuk keperluan hidup, buku serta biaya pendidikan. Akan tetapi banyak beasiswa lain yang mencukupi biaya hidup, buku dan sebagian dari biaya pendidikan.

Contoh Beasiswa

Adapun contoh beasiswa yang ada di Indonesia diantaranya yaitu :

  • Beasiswa Luar Negeri
  • Beasiswa Dalam Negeri
  • Beasiswa Pemerintah Indonesia
  • Beasiswa Umum

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, setiap orang bisa saja menerima beasiswa baik itu dari pemerintah, yayasan atau perusahaan asalkan mereka memiliki prestasi pada bidang yang diminati.

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa?

Tergantung beasiswa apa yang kamu incar, karena setiap jenis beasiswa memiliki syarat berbeda.

Apa saja syarat mendapatkan beasiswa?

Syarat untuk mendapatkan beasiswa diantaranya adalah, kamu memiliki jiwa sosial tinggi dan prestasi pada bidang akademik

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.